Blog ini berisi tentang kiat menuju sukses Anda

Rabu, 06 Januari 2010

Contoh RPP Bahasa Indonesia SMP KELAS VII Terbaru 2010

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN: BAHASA INDONESIA
KELAS/SEMESTER: VII/1
ALOKASI WAKTU : 4 Jam Pelajaran

STANDAR KOMPETENSI:

Memahami isi berbagai teks bacaan sastra dengan membaca.

KOMPETENSI DASAR:
Menceritakan kembali cerita anak yang dibaca.

INDIKATOR:

1. Mengidentifikasi perwatakan tokoh dalam cerita anak.
2. Mengidentifikasi latar dalam cerita anak.
3. Menentukan tema cerita anak.
4. Menentukan amanat dalam cerita anak.
5. Menceritakan kembali secara lisan cerita anak yang dibaca.

TUJUAN PEMBELAJARAN:

1.1 Mengidentifikasi tokoh-tokoh dalam cerita anak.
1.2 Mengidentifikasi perwatakan masing-masing tokoh cerita anak.
1.3 Mengidentifikasi perwatakan masing-masing tokoh dengan mengemukakan data (kalimat/paragraf) yang mendukung.

2.1 Mengidentifikasi latar tempat dalam cerita anak.
2.2 Mengidentifikasi latar waktu dalam cerita anak.

3.1 Menentukan peristiwa-peristiwa penting dalam cerita anak.
3.2 Menentukan tema dalam cerita anak.

4.1 Menentukan amanat dalam cerita anak.

5.1 Menceritakan kembali secara lisan cerita anak yang dibaca.


MATERI PEMBELAJARAN:

Teks Cerita Anak (yang dibaca)
Judul: . . . . (misalnya: judul ”A”)
Sumber: . . . .

1. Perwatakan Tokoh dalam Cerita Anak

No
Tokoh
Perwatakan
Data yang Mendukung



2. Latar dalam Cerita Anak

No.
Latar Tempat
Latar Waktu


3. Tema Cerita Anak
a. Peristiwa penting:
1. . . . .
2. . . . .
b. Tema Cerita
. . . .

4. Amanat dalam Cerita Anak
a. . . . .
b. . . . .

5. Cerita kembali isi cerita anak yang dibaca:
. . . . (contoh minimal satu paragraf)

METODE PEMBELAJARAN:

a. Penugasan
b. Diskusi
c. Tanya Jawab

LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN:

Pertemuan I (2 x 40 menit)

A. Kegiatan Awal (Pendahuluan)
1. Siswa bertanya jawab tentang berbagai cerita anak yang pernah dibaca atau didengarkan. (Maksudnya: menggugah skemata siswa)
2. Salah satu siswa menceritakan kembali secara sekilas cerita anak yang pernah dibaca atau didengarkan tersebut. (Maksudnya: memotivasi siswa)
3. Siswa menulis tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada pertemuan pertama ini.

B. Kegiatan Inti
1. Siswa mendengarkan cuplikan cerita anak.
2. Siswa melanjutkan cerita anak secara tertulis (dalam satu atau dua paragraf).
3. Beberapa siswa membacakan hasil kerjanya.
4. Siswa lain mengomentari.
5. Siswa menukarkan hasil kerjanya.
6. Siswa mengoreksi kebahasaan dalam tulisan siswa lain (misalnya: pemakaian ejaan, tanda baca, dll.)
7. Siswa membaca keseluruhan cerita asli.
8. Siswa mendiskusikan tokoh-tokoh dalam cerita anak.
9. Siswa mendiskusikan perwatakan masing-masing tokoh cerita anak.
10. Siswa mendiskusikan data yang mendukung (kalimat/paragraf) dalam cerita anak (berkaitan dengan perwatakan tokoh tersebut).
11. Siswa mendiskusikan latar (tempat dan waktu) dalam cerita anak.
12. Siswa mendiskusikan peristiwa penting edalam cerita anak.
13. Siswa mendiskusikan tema cerita anak.
14. Siswa mendiskusikan amanat yang terkandung dalam cerita anak.
15. Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya (tentang tokoh, perwatakan, latar, tema, dan amanat).
16. Kelompok lain menanggapi.
17. Setiap kelompok (siswa) membenahi hasil kerjanya.

C. Kegiatan Akhir (Penutup)

1. Siswa mengungkapkan permasalahannya pada saat KBM berlangsung (misalnya pada waktu berdiskusi). (Refleksi)
2. Siswa mengaitkan isi cerita anak dengan kehidupan sehari-harinya. (Simpulan)
3. Siswa menyusun kerangka cerita anak yang telah dibacanya sebagai tugas rumah dan dibahas pada pelajaran yang akan datang. (Pengayaan)

Pertemuan II (2 x 40 menit)

A. Kegiatan Awal

1. Siswa bertanya jawab tentang cerita anak yangtelah dipelajari pada pertemuan yang lalu.
2. Siswa mengungkapkan kembali penokohan, latar, tema, dan amanat dalam cerita anak tersebut.
3. Siswa mengomentari tokoh, latar, tema, dan amanat cerita anak tersebut.
4. Siswa menulis tujuan pembelajaran pada pertemuan kedua ini.

B. Kegiatan Inti
1. Siswa menyempurnakan tugas rumahnya tentang kerangka cerita anak yang telah dibacanya pada pertemuan pertama.
2. Siswa berlatih menceritakan kembali isi cerita secara lisan dalam kelompoknya (boleh berpedoman pada kerangka cerita yang telah dibuatnya).
3. Siswa lain dalam anggota kelompok mengomentari cerita kembali tersebut (dari segi isi, bahasa, dan cara menceritakan).
4. Setiap siswa menceritakan kembali secara lisan ke depan kelas (tanpa membawa kerangka cerita).
5. Siswa lain mengomentari cerita kembali tersebut (dari segi isi, bahasa, dan cara menceritakan) dan berdasarkan rubrik penilaian yang telah disiapkan.
6. Siswa memilih siswa lain yang dalam bercerita tersebut dianggap terbaik sebagai model bercerita.
C. Kegiatan Penutup
1. Siswa mengungkapkan permasalahannya pada saat KBM berlangsung. (Misalnya pada waktu menceritakan kembali, baik dalam kelompok maupun secara klasikal). (Refleksi)
2. Siswa mengaitkan isi cerita anak dengan kehidupan sehari-harinya. (Simpulan)
3. Siswa mencari contoh cerita anak yang lain (sebagai tugas rumah/PR) untuk dianalisis tokoh, perwatakan, latar, tema, dan amanatnya dan dibahas pada pelajaran yang akan datang. (Pengayaan)


ALAT/BAHAN/SUMBER BELAJAR

A. Alat/Bahan:
Teks Cerita anak

B. Sumber Belajar:

Buku Kumpulan Cerita Anak
Majalah Anak (yang di dalamnya ada cerita anak)
Koran
Buku Pelajaran BI SMP Kelas . . . hal. . . .

PENILAIAN

I. Tes Tulis dan lisan
II. Soal (Tes Tulis)
Bacalah cerita anak berikut ini! (Judul: ”B”, berbeda dengan materi)
. . . . .

1. Sebutkan dua tokoh dan perwatakannya serta kalimat/paragraf yang mendukung dalam cerita anak tersebut!
2. Sebutkan latar tempat dan waktu dalam cerita anak tersebut!
3. Tentukan tema cerita anak tersebut!
4. Tentukan sebuah amanat dalam cerita anak tersebut!

Soal (Tes Lisan)
Ceritakan kembali isi cerita anak tersebut secara lisan ke depan kelas!

III. Kunci Jawaban
1. Dua tokoh dan perwatakannya serta kalimat/paragraf yang mendukung:
No. Tokoh Perwatakan Data yang Mendukung
1.
2.



2. Latar dalam cerita anak:
a. Tempat: . . . .
b. Waktu: . . . .

3. Tema cerita anak: . . . .

4. Amanat dalam cerita anak: . . . ..

Cerita kembali secara lisan:
Kriteria: kesesuaian isi cerita dengan cerita asli, bahasa, cara bercerita

IV. Skor dan Rubrik
Untuk nomor 1 (Pedoman penskoran)

No. Kriteria Skor
1. Tokoh benar, perwatakan benar, pernyataan mendukung (benar) 4
2. Tokoh benar, perwatakan benar, pernyataan kurang mendukung (benar) 3
3. Tokoh benar, perwatakan benar, pernyataan tidak mendukung (benar) 2
4. Tokoh benar, perwatakan salah, pernyataan tidak mendukung (benar) 1
5. Tokoh salah, perwatakan salah, pernyataan tidak mendukung (benar) 0


Untuk nomor 2, 3, dan 4
B = 1 S = 0

Rubrik (untuk menceritakan kembali secara lisan):

Nilai Kriteria
(91-100) A
(81-90) B
(71-80) C
(61-70) D
(51-60) E

1. Kesesuaian isi cerita dengan cerita asli
2. Bahasa yang digunakan komunikatif
3. Kelancaran cara bercerita
4. . . .






Pedoman Pengamatan Kelompok (Saat Kegiatan Diskusi)

Nilai.
(91-100) A
(81-90) B
(71-80) C
(61-70) D
(51-60) E

1. Kerja sama
2. Kekompakan
3. Aktivitas
4. Ketepatan Waktu
5. Ketepatan Hasil Kerja


Mengetahui
Kepala SMP . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . ,








. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
NIP.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar