Blog ini berisi tentang kiat menuju sukses Anda

Minggu, 11 April 2010

“Cari dan Jawab”Teknik Pembelajaran Bahasa Inggris Menyenangkan ( Inovasi Pembelajaran )

Oleh :Anis Dian Hartini ( Guru SMAN 2 Bojonegoro )
Sumber Jawa Pos , Minggu 8 Maret 2009

Teknik “ cari dan jawab “ (serch and anwer ) adalah suatu metode pembelajaran bahasa Inggris untuk mengembangkan ketrampilan membaca siswa di tingkat SMA atau sederajat (jika mungkin SMP ). Pada prinsipnya,teknik ini memanfaatkan artikel-artikel dari Koran atau surat kabar berbahasa Inggris.

Dengan teknik ini gurudiharapkan tidak hanya mampu mengubah suasana kelas yang membosankan menjadi menyenangkan.Tetapi,guru juga bisa meningkatkan teknik dan kecepatan membaca siswa.Selain itu,dengan teknik ini,siswa tidak sekadar mencari informasi dari kegiatan membacanya,
.Tetapi juga mendapat kesenangan,karena merasa terlibat dalam permainan kelompok.

Memang bagi sebagian besar guru bahasa Inggris,mengajarkan dan mengembangkan ketrampilan membaca (reading sklill) bisa jadi merupakan pekerjaan yang melelahkan dan membosankan.Demikian juga siswa.Mereka acapkali mengeluh ketika harus berhadapan dengan wacana berbahasa Inggris.Penyebabnya,mereka merasa tidak mampu memahami wacana tersebut. Banyaknya kosakata asing yang mereka temukan di wacana dan ketidaktahuan mereka akan teknik membaca yang tepat adalah dua dari sekian banyak alasan yang sering dikeluhkan.

Kondisi seperti itu mendorong siswa untuk sangat bergantung kepada kamus dan menjadikan mereka pembaca yang pasif, pembaca yang enggan berpikir kritis dan akurat. Ketidak kreatifan guru untuk selalu berusaha mencari teknik pembelajaran yang menarik dan menyenangkan menambah rumit masalah itu.Dengan demikian tidaklah mengherankan apabila kegiatan pembelajaran membaca di kelas sering dipandang siswa sebagai kegiatan yang tidak menarik dan menjemukan.

Melalui artikel ini, saya mencoba berbagi pengalaman terutama dengan sesame guru bahasa Inggris SMA atau yang sederajat di dalam upaya menciptakan teknik pembelajaran yang menarik.Mungkin saja ini, bisa digunakan sebagai teknik alternative untuk kegiatan pembelajaran membaca,yaitu melalui “teknik cari dan jawab “.Pada prinsipnya teknik ini melatih siswa memecahkan masalah dalam kelompok dengan memanfaatkan atau dengan bantuan artikel-artikel dari Koran berbahasa Inggris.

Meski mereka tampaknya diajak bermain dalam kelompok, sejatinya mereka belajar bagimana bekerja sama dengan orang lain.Bagaimana memilih dan menggunakan teknik membaca yang tepat sekaligus ditantang berkompetisi dengan kelompok-kelompok lain dalam hal membaca cepat dan tepat.. Ini sesuai dengan yang ditulis Brown (1994) dalam Teaching by Principles yang menyatakan “ a classroom activity implies some sort of active performance on the part of learnes” (kegiatan di kelas menunjukkan tampilan aktif si pembelajar ).

Bagaimana menerapkan teknik itu di kelas ?.untuk menerapkannya ,kelas harus dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil.Masing-masing terdiri atas empat atau lima orang,kelompok-kelompok tersebut kemudian diberi nomor.Misalnya, kelompok1, kelompok2, dan seterusnya..Setelah itu siswa diminta duduk sesuai kelompok masing-masing,dan setiap kelompok diberi satu set Koran berbahasa Inggris.Kemudian, semua kelompok diminta membuka nomor halaman Koran sesuai dengan nomor kelompoknya.

Contohnya, kelompok 1, membuka halaman satu, kelompok2, halaman 2, kelompok 3 halaman 3,dan seterusnya.Setelah itu semua kelompok diminta memilih satu artikel di halaman tersebut dan membacanya.Kemudian bersama dengan anggota kelompoknya,setiap kelompok harus membuat lima pertanyaan tentang artikel yang baru dibacanya, dan menuliskan kelima pertanyaan tersebut di atas kertas manila.Setiap kelompok diberi kesempatan presentasi di depan kelas dengan menempelkan kertas manila tersebutdi papan tulis.

Ketika kelompok 1, yang melakukan presentasi,kelompok –kelompok lain harus membuka halaman 1.Ketika kelompok 2, yang presentasi, kelompok-kelompok lain harus membuka halaman 2, dan seterusnya.Dengan membaca pertanyaan-pertanyaan di papan tulis,kelompok-kelompok lain diminta mencari artikel mana yang dimaksud oleh kelompok penyaji.Setelah berhasil menemukan artikel yang dimaksud,segera mungkin membacanya untuk menemukan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar