Blog ini berisi tentang kiat menuju sukses Anda

Minggu, 10 Januari 2010

Pembelajaran Inovasi Biologi SMP dengan Model Pembelajaran Elaborasi Metode PQ4R

Pokok bahasan kelangsungan hidup organism merupakan pokok bahasan yang bersifat pengetahuan deklaratif. Oleh karena itu,perlu adanya inovasi berupapenggunaan model-model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik pokok bahasan tersebut.Salah satu model pembelajaran kontekstual yang cocok, ntuk pokok bahasan yang bersifat deklaratif dan proseduran adalah: Model strategi belajar elaborasi yaitu model PQ4R (Preview,Question,Read,Recite,Reflection,and Review ).
Odel PQ4R,adalah strategi elaborasi yang telah lama dikenal untuk membantu siswa mengingat apa yang mereka baca.

Penerapan PQ4 R,terdiri atas enam, langkah :

1.Preview, (tugas membaca cepat dengan memperhatikan judul-judul dan topic utama,tujuan umum dan rangkuman,serta rumusan isi bacaan.)

2. Question ( mendalami topic dan judul topic utama dengan menagajukan pertanyaan yang jawabannya dapat ditemukan dalam bacaan tersebut,kemudian mencoba menjawabnya sendiri.)

3. Read ( tugas membaca bahan bacaan secara cermat dengan mengecek jawaban yang diajukan dalam langkah kedua.)

4.Reflect ( melakukan refleksi sambil membaca dengan cara menceptakan gambaran visual dari bacaan dan menghubungkan informasi baru dalam bacaan tentang apa yang telah diketahui.)

5.Recite (melakukan resitasi dengan menjawab pertanyaan melalui suara keras yang diajukan tanpa m embuka buku ). Dan

6.Review ( mengulang kembali seluruh bacaan kemudian membaca ulang bila diperlukan dan sekali lagi menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar