Blog ini berisi tentang kiat menuju sukses Anda

Selasa, 05 Januari 2010

Pembelajaran Matematika SMP dengan Tutor Teman Sebaya

Pembelajaran Matematika dengan Tutor Sebaya,menggunakan metode Jigsaw
Materi Pembelajaran Matematika bab Bentuk Akar KTSP Kelas IX.
Kegiatan yang dilakukan

Alokasi waktu selama 2 jam pelajaran (2 x 40 menit )
1. Proses belajar emngajar dilakukan di dalam kelas
2. Siswa dibagi menjadi 8 tim,setiap tim terdiri atas 5anak,yang dibagikan tugas-tugas yang berbeda (setiap siswa membaca 1 sub bab) dan diberi waktu 10 menit.Saat siswa membaca materi,guru membimbing seperlunya.

3. Setelah waktu yang ditentukan habis,siswa yang membaca sub bab yang sama berkumpul untuk berdiskusi tentang hal-hal yang sudah mereka pelajari atau hal-hal yang belum mereka pahami.Waktu guru membimbing seperlunya,diberikan waktu selama 20 menit.
4. Siswa kembali ke tim masing-masing dan mulai menjelaskan kepada teman satu tim apa yang mereka pelajari dan diskusikan,diawali oleh siswa yang mempelajari sub bab pertama ,dilanjutkan terus sampai sub bab kelima.
5. Sisa waktu yang ada ( 5-10 ) menit diberikan tes untuk melihat daya serap materi yang telah dipelajari
6. Selama pembelajaran berlangsung dilakukan pengamatan dan penilaian tehadap aktivitas siswa
Pada pertemuan berikutnya dilakukan selama 2x 40 menit (pertemuan ke-2)

1. Proses belajar mengajar tetap dilakukan di dalam kelas
2. Diberikan soal-soal yang berkaitan dengan materi sebelumnya (setiap siswa mendapat beberapa soal yang sesuai dengan materi yang mereka pelajari sebelumnya) dan diberikan waktu 10 menit. Saat siswa mengerjakan soal,guru membimbing seperlunya.
3. Setelah waktu nyang ditentukan habis,siswa yang mengerjakan soal yang sama berkumpul untuk berdiskusi tantang jawaban soal-soal yang mereka kerjakan
4. Siswa kembali ke tim masing-masing dan mulai menjelaskan kepada teman-teman satu tim apa yang telah mereka kerjakan
5. Dierikan sebuah tes untuk melihat daya serap materi yang telah dipelajari
6. Selama pembelajaran berlangsung dilakukan pengamatan dan penilaian terhadap aktivitas siswa.

Dalam pembelajaran ini guru dapat mengetahui kemampuan dan sekaligus mendapatkan nilai siswa untuk aspek pemahaman konsep,penalaran dan komunikasi serta pemecahan masalah.

1 komentar: