Oleh : Siti Jaiyaroh, SDLB Cerme, Gresik
Sumber Jawa Pos Sabtu, 28 Februari 2009
Untuk menhindari kebiasaan menghafal perkalian yang tidak efektif,tidak bermakna, dan tidak relevan dengan tuntutan zaman,penulis menerpakan media pembelajaran inovatif yang dapat mengembangkan curiosity (rasa ingin tahu) siswa. Media itu ialah rolet magnet.
Rolet magnet merupakan alat permainan perkalian yang menggunakan prinsip tebakan . Ia terdiri dari dua lapis mika besar kecil yang diwarnai,berbentuk bulat seperti jam,dan bisa diputar. Setiap lapisan bertuliskan angka 1 hingga 10. Tepat ditengahnya disiapkan tempat yang dilengkapi dengan magnet.
Ada kantong pilihan yang berupa kartu-kartu bilangan yang merupakan kemungkinan jawaban atas perkalian.Bagian belakang kartu dengan jawaban salah ditempeli lempeng aluminium atau logam lain yang tidak menempel pada magnet. Kartu dengan jawaban benar ditempeli lempeng logam yang bisa menempel pada magnet. Dengan demikian,jika siswa mengambil kartu blangan yang salah,kartu tersebut aka jatuh. Sebaliknya, jika siswa mengambil kartu bilangan yang jawabannya benar, kartu itu akan tetap menempel pada rolet magnet.
Blog ini berisi tentang kiat menuju sukses Anda
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar