Blog ini berisi tentang kiat menuju sukses Anda

Jumat, 16 April 2010

Model Pembelajaran Smart Smile untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca (inovatif SMA)

Oleh :Nitya J Walita, Guru Bahasa Inggris SMAN 2 Jember
Sumber Jawa Pos, Rabu,25 Februari 2009

Mengajar bahasa Inggris berarti mengajarkan empat ketrampilan yang meliputi ketrampilan mendengarkan (listening), berbicara (speaking),membaca (reading, dan menulis (writing).Namun,ketika mengajar reading,peneliti mendapati banyak siswa IPS yang tidak berkonsentrasi pada ateri pelajaran.Mereka cenderung berbicara dengan rekan mereka sehingga tidak mengetahui topic reading text yang dibahas.

Sebagai solusi,peneliti menerapkan smart smile sebagai model pembelajaran bahasa Inggris.Smart smile memiliki pengertian tersurat dan tersirat.Secara tersurat,smart smile berarti senyum yang cerdas.
Secara tersirat,smart smile merupakan singkatan dari
“Showing Media of Related Topictrough Steps Measured Intentionalty to Link Up Educations”
Model pembelajaran ini berkonsentrasi pada cara mengajar yang menyenangkan.Dengan ekspresi wajah senyum,namun tetap mengandung ketegasan yang sesuai dengan suasana kelas untuk menciptakan suasana yang nyaman pada siswa.
Smart smile dilengkapi dengan media visual yang disusun sedemikian rupa , yang sesuai dengan materi reading yang disajikan, sehingga siswa merasa nyaman dan akhirnya tertarik pada materi reading.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar