Blog ini berisi tentang kiat menuju sukses Anda

Senin, 11 Januari 2010

STUDI KASUS ( CASE STUDY

Sumber program bermutu

Oleh :

TIM WIDYAISWARA

LPMP JAWA TIMUR

Rangkuman pengalaman pembelajaran (pengalaman mengajar) yang ditulis oleh seorang guru/dosen dalam praktik pembelajaran mereka di kelas. Pengalaman tersebut memberikan contoh nyata tentang masalah‑masalah yang dihadapi oleh guru pada saat mereka melaksanakan pembelajaran

HAKIKAT CASE STUDY

n Melalui pengkajian Case Study dalam pembelajaran dengan segala komponennya, para guru dapat melakukan evaluasi diri (self evalution), dapat memperbaiki dan sekaligus dapat meningkatkan praktik pembelajaran mereka di kelas.

n Case Study ditulis dalam bentuk narasi dan berisi pengalaman pembelajaran yang paling berkesan yang Anda ingat karena kesuksesannya, kesulitan, atau pengalaman yang penuh problematika

MANFAAT CASE STUDY

n Sebagai evaluasi diri (self evalution) bagi guru untuk dapat memperbaiki dan sekaligus dapat meningkatkan praktik pembelajaran mereka di kelas.

n Sebagai pembuka wawasan mahasiswa calon guru terhadap pembelajaran dan penanaman konsep bagamana seharusnya pembelajaran itu berlangsung.

n Guru dan mahasiswa calon guru dapat belajar dari kegagalan orang lain (guru penulis Case Study).

n Menemukan kekurangan dan kelebihan proses pembelajaran berdasarkan pengalaman penulis Case Study.

CARA MENGEMBANGKAN CASE STUDY

n Seorang guru menceritakan/menulis pengalaman yang sukses atau suatu permasalahan yang menarik yang muncul saat pembelajaran dengan pokok bahasan atau topik tertentu. Pengalaman yang diceritakan/dituliskan itu menggambarkan pemikiran guru tersebut tentang mengapa permasalahan atau pengalaman tersebut menarik.

n Harus ditulis sesegera mungkin supaya tidak mudah terlupakan.

n Sebagai masukan dalam penulisan, penulis narasi dapat mempedomani komentar‑komentar guru lain (guru mitra) yang ikut mengamati proses pembelajaran

PENULISAN Case Study

n Ditulis dalam bentuk naratif yang sangat rinci dan sangat erat kaitannya dengan pengalaman yang Anda alami.

n Ringkas, maksimum dua halaman ketikan. Namun, jika pengalaman yang akan diungkap dalam case study tergolong cukup esensial sebagai pengalaman bagi orang lain, case study dapat juga ditulis melebihi dua halaman ketikan.

n Memuat unsur kemanusiaan: kemauan yang Anda miliki, tindakan dan kesalahan yang mengecewakan Anda, dan rasa senang atau kekecewaan pada saat selesainya pembahasan.

n Memiliki judul yang dapat mewakili keseluruhan isi pengalaman pembelajaran yang dituliskan.

n Pengalaman yang dituangkan dalarn case study adalah ungkapan kejujuran. Artinya, cerita dalarn case study adalah cerita Kejujuran.

PROSES PENULISAN Case Stud

n Ada tim kolaborasi (beberapa orang guru)

n Ada persiapan‑persiapan prapembelajaran

n Praktik pembelajaran di kelas (ada yang berpraktik mengajar dan ada yang mengamati)

n Pengamat menuliskan komentarnya

n Komentar yang ditulis oleh pengamat tidak berupa proses pembelajaran, tetapi mengarah pada proses pembelajaran dengan segala komponennya

n Komentar pengamat ditulis pada saat proses pembelajaran berlangsung

n Pada akhir pembelajaran, komentar pengamat diserahkan kepada guru yang berpraktik mengajar

n Guru yang berpraktik mengajar menuliskan pengalaman pembelajarannya dalarn bentuk narasi pembelajaran

n Narasi yang sudah ditulis, diberi judul yang sesuai

n Setelah menulis narasi, guru juga menulis refleksi dengan cara membaca kembali narasi yang ditulisnya, kemudian baru menuliskan refleksi.

n Narasi yang sudah ditulis dibaca oleh pengamat dan pengamat menuliskan komentarnya berdasarkan'narasi dan hasil pengamatan pembelajaran

n Case study dilengkapi dengan RPP dan hasil kerja siswa

n Narasi mernuat semua hal yang dialami dan dirasakan guru dalam pembelajaran, termasuk di dalamnya perilaku siswa

PENULISAN REFLEKSI

n Penulis disarankan membaca ulang narasi yang sudah ditulisnya itu beberapa kali, kemudian menuliskan refleksi terhadap narasi itu.

n Guru‑guru lainnya diminta memberikan tanggapan/komentar dengan menuliskan ide-ide mereka sehubungan dengan kasus yang mereka baca tersebut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar