Langkah-langkah dalam metode ini meliputi 5 M :
1.Membuat
Sebelum mengajarkan konsep yang akan diberikan kepada siswa,guru membuat karikatur berhubungan dengan konsep tersebut.Ukuran kartun sebaiknya tidak kurang dari 25x 40 cm.
Untuk menjelaskan konsep usaha (W) misalnya,guru membuat contoh gambar seorang anak yang sedang mendorong olaragawan sumo .
2.Menempel
Karikatur yang telah dibuat ditempel di papan tulis,saat mulai menganalkan konsep.Tentang gambar tersebut terlihat bagaimana usaha yang dilakukan seorang anak saat mendorong atlit sumo.Dengan hanya melihat karikatur tersebut siswa akan berpikir tidak mungkin si bacah dapat mendorong atlit sumo tersebut.Sebab massa si atlit lebih besar daripada massa si anak.
3.Menerangkan
Setelah siswa terhanyut pada karikatur,guru mengarahkan ke konsep dengan tanya jawab,misalnya guru mengatakan bahwa usaha si anak bahwa usaha adalah adalah hasil kali antara gaya dan besar perpindahan.
Bila anak melakukan gaya berupa dorongan dan tidak apat menggeser sumo dari tempatnya,si anak tidak melakukan usaha.
Dalam konsep fisika W=fxs,jika s =0,W=0.
4. Mengerjakan
Pemahaman siswa tentang keterangan yang sudah diberikan diuji dengan mengerjakan beberapa soal.
5.Memasang
Setiap hasil karikatur yang telah dibuat siswa di pajang disekeliling ruangan,agar siswa selalu ingat pelajaran yang telah dipeljarinya kemarin.
ass. terima kasih pa sukarto atas rpp dan silabus ktsp yg telah membantu saya utk kenaikan golongan
BalasHapus