Blog ini berisi tentang kiat menuju sukses Anda

Minggu, 11 April 2010

Lebih Paham Negara ASEAN dengan Kartu Kuartet ( Inovasi pembelajaran SD )

Oleh:A.Risqi Basuki SDN Dharma Tanjung 1,Camplong,Sampang
Sumber : Jawa PosJumat,6 Februari 2009

Kemampuan siswa kelasVI dalam menyerap pelajaran karakteristik Negara-negara Asean di SDN Dharma Tanjung 1 Camplong sangat kurang.Diperlukan stimulus yang tepat yang bisa mendorong siswa untuk aktif belajar sekaligus mampu menyerap materi pelajaran. Salah satunya permainan dengan kartu kwartet.

Permainan ini menggunakan dua set kartu,masing-masing 40 kartu.Satu set kartu dibagi sepuluh kelompok sesuai jumlah Negara anggota ASEAN.

Setiap kelompok terdiri atas 4 kartu (kwartet) yang menggambarkan karakteristik salah satu Negara anggota ASEAN.Misalnya,kelompok kartu tentang Indonesia terdiri atas kartu Ibu kota Indonesia, mata uang Indonesia, lagu kebangsaan Indonesia, dan luas wilayah Indonesia. Di bagian bawah kartu ditampilkan peta,bendera,dan lambing Negara Indonesia. Demikian juga dengan Sembilan Negara anggota asean lainnya.

Inti permainan,peserta didik diminta mengelompokkan kartu=kartu tersebut sesuai dengan negaranya.Yang paling banyak mengumpulkan kelompok kartu,dialah pemenangnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar