I. PICTURE AND PICTURE
Langkah-langkah:
- Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
- Menyajikan materi sebagai pengantar
- Guru menunjukkan gambar-gambar kegiatan berkaitan dengan materi
- Guru menunjuk siswa secara bergantian mengurutkan gambar menjadi urutan logis
- Guru menanyakan dasar pemikiran urutan gambar tersebut
- Dari alasan urutan gambar guru memulai menanamkan konsep sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai
- Kesimpulan/rangkuman
II. MIND MAPPING
Langkah-langkah:
- Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
- Guru mengemukakan konsep/permasalahan yang akan ditanggapi oleh siswa
- Membentuk kelompok
- Setiap kelompok menginventarisasi alternatif jawaban hasil diskusi
- Setiap kelompok membacakan hasil diskusinya dan guru mencatat di papan tulis serta mengelompokkan sesuai kebutuhan guru
- Data data di papan siswa diminta membuat kesimpulan atau guru memberi bandingan sesuai konsep yang disediakan guru
III, MAKE- A MATCH
Langkah-langkah:
- Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topik yang sesuai untuk sesi riviu, sebaliknya satu kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban
- Setiap siswa mendapat satu lembar kartu
- Setiap siswa memikirkan jawaban/soal kartu yang dipegang
- Setiap siswa mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya (soal-jawaban)
- Setiap siswa yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi poin
- Setelah satu babak, kartu dikocok lagi agar setiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya
- Demikian seterusnya
- Kesimpulan/penutup
IV.SNOWBALL THROWING\
Langkah-langkah:
- Guru menyampaikan materi yang akan disajikan
- Guru membentuk kelompok-kelompok dan memanggil wakil kelompok untuk memberikan penjelasan tentang materi
- Wakil kelompok kembali ke kelompoknya, kemudian menjelaskan materi yang disampaikan oleh guru
- Masing-masing siswa diberikan satu le4mbar kertas kerja untuk menuliskan satu pertanyaan apa saja menyangkut materi yang sudah dijelaskan oleh guru
- Kemudian kertas tersebut dibuat seperti bola dan dilempar dari siswa ke siswa yang lain
- Setelah siswa dapat satu bola/satu pertanyaan diberikan kesempatan pada siswa untuk menjawab pertanyaan tertulis dalam bola kertas secara bergantian
- Penutup
V. COURSE REVIEW HORAY
Langkah-langkah:
- Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
- Guru mendemonstrasikan/menyajikan materi
- Memberi kesempatan bertanya kepada siswa
- Siswa menyiapkan sebuah kotak dan beberapa lembar kertas kertas yang sudah diberi nomor-nomor
- Guru membaca soal secara acak dan siswa menuliskan jawaban di kertas-kertas tersebut sesuai nomor yang disebutkan oleh guru dan langsung didiskusikan, jika benar diberi tanda (V) dan jika salah diisi tanda (X)
- Siswa yang sudah mendapat tanda V harus berteriak horay… atau yel-yel lainnya
- Nilai siswa dihitung dari jawaban benar jumlah horay
- Penutup
VI.COOPERATIF INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC)
Langkah-langkah:
- Membentuk kelompok yang anggotanya 4 orang heterogen
- Guru memberikan wacana/kliping sesuai topik pembelajaran
- Siswa bekerjasama saling membacakan dan menemukan ide pokok dan memberi tanggapan terhadap wacana kliping dan ditulis pada selembar kertas
- Mempresentasikan/membacakan hasil kerja kelompok
- Guru membuat kesimpulan bersama
- Penutup
VII.BERPIKIR-BERPASANGAN-BERBAGI (THINK-PHARE-SHARE ) TPS
TPS dirancang untuk mempengaruhi interaksi siswa. Struktur ini menghendaki siswa bekerja saling membantu dalam kelompok-kelompok kecil.
Tahap 1: Thinking, guru memberikan pertanyaan atau isu yang berhubungan dengan pelajaran, siswa diminta memikirkan jawabannya sendiri.
Tahap 2: Pairing, siswa berpasangan untuk mendiskusikan yang dipikirkan pada tahap 1.
Tahap 3: Sharing guru meminta pasangan siswa berbagi dengan seluruh kelas tentang yang mereka diskusikan. Dilakukan bergiliran.
VIII.PENOMORAN-BERPIKIR-BERSAMA ( NUMBERED-HEAD-TOGETHER ) NHT
Struktur empat langkah NHT
Tahap 1: Penomoran, guru membagi siswa menjadi kelompok-kelompok, setiap kelompok diberi nomor.
Tahap 2: Mengajukan pertanyaan, guru memberikan pertanyaan kepada masing-masing siswa.
Tahap 3: Berpikir bersama, siswa berdisksusi tentang jawaban pertanyaan.
Tahap 4: Menjawab, guru memanggil suatu nomor tertentu. Siswa nomornya sesuai dapat menjawab pertanyaan untuk seluruh kelas.
Kelihatannya masih ada model yang lain selain itu dan akan bagus kalau semakin lengkap
BalasHapus