Blog ini berisi tentang kiat menuju sukses Anda

Selasa, 13 April 2010

Peningkatan Ketrampilan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika dengan Media Kartu Kerja (inovatif SD )

Oleh :Heri Purwanto, Guru Kelas SDN Bareng II,Jombang )
Sumber Jawa Pos Kamis 19 Februari 2009

Matematika salah satu ilmu dasar yang berperan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek).Matematika dan cara berpikir matematika mendasari bangunan pendidikan disiplin ilmu yang lain.

Matematika dapat tumbuh dan berkembang secara “mandiri”.Tetapi,tidak dapat dipungkiri bahwa ia berkembang karena adanya beberapa tuntutan perkembangann ilmu dan pengetahuan lain.

Ada tiga aspek orientasi matematika sekolah,yaitu :1. Orientasi kepada kompetensi yang diharapkan,(2) prientasi tentang bahan ajar/materi, dan (3) orientasi kepada kondisi lingkungan.

Pendekatan pemecahan masalah merupakan focus dalam pembelajaran matematika.Setiap pembelajaran matematika hendaknya dimulai dengan pengenalan masalah yang sesuai situasi (contextual problem ).Konsep matematika akan dibangun dan dikonstruksi dari bahan-bahan yang konkret menjadi abstrak dalam benak sang anak.

Sebab, ketrampilan penyelesaian penyelesaian masalah dalam soal adalah penting.Kesalahan yang umumnya dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita adalah siswa kurang mendapatkan informasi dari soal cerita.

Penulis mencoba mengatasi masalah tersebut dengan media kartu kerja dengan panduan langkah-langkah siswa dalam menyelesaikan soal cerita.

1 komentar:

  1. maaf pak,mau tanya..sumber buku yang menulis tentang indikaor ketrampilan dalam menyelesaikan soal cerita.sy mahasiswa yang lagi ambil skripsi

    BalasHapus