Blog ini berisi tentang kiat menuju sukses Anda

Jumat, 12 Februari 2010

RPP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII SEMESTER GENAP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SMP : SMP Negeri 1 Duduksampeyan

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam

Kelas/Semester : VII / 2

Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1 x pertemuan)

I. Standar Kompetensi :

Al-Qur’an

9. Menerapkan hukum bacaan “Nun mati/Tanwin dan Mim mati”

9.1. Menjelaskan hukum bacaan “Nun mati/Tanwin dan Mim mati”

9.2. Membedakan hukum bacaan “Nun mati/Tanwin dan Mim mati”

9.3. Menerapkan hukum bacaan “Nun mati/Tanwin dan Mim mati” dalam

bacaan surat-surat Al-Qur’an dengan benar

III. Indikator :

9.1.1 Menjelaskan pengertian “Nun mati/Tanwin ”

9.1.2 Menjelaskan pengertian Mim mati

9.2.2 Menyebutkan contoh-contoh “Nun mati/Tanwin dan Mim mati”

9.2.1 Menjelaskan macam-macam “Nun mati/Tanwin ”

9.2.2 Menjelaskan macam-macam hokum bacaan mim mati

9.2.3 Menjelaskan perbedaan antara hokum bacaan nun mati/tanwin dan

mim mati

IV. Tujuan Pembelajaran :

Siswa dapat :

1. menjelaskan pengertian hukum bacaan “Nun mati/Tanwin dan Mim mati”

2. menunjukkan contoh bacaan “Nun mati/Tanwin dan Mim mati”.

3. Menyebutkan ciri-ciri hukum bacaan “Nun mati/Tanwin dan Mim mati” .

4. membedakan ciri-ciri hukum bacaan “Nun mati/Tanwin dan Mim mati”

V. Materi Pembelajaran :

Hukum bacaan “Nun mati/Tanwin dan Mim mati”

  1. Pengertian hukum bacaan “Nun mati/Tanwin dan Mim mati”
  2. Contoh-contoh bacaan “Nun mati/Tanwin dan Mim mati”
  3. Pengertian hukum bacaan “Nun mati/Tanwin dan Mim mati”.
  4. Contoh-contoh bacaan “Nun mati/Tanwin dan Mim mati”:

5. Ciri-ciri hukum bacaan “Nun mati/Tanwin dan Mim mati”

6. Perbedaan antara hukum bacaan “Nun mati/Tanwin dan Mim mati”

VI. Metode Pembelajaran :

1. Tanya jawab :

Siswa mengadakan tanya jawab tentang hukum bacaan “Nun mati/Tanwin dan Mim mati”.

2. Drill (latihan) :

Siswa berlatih untuk membuat contoh-contoh bacaan “Nun mati/Tanwin dan Mim mati” .

3. Praktik :

Siswa mempraktikkan cara membaca contoh-contoh bacaan “Nun mati/Tanwin dan Mim mati” .

4. Resitasi (Penugasan) :

Siswa melakukan diskusi kelompok untuk menemukan perbedaan hukum bacaan “Nun mati/Tanwin dan Mim mati”.

VII. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :

1. Kegiatan Pendahuluan :

a. Memberi salam dan memulai pelajaran dengan membaca basmalah dan membaca doa sebelum belajar.

b. Guru menunjuk siswa yang fasih membaca al-Qur’an surat Al-Qodar dan Al-Fil untuk memimpin teman-temannya untuk bersama-sama membaca .

b. Menjelaskan materi yang akan diajarkan beserta kompetensi yang akan dicapai secara singkat.

c. Meminta siswa untuk menyiapkan al-Qur’an dan buku-buku tajwid.

2. Kegiatan Inti :

a. Siswa membaca buku-buku tajwid untuk menelaah pengertian hukum bacaan “Nun mati/Tanwin dan Mim mati” dan ciri-cirinya.

b. Siswa mencari contoh-contoh bacaan bacaan “Nun mati/Tanwin dan Mim mati” dari surat-surat pendek dalam al Qur’an.

c. Siswa menunjukkan contoh bacaan “Nun mati/Tanwin dan Mim mati” dari potongan ayat al Qur’an surat Al-Qodar dan Al-Fil.

d. Siswa mengadakan diskusi kelompok mencari perbedaan antara “Nun mati/Tanwin dan Mim mati”dan mempresentasikannya dalam diskusi kelas.

3. Kegiatan Penutup :

a. Guru memberi tugas siswa untuk mencari contoh-contoh bacaan “Nun mati/Tanwin dan Mim mati”dari surat Al-Qodar dan Al-Filserta menuliskannya dalam buku tugas.

b. Mengadakan tanya jawab tentang hukum bacaan “Nun mati/Tanwin dan Mim mati” dan cirri-cirinya.

c. Siswa bersama-sama membaca surat Al-Qodar dan Al-Fil sebagai penutup kegiatan pembelajaran.

VIII. Alat/Sumber Belajar :

1. Departemen Agama, 1995, Al Qur’an dan Terjemahnya, Semarang, PT.

Tanjung Mas Inti.

2. Achmad Sunarto, l987, Ilmu Tajwid Lengkap, Surabaya, CV. Bina Ilmu.

3. Tim MGMP PAI, 2005, Pendidikan Agama Islam kelas VII, Sidoarjo, CV. Duta

Aksara Mulia.

4. Kartu ayat dan CD/VCD.

IX. Penilaian :

  1. Teknik Penilaian : Tes Tulis.

2. Bentuk Instrumen : Tes Uraian.

3. Soal/Instrumen : Aspek Penguasaan Konsep (Kognitif) :

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar !

a. Jelaskan pengertian hukum bacaan “Nun mati/Tanwin dan Mim mati” !

b. Sebutkan ciri-ciri bacaan “Nun mati/Tanwin dan Mim mati” !

c. Jelaskan perbedaan hukum bacaan “Nun mati/Tanwin dan Mim mati” !

d. Tulislah tiga contoh bacaan “Nun mati/Tanwin dan Mim mati” !

Duduksampeyan, 16 Juli 2007

Mengetahui Guru Mata Pelajaran

Kepala SMP Negeri 1 Pend. Agama Islam

Duduksampeyan

Drs. H. IMRON, M.Pd. M. SUBCHI, BA

Nip. 131847230 Nip. -

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SMP : SMP Negeri 1 Duduksampeyan

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam

Kelas/Semester : VII / 2

Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1 x pertemuan)

I. Standar Kompetensi :

Al-Qur’an

9. Menerapkan hukum bacaan “Nun mati/Tanwin dan Mim mati”

9.3. Menerapkan hukum bacaan “Nun mati/Tanwin dan Mim mati” dalam

bacaan surat-surat Al-Qur’an dengan benar

III. Indikator :

9.1.1 Mencari hokum bacaan “Nun mati/Tanwin ” dalam QS Al-Qodar

9.1.2 Membaca ayat-ayat dalam QS. Al-Qodar yang mengandung bacaan Nun mati / Tanwin dengan benar

9.2.3 Mencari hokum bacaan “Mim mati dalam QS. Al-Fil .

9.2.4 Membaca ayat-ayat dalam QS. Al-Fil yang mengandung bacaan

Mim mati dengan benar

IV. Tujuan Pembelajaran :

Siswa dapat :

1. menjelaskan pengertian hukum bacaan “Nun mati/Tanwin dan Mim mati”

2. menunjukkan contoh bacaan “Nun mati/Tanwin dan Mim mati”.

3. Menyebutkan ciri-ciri hukum bacaan “Nun mati/Tanwin dan Mim mati” .

4. membedakan ciri-ciri hukum bacaan “Nun mati/Tanwin dan Mim mati”

V. Materi Pembelajaran :

Hukum bacaan “Nun mati/Tanwin dan Mim mati”

  1. Pengertian hukum bacaan “Nun mati/Tanwin dan Mim mati”
  2. Contoh-contoh bacaan “Nun mati/Tanwin dan Mim mati”
  3. Pengertian hukum bacaan “Nun mati/Tanwin dan Mim mati”.
  4. Contoh-contoh bacaan “Nun mati/Tanwin dan Mim mati”:

5. Ciri-ciri hukum bacaan “Nun mati/Tanwin dan Mim mati”

6. Perbedaan antara hukum bacaan “Nun mati/Tanwin dan Mim mati”

VI. Metode Pembelajaran :

  1. Tanya jawab :

Siswa mengadakan tanya jawab tentang hukum bacaan “Nun mati/Tanwin dan Mim mati”.

  1. Drill (latihan) :

Siswa berlatih untuk membuat contoh-contoh bacaan “Nun mati/Tanwin dan Mim mati” .

  1. Praktik :

Siswa mempraktikkan cara membaca contoh-contoh bacaan “Nun mati/Tanwin dan Mim mati” .

  1. Resitasi (Penugasan) :

Siswa melakukan diskusi kelompok untuk menemukan perbedaan hukum bacaan “Nun mati/Tanwin dan Mim mati”

VII. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :

1. Kegiatan Pendahuluan :

a. Memberi salam dan memulai pelajaran dengan membaca basmalah dan membaca doa sebelum belajar.

b. Guru menunjuk siswa yang fasih membaca al-Qur’an surat Al-Qodar dan Al-Fil untuk memimpin teman-temannya untuk bersama-sama membaca .

b. Menjelaskan materi yang akan diajarkan beserta kompetensi yang akan dicapai secara singkat.

c. Meminta siswa untuk menyiapkan al-Qur’an dan buku-buku tajwid.

2. Kegiatan Inti :

a. Siswa membaca buku-buku tajwid untuk menelaah pengertian hukum bacaan “Nun mati/Tanwin dan Mim mati” dan ciri-cirinya.

b. Siswa mencari contoh-contoh bacaan bacaan “Nun mati/Tanwin dan Mim mati” dari surat-surat pendek dalam al Qur’an.

c. Siswa menunjukkan contoh bacaan “Nun mati/Tanwin dan Mim mati” dari potongan ayat al Qur’an surat Al-Qodar dan Al-Fil.

d. Siswa mengadakan diskusi kelompok mencari perbedaan antara “Nun mati/Tanwin dan Mim mati”dan mempresentasikannya dalam diskusi kelas.

3. Kegiatan Penutup :

a. Guru memberi tugas siswa untuk mencari contoh-contoh bacaan “Nun mati/Tanwin dan Mim mati”dari surat Al-Qodar dan Al-Filserta menuliskannya dalam buku tugas.

b. Mengadakan tanya jawab tentang hukum bacaan “Nun mati/Tanwin dan Mim mati” dan cirri-cirinya.

c. Siswa bersama-sama membaca surat Al-Qodar dan Al-Fil sebagai penutup kegiatan pembelajaran.

VIII. Alat/Sumber Belajar :

1. Departemen Agama, 1995, Al Qur’an dan Terjemahnya, Semarang, PT. Tanjung Mas Inti.

2. Achmad Sunarto, l987, Ilmu Tajwid Lengkap, Surabaya, CV. Bina Ilmu.

3. Tim MGMP PAI, 2005, Pendidikan Agama Islam kelas VII, Sidoarjo, CV. Duta Aksara Mulia.

4. Kartu ayat dan CD/VCD.

IX. Penilaian :

  1. Teknik Penilaian : Tes Tulis.
  2. Bentuk Instrumen : Tes Uraian.

3. Soal/Instrumen : Aspek Penguasaan Konsep (Kognitif) :

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar !

a. Jelaskan pengertian hukum bacaan “Nun mati/Tanwin dan Mim mati” !

b. Sebutkan ciri-ciri bacaan “Nun mati/Tanwin dan Mim mati” !

c. Jelaskan perbedaan hukum bacaan “Nun mati/Tanwin dan Mim mati” !

d. Tulislah tiga contoh bacaan “Nun mati/Tanwin dan Mim mati” !

Duduksampeyan, 16 Juli 2007

Mengetahui Guru Mata Pelajaran

Kepala SMP Negeri 1 Pend. Agama Islam

Duduksampeyan

Drs. H. IMRON, M.Pd. M. SUBCHI, BA

Nip. 131847230 Nip. -

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SMP : SMP Negeri 1 Duduksampeyan Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam

Kelas/Semester : VII / 2

Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1 x pertemuan)

I. Standar Kompetensi :

Aqidah

2. Meningkatkan keimanan kepada Malaikat Alllah Swt.

II. Kompetensi Dasar :

2.1 .Menjelaskan arti beriman kepada Malaikat Allah.

2.2 .Menjelaskan tugas-tuygas Malaikat

2.3 .Menyebutkan ayat-ayat al Qur’an dan artinya yang berkaitan dengan

Iman Malaikat Allah.

III. Indikator :

2.1.1 Menjelaskan pengertian Iman kepada Malaikat Alllah Swt

2.1.2 Menjelaskan tugas-tugas Malaikat

2.1.3 Menjelaskan perbedaan Malaikat dengan mahluk lain .

2.1.4 Membaca ayat-ayat al Qur’an yang berkaitan dengan Malaikat Alllah Swt

IV. Tujuan Pembelajaran :

Siswa dapat :

1. Menjelaskan pengertian Iman kepada Malaikat Alllah Swt

2. Menjelaskan Tugas - tugas Malaikat Allah .

3. Membedakan antara Malaikat Allah dengan Mahluq lain .

4. Membaca dan menyebutkan arti ayat-ayat al Qur’an yang berkaitan

dengan Malaikat Alllah Swt

V. Materi Pembelajaran :

Iman kepada Malaikat Allah SWT .

  1. Pengertian Malaikat Allah SWT
  2. Tugas – tugas Malaikat
  3. Perbedaan Malaikat dengan Manusia JIN Syetan
  4. Ayat – ayat Al-Qur’an yang ada hubungannya dengan Iman kepada Malaikat .

VI. Metode Pembelajaran :

1. Tanya jawab

Siswa mengadakan tanya jawab tentang pengertian,tugas-tugas, dan perbedaan Malaikat dengan Mahluk lain

2. Resitasi (Penugasan)

Siswa mencari ayat-ayat al Qur’an yang berkaitan dengan Iman kepada Malaikat beserta terjemahannya dan menuliskannya dalam buku tugas.

3. Drill (latihan)

Siswa berlatih membaca ayat-ayat al Qur’an yang berkaitan dengan Iman kepada Malaikat beserta terjemahannya.

VII. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :

1. Kegiatan Pendahuluan

a. Memberi salam dan memulai pelajaran dengan membaca basmalah dan doa sebelum belajar.

b. Guru menunjuk seseorang siswa yang fasih membaca al-Qur’an untuk memimpin teman-temannya membaca salah satu surat pilihan dari al-Qur’an secara bersama-sama.

c. Menjelaskan materi yang akan diajarkan beserta kompetensi yang akan dicapai secara singkat.

d. Meminta siswa untuk menyiapkan al-Qur’an dan terjemahannya.

2. Kegiatan Inti

a. Siswa mengadakan tanya jawab tentang pengertian dan tugas-tugas,Malaikat

b. Siswa mencari perbedaan tentang Malaikat Allah SWTdengan mahluk yang lain

c. Siswa berlatih membaca ayat-ayat al Qur’an yang berkaitan dengan Iman kepa

da Malaikat Allah SWT beserta terjemahannya.

3. Kegiatan Penutup

a. Guru memberikan kesimpulan tentang ayat-ayat al Qur’an yang berkaitan dengan Iman kepada Malaikat Allah SWT .

b. Siswa bersama-sama membaca satu ayat al-Qur’an sebagai penutup kegiatan

pembelajaran.

VIII. Alat/Sumber Belajar :

1. Departemen Agama, 1995, Al Qur’an dan Terjemahnya, Semarang, PT. Tanjung

Mas Inti.

2.Tim MGMP PAI, 2005, Pendidikan Agama Islam kelas VII, Sidoarjo, CV. Duta

Aksara Mulia.

3. Kartu ayat dan CD/VCD.

IX. Penilaian :

1. Teknik Penilaian : Tes Tulis.

2. Bentuk Instrumen : Uraian.

3. Soal/Instrumen :

a. Jelaskan pengertian Malaikat Allah menurut istilah !

b. Sebutkan Tugas – tugas Malaikat Allah !

c. Jelaskan perbedaan Malaikat Allah dengan Mahluk lain ( Jin, Syetan, Manusia ).

d. Tulislah dalil Naqli tentang Malaikat Allah .

Duduksampeyan, 16 Juli 2007

Mengetahui Guru Mata Pelajaran

Kepala SMP Negeri 1 Pend. Agama Islam

Duduksampeyan

Drs. H. IMRON, M.Pd. M. SUBCHI, BA

Nip. 131847230 Nip. -

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SMP : SMP Negeri 1 Duduksampeyan

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam

Kelas/Semester : VII / 2

Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1 x pertemuan)

I. Standar Kompetensi :

Akhlak

3. Membiasakan prilaku terpuji .

II. Kompetensi Dasar:

3.1. Menjelaskan arti kerja keras, tekun , ulet, dan teliti.

III. Indikator:

3.1.1 Menjelaskan arti kerja keras dan menunjukkan dalilnya

3.1.2 Menjelaskan arti tekun dan menunjukkan dalilnya

3.1.3 Menjelaskan arti Ulet dan menunjukkan dalilnya.

3.1.4 Menjelaskan arti teliti dan menunjukkan dalilnya.

IV. Tujuan Pembelajaran :

Siswa dapat :

1 Menjelaskan arti kerja keras dan menunjukkan dalilnya

2 Menjelaskan arti tekun dan menunjukkan dalilnya

3 Menjelaskan arti Ulet dan menunjukkan dalilnya.

4 Menjelaskan arti teliti dan menunjukkan dalilnya.

V. Materi Pembelajaran :

Prilaku terpuji kerja keras, tekun , ulet, dan teliti.

1 arti kerja keras dan menunjukkan dalilnya

2 arti tekun dan menunjukkan dalilnya

3 arti Ulet dan menunjukkan dalilnya.

4 arti teliti dan menunjukkan dalilnya.

VI. Metode Pembelajaran :

1. Tanya jawab

Siswa mengadakan tanya jawab tentang Pengertian dan arti kerja keras, tekun , ulet, dan teliti.

2. Resitasi (Penugasan)

Siswa menunjuk teman lain untuk mengartikan kerja keras, tekun , ulet, dan teliti

VII. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :

1. Kegiatan Pendahuluan

a. Memberi salam dan memulai pelajaran dengan membaca basmalah dan doa sebelum belajar.

b. Guru menunjuk seseorang siswa yang fasih membaca al-Qur’an untuk memimpin teman-temannya membaca salah satu surat pilihan dari al-Qur’an secara bersama-sama.

  1. Menjelaskan materi yang akan diajarkan beserta kompetensi yang akan dicapai secara singkat.
  2. Meminta siswa untuk menyiapkan al-Qur’an dan terjemahannya.

2. Kegiatan Inti

a. Siswa mengadakan tanya jawab tentang Pengertian dan arti kerja keras, tekun ,

ulet, dan teliti

b. Siswa mencari Arti kerja keras, tekun , ulet, dan teliti dengan dalilnya sekali .

ulet, dan teliti

3. Kegiatan Penutup

a. Guru memberikan kesimpulan tentang prilaku kerja keras, tekun , ulet, dan teliti

b. Siswa bersama-sama membaca satu ayat al-Qur’an sebagai penutup kegiatan

pembelajaran yang ada hubungannya dengan prilaku kerja keras, tekun , ulet,

dan teliti.

VIII. Alat/Sumber Belajar :

1. Departemen Agama, 1995, Al Qur’an dan Terjemahnya, Semarang, PT. Tanjung

Mas Inti.

2.Tim MGMP PAI, 2005, Pendidikan Agama Islam kelas VII, Sidoarjo, CV. Duta

Aksara Mulia.

3. Kartu ayat dan CD/VCD.

IX. Penilaian :

1. Teknik Penilaian : Tes Tulis.

2. Bentuk Instrumen : Uraian.

3. Soal/Instrumen :

a. Jelaskan pengertian dan Arti prilaku kerja keras dengan dalilnya sekali !

b. Jelaskan pengertian dan Arti prilaku tekun dengan dalilnya sekali !

c. Jelaskan pengertian dan Arti prilaku ulet dengan dalilnya sekali !

d. Jelaskan pengertian dan Arti prilaku teliti dengan dalilnya sekali!

Duduksampeyan, 16 Juli 2007

Mengetahui Guru Mata Pelajaran

Kepala SMP Negeri 1 Pend. Agama Islam

Duduksampeyan

Drs. H. IMRON, M.Pd. M. SUBCHI, BA

Nip. 131847230 Nip. -

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SMP : SMP Negeri 1 Duduksampeyan Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam

Kelas/Semester : VII / 2

Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1 x pertemuan)

I. Standar Kompetensi :

Akhlak

11. Membiasakan prilaku terpuji .

II. Kompetensi Dasar:

11.1. Menjelaskan arti kerja keras, tekun , ulet, dan teliti.

III. Indikator:

3.1.1 Menjelaskan arti kerja keras dan menunjukkan dalilnya

3.1.2 Menjelaskan arti tekun dan menunjukkan dalilnya .

3.1.3 Menjelaskan arti Ulet dan menunjukkan dalilnya

3.1.4 Menjelaskan arti teliti dan menunjukkan dalilnya

IV. Tujuan Pembelajaran :

Siswa dapat :

1 Menjelaskan arti kerja keras dan menunjukkan dalilnya

2 Menjelaskan arti tekun dan menunjukkan dalilnya

3 Menjelaskan arti Ulet dan menunjukkan dalilnya.

4 Menjelaskan arti teliti dan menunjukkan dalilnya.

V. Materi Pembelajaran :

Prilaku terpuji kerja keras, tekun , ulet, dan teliti.

1 arti kerja keras dan menunjukkan dalilnya

2 arti tekun dan menunjukkan dalilnya

3 arti Ulet dan menunjukkan dalilnya.

4 arti teliti dan menunjukkan dalilnya.

VI. Metode Pembelajaran :

1. Tanya jawab

Siswa mengadakan tanya jawab tentang Pengertian dan arti kerja keras, tekun , ulet, dan teliti.

2. Resitasi (Penugasan)

Siswa menunjuk teman lain untuk menampilkan contoh prilaku kerja keras, tekun , ulet, dan teliti

3. Drill (latihan)

Siswa berlatih prilaku kerja keras, tekun , ulet, dan teliti

VII. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :

1. Kegiatan Pendahuluan

b. Memberi salam dan memulai pelajaran dengan membaca basmalah dan doa sebelum belajar.

b. Guru menunjuk seseorang siswa yang fasih membaca al-Qur’an untuk memimpin teman-temannya membaca salah satu surat pilihan dari al-Qur’an secara bersama-sama.

  1. Menjelaskan materi yang akan diajarkan beserta kompetensi yang akan dicapai secara singkat.
  2. Meminta siswa untuk menyiapkan al-Qur’an dan terjemahannya.

2. Kegiatan Inti

a. Siswa mengadakan tanya jawab tentang Pengertian kerja keras, tekun , ulet,

dan teliti

b. Siswa mencari Arti kerja keras, tekun , ulet, dan teliti dengan dalilnya sekali .

c. Siswa berlatih menampilkan contoh prilaku kerja keras, tekun , ulet, dan teliti

d. Siswa mencari cara yang mudah untuk membiasakan prilaku kerja keras, tekun, ulet, dan teliti

3. Kegiatan Penutup

a. Guru memberikan kesimpulan tentang prilaku kerja keras, tekun , ulet, dan teliti

b. Siswa bersama-sama membaca satu ayat al-Qur’an sebagai penutup kegiatan

pembelajaran yang ada hubungannya dengan prilaku kerja keras, tekun , ulet,

dan teliti.

VIII. Alat/Sumber Belajar :

1. Departemen Agama, 1995, Al Qur’an dan Terjemahnya, Semarang, PT. Tanjung

Mas Inti.

2.Tim MGMP PAI, 2005, Pendidikan Agama Islam kelas VII, Sidoarjo, CV. Duta

Aksara Mulia.

3. Kartu ayat dan CD/VCD.

IX. Penilaian :

1. Teknik Penilaian : Tes Tulis.

2. Bentuk Instrumen : Uraian.

3. Soal/Instrumen :

a. Artikan prilaku kerja keras, !

b. Artikan Prilaku tekun dengan dalilnya sekali !

c. Artikan Prilaku ulet, dan teliti dengan dalilnya sekali !.

d. Artikan Prilaku teliti, dan teliti dengan dalilnya sekali !.

Duduksampeyan, 16 Juli 2007

Mengetahui Guru Mata Pelajaran

Kepala SMP Negeri 1 Pend. Agama Islam

Duduksampeyan

Drs. H. IMRON, M.Pd. M. SUBCHI, BA

Nip. 131847230 Nip. -

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SMP : SMP Negeri 1 Duduksampeyan Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam

Kelas/Semester : VII / 2

Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1 x pertemuan)

I. Standar Kompetensi :

Akhlak

11. Membiasakan prilaku terpuji .

II. Kompetensi Dasar:

11.2. Menampilkan contoh prilaku kerja keras, tekun , ulet, dan teliti.

III. Indikator:

11.1.1 Menjebutkan contoh-contoh prilaku kerja keras

11.1.2 Menjebutkan contoh-contoh prilaku tekun

11.1.3 Menjebutkan contoh-contoh prilaku ulet

11.1.4 Menjebutkan contoh-contoh prilaku teliti

IV. Tujuan Pembelajaran :

Siswa dapat :

1 Menjebutkan contoh-contoh prilaku kerja keras

2 Menjebutkan contoh-contoh prilaku tekun

3 Menjebutkan contoh-contoh prilaku ulet

4 Menjebutkan contoh-contoh prilaku teliti

V. Materi Pembelajaran :

Prilaku terpuji kerja keras, tekun , ulet, dan teliti.

1 contoh-contoh prilaku kerja keras

2 contoh-contoh prilaku tekun

3 contoh-contoh prilaku ulet

4 contoh-contoh prilaku teliti

VI. Metode Pembelajaran :

1. Tanya jawab

Siswa mengadakan tanya jawab tentang Pengertian dan arti kerja keras, tekun , ulet, dan teliti.

2. Resitasi (Penugasan)

Siswa menunjuk teman lain untuk menampilkan contoh prilaku kerja keras, tekun , ulet, dan teliti

3. Drill (latihan)

Siswa berlatih prilaku kerja keras, tekun , ulet, dan teliti

VII. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :

1. Kegiatan Pendahuluan

c. Memberi salam dan memulai pelajaran dengan membaca basmalah dan doa sebelum belajar.

b. Guru menunjuk seseorang siswa yang fasih membaca al-Qur’an untuk memimpin teman-temannya membaca salah satu surat pilihan dari al-Qur’an secara bersama-sama.

  1. Menjelaskan materi yang akan diajarkan beserta kompetensi yang akan dicapai secara singkat.
  2. Meminta siswa untuk menyiapkan al-Qur’an dan terjemahannya.

2. Kegiatan Inti

a. Siswa mengadakan tanya jawab tentang contoh-contoh prilaku kerja keras

b. Siswa mencari contoh-contoh prilaku tekun

c. Siswa berlatih contoh-contoh prilaku ulet

d. Siswa mencari contoh-contoh prilaku teliti

3. Kegiatan Penutup

a. Guru memberikan kesimpulan tentang prilaku kerja keras, tekun , ulet, dan teliti

b. Siswa bersama-sama membaca satu ayat al-Qur’an sebagai penutup kegiatan

pembelajaran yang ada hubungannya dengan prilaku kerja keras, tekun , ulet,

dan teliti.

VIII. Alat/Sumber Belajar :

1. Departemen Agama, 1995, Al Qur’an dan Terjemahnya, Semarang, PT. Tanjung

Mas Inti.

2.Tim MGMP PAI, 2005, Pendidikan Agama Islam kelas VII, Sidoarjo, CV. Duta

Aksara Mulia.

3. Kartu ayat dan CD/VCD.

IX. Penilaian :

1. Teknik Penilaian : Tes Tulis.

2. Bentuk Instrumen : Uraian.

3. Soal/Instrumen :

a. Berilah contoh –contoh prilaku kerja keras, dengan dalinya sekali !

b. Berilah contoh –contoh prilaku tekun dengan dalinya sekali !

c. Berilah contoh –contoh prilaku ulet dengan dalinya sekali!

d. Berilah contoh –contoh prilaku teliti dengan dalinya sekali!

Duduksampeyan, 16 Juli 2007

Mengetahui Guru Mata Pelajaran

Kepala SMP Negeri 1 Pend. Agama Islam

Duduksampeyan

Drs. H. IMRON, M.Pd. M. SUBCHI, BA

Nip. 131847230 Nip. -

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SMP : SMP Negeri 1 Duduksampeyan Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam

Kelas/Semester : VII / 2

Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1 x pertemuan)

I. Standar Kompetensi :

Akhlak

11. Membiasakan prilaku terpuji .

II. Kompetensi Dasar:

11.3. Membiasakan prilaku kerja keras, tekun , ulet, dan teliti.

III. Indikator:

11.1.1 Membiasakan prilaku kerja keras, tekun , ulet, dan teliti dlm

lingkungan keluarga

11.1.2 Membiasakan prilaku kerja keras, tekun , ulet, dan teliti dalam

lingkungan sekolah

11.1.3 Membiasakan prilaku kerja keras, tekun , ulet, dan teliti dalam

lingkungan masyarakat

IV. Tujuan Pembelajaran :

Siswa dapat :

1 Membiasakan prilaku kerja keras, tekun , ulet, dan teliti dlm

lingkungan keluarga

2 Membiasakan prilaku kerja keras, tekun , ulet, dan teliti dalam

lingkungan sekolah

3 Membiasakan prilaku kerja keras, tekun , ulet, dan teliti dalam

lingkungan masyarakat

V. Materi Pembelajaran :

Prilaku terpuji kerja keras, tekun , ulet, dan teliti.

1 Membiasakan prilaku kerja keras, tekun , ulet, dan teliti dlm

lingkungan keluarga dengan dalil naqlinya

2 Membiasakan prilaku kerja keras, tekun , ulet, dan teliti dalam

lingkungan sekolah dengan dalil naqlinya

3 Membiasakan prilaku kerja keras, tekun , ulet, dan teliti dalam

lingkungan masyarakat dengan dalil naqlinya

VI. Metode Pembelajaran :

1. Tanya jawab

Siswa mengadakan tanya jawab tentang pembiasaan kerja keras, tekun , ulet, dan teliti.

VII. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :

1. Kegiatan Pendahuluan

  1. Memberi salam dan memulai pelajaran dengan membaca basmalah dan doa sebelum belajar.

b. Guru menunjuk seseorang siswa yang fasih membaca al-Qur’an untuk memimpin teman-temannya membaca salah satu surat pilihan dari al-Qur’an secara bersama-sama.

  1. Menjelaskan materi yang akan diajarkan beserta kompetensi yang akan dicapai secara singkat.
  2. Meminta siswa untuk menyiapkan al-Qur’an dan terjemahannya.

2. Kegiatan Inti

* Siswa mengadakan tanya jawab tentang Membiasakan prilaku kerja keras,

tekun , ulet, dan teliti dlm lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat

dengan dalil naqlinya

3. Kegiatan Penutup

a. Guru memberikan kesimpulan tentang prilaku kerja keras, tekun , ulet, dan teliti

b. Siswa bersama-sama membaca satu ayat al-Qur’an sebagai penutup kegiatan

pembelajaran yang ada hubungannya dengan prilaku kerja keras, tekun , ulet,

dan teliti.

VIII. Alat/Sumber Belajar :

1. Departemen Agama, 1995, Al Qur’an dan Terjemahnya, Semarang, PT. Tanjung

Mas Inti.

2.Tim MGMP PAI, 2005, Pendidikan Agama Islam kelas VII, Sidoarjo, CV. Duta

Aksara Mulia.

3. Kartu ayat dan CD/VCD.

IX. Penilaian :

1. Teknik Penilaian : Tes Tulis.

2. Bentuk Instrumen : Uraian.

3. Soal/Instrumen :

a. Bagaimanakah cara membiasakan perilaku kerja keras, dengan dalil naqlinya !

b. Sebutkan contoh –contoh pembiasaan prilaku tekun dengan dalil naqlinya !

c. Sebutkan contoh –contoh pembiasaan prilaku ulet dengan dalil Naqlinya !

d. Sebutkan contoh –contoh pembiasaan prilaku teliti dengan dalil naqlinya !

Duduksampeyan, 16 Juli 2007

Mengetahui Guru Mata Pelajaran

Kepala SMP Negeri 1 Pend. Agama Islam

Duduksampeyan

Drs. H. IMRON, M.Pd. M. SUBCHI, BA

Nip. 131847230 Nip. -

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SMP : SMP Negeri 1 Duduksampeyan

Kelas/Semester : VII/2

Standart Kompetensi : 12. Memahami tatacara shalat Jum’at.

Kompetensi Dasar : 12.1 Menjelaskan ketentuan-ketentuan shalat Jum’at,

Indikator :

12.1.1.Menjelaskan pengertian shalat Jum’at dan dasar

hukumnya.

Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1 x pertemuan)

Tujuan Pembelajaran :

1. Siswa dapat menjelaskan pengertian shalat jum’at dan dasar hukumnya.

2. Siswa dapat menjelaskan syarat mendirikan shalat Jum’at.

3. Siswa dapat menjelaskan perbuatan sunnah yang terkait dengan solat jum’at.

4. Siswa dapat menjebutkan beberapa halangan melaksanakan solat jum’at.

Materi Pembelajaran :

Shalat Wajib

  1. Menjelaskan pengertian shalat jum’at dan dasar hukumnya.
  2. Menjelaskan syarat mendirikan shalat Jum’at.
  3. Menjelaskan perbuatan sunnah yang terkait dengan solat jum’at.
  4. Menjebutkan beberapa halangan melaksanakan solat jum’at.

Metode Pembelajaran : 1. Diskusi

Siswa berdiskusi tentang ketentuan-ketentuan shalat Jum’at dan dasar hukum yang terkandung dalam al-Quran dan al-Hadits.

2. Praktik

Siswa memperagakan gerakan-gerakan shalat Jum’at secara berjama’ah.

3. Drill

Siswa diberikan latihan-latihan agar dapat memahami dan memantapkan materi yang diajarkan tentang solat jum’at.

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :

1. Kegiatan Pendahuluan

§ Memberi salam dan memulai pelajaran dengan membaca basmalah dan berdoa

§ Membaca ayat-ayat al-Quran selama 5 sampai 10 menit.

§ Menjelaskan materi yang akan diajarkan beserta kompetensi dasar yang akan dicapai.

2. Kegiatan Inti

§ Siswa membaca atau menelaah literatur tentang ketentuan-ketentuan shalat Jum’at.

§ Siswa mendiskusikan berbagai ketentuan tentang shalat Jum’at bersama teman-temannya.

§ Siswa merumuskan beberapa poin penting terkait dengan shalat Jum’at.

3. Kegiatan Penutup

§ Menyimpulkan beberapa ketentuan tentang shalat jum’at.

§ Memberi tugas siswa untuk menuliskan beberapa dalil naqli ketentuan tentang shalat jum’at.

Alat/Sumber Belajar :

1. Pedoman Shalat, oleh Hasbi Ash Shiddieqy, Jakarta : Bulan Bintang, Cet. XV, 1986.

2. Fiqh Islam (Hukum fiqh lengkap), oleh Sulaiman Rasjid, Jakarta : Penerbit At-Tahiriyah. Cet.XVII, 1976.

3. Ilmu Fiqh Jilid 1, oleh Zakiah Daradjat, Yogyakarta : Dana Bhakti Wakaf, Cet, I, 1995.

4. Buku Paket Pendidikan Agama Islam untuk SMP Kelas VII.

Penilaian :

1. Jelaskan pengertian shalat Jum’at dan dasar hukumnya !

2. Sebutkan syarat wajib solat Jum’at dan dalil naqlinya!

3. Sebutkan syarat Syahnya solat Jum’at !

4. Sebutkan Rukun dua hutbah solat Jum’at !

5. Sebutkan hal-hal sunnah solat Jum’at !

Duduksampeyan, 16 Juli 2007

Mengetahui Guru Mata Pelajaran

Kepala SMP Negeri 1 Pend. Agama Islam

Duduksampeyan

Drs. H. IMRON, M.Pd. M. SUBCHI, BA

Nip. 131847230 Nip. -

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SMP : SMP Negeri 1 Duduksampeyan

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam

Kelas/Semester : VII/2

Standart Kompetensi : 12. Memahami tatacara shalat Jum’at.

Kompetensi Dasar : 12.2. Mempraktikkan shalat Jum’at,

Indikator :

12.2.1.Menyebutkan beberapa persiapan untuk melak

sanakan shalat Jum’at

12.2.2.Menjelaskan tatacara shalat Jum’at.

12.2.3.Mempraktikkan shalat Jum’at disekolah dan

di Masjid.

Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1 x pertemuan)

Tujuan Pembelajaran :

1. Siswa dapat menyebutkan beberapa persiapan

untuk melak

sanakan shalat Jum’at

2. Siswa dapat menjelaskan tatacara shalat Jum’at.

3. Siswa dapat mempraktikkan shalat Jum’at disekolah dan

di Masjid.

Materi Pembelajaran :

Shalat Jum’at

1. Menyebutkan beberapa persiapan untuk melak

sanakan shalat Jum’at

2. Menjelaskan tatacara shalat Jum’at.

3. Mempraktikkan shalat Jum’at disekolah dan

di Masjid.

Metode Pembelajaran :

1. Diskusi

a. Siswa mendiskusikan tentang tatacara mempra

gakan shalat Jum’at dengan benar.

b. Siswa mendiskusikan tentang tatacara mempragakan

Khutbah Jum’at .

2. Praktik

a. Siswa memperagakan Khutbah jum’at.

b. Siswa mempragakan gerakan-gerakan sholat

jum’at secara benar .

3. Drill

Siswa diberikan latihan-latihan Pragaan Sholat jum’at agar lebih dapat memahami dan mempraktekkan tatacara melaksanakan Khutbah dan sholat jum’at dengan benar.

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :

1.Kegiatan Pendahuluan

§ Memberi salam dan memulai pelajaran dengan membaca basmalah dan berdoa

§ Membaca ayat-ayat al-Quran selama 5 sampai 10 menit.

§ Menjelaskan materi yang akan diajarkan beserta kompetensi dasar yang akan dicapai.

2.Kegiatan Inti

§ Siswa membaca atau menelaah literatur tentang ketentuan-ketentuan mempragakan Khutbah dan shalat Jum’at.

§ Siswa mendiskusikan berbagai ketentuan tentang cara memperagakan Khutbah dan shalat Jum’at bersama teman-temannya.

§ Siswa merumuskan beberapa poin penting dalam mempragakan Khutbah dan shalat Jum’at.

3.Kegiatan Penutup

§ Menyimpulkan beberapa ketentuan dalam mempragakan Khutbah dan sholat jum’at.

§ Memberi tugas siswa untuk menuliskan beberapa dalil naqli tentang kuwajiban shalat jum’at.

Alat/Sumber Belajar :

5. Pedoman Shalat, oleh Hasbi Ash Shiddieqy, Jakarta : Bulan Bintang, Cet. XV, 1986.

6. Fiqh Islam (Hukum fiqh lengkap), oleh Sulaiman Rasjid, Jakarta : Penerbit At-Tahiriyah. Cet.XVII, 1976.

7. Ilmu Fiqh Jilid 1, oleh Zakiah Daradjat, Yogyakarta : Dana Bhakti Wakaf, Cet, I, 1995.

8. Buku Paket Pendidikan Agama Islam untuk SMP Kelas VII.

Penilaian :

A. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat dengan memberi tanda silang ( X ) pada huruf a,b,c,atau d,

1. Salah satu syarat dua Khutbah Jum’at adalah …!

a. Mengucapkan puji-pujian kepada Allah SWT

b. Khotib harus suci dari hadats dan najis

c. Mengucapkan solawat atas Rasulullah SAW

d. Medo’akan Mu’minin dan Mu’minat pada khutbah kedua

  1. Salah satu rukun khutbah jum’at adalah …
    1. Ketika khutbah khotib hendaklah berdiri
    2. Khotib membaca ayat Al-Qur’an pada kedua khutbah
    3. Mengucapkan syahadat
    4. Khutbah dengan suara yang terdengar oleh para jama’ah
  2. Orang yang mendapat salah satu halangan ini tidak wajib sholat

jum’at yaitu … !

a. Sakit b. Memenuhi undangan c, Lapar d. Malas

B. Jawablah pertanyaan dibawah ini :

1. Sebutkan Sunnah-sunnah solat Jum’at !

2.Tulislah dalil naqli serta artinya tentang kuwajiban solat Jum’at !

Duduksampeyan, 16 Juli 2007

Mengetahui Guru Mata Pelajaran

Kepala SMP Negeri 1 Pend. Agama Islam

Duduksampeyan

Drs. H. IMRON, M.Pd. M. SUBCHI, BA

Nip. 131847230 Nip. -

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SMP : SMP Negeri 1 Duduksampeyan

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam

Kelas/Semester : VII/2

Standart Kompetensi : 13. Memahami tatacara shalat Jama’ dan Qosor .

Kompetensi Dasar : 13.1. Menjelaskan Solat Jama’ dan Qosor

Indikator :

13.1.1.Menjelaskan pengertian Solat Jama’ dan dasar

hukumnya

13.1.2.Menjelaskan pengertian Solat Qosor dan dasar

hukumnya .

13.1.3.Menjelaskan syarat-syarat melaksanakan Solat

Jama’ dan Qosor.

13.1.4.Menyebutkan macam-macam solat yang bisa -

dijama’ dan di Qosor .

Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (2 x pertemuan)

Tujuan Pembelajaran :

1. Siswa dapat menjelaskan pengertian Solat Jama’ dan

dasar hukumnya

2. Siswa dapat menjelaskan pengertian Solat Qosor dan

dasar hukumnya .

3. Siswa dapat menjelaskan syarat-syarat melaksanakan

solat Jama’ dan Qosor.

4. Siswa dapat menyebutkan macam-macam solat yang bisa

dijama’ dan di Qosor .

Materi Pembelajaran :

Shalat Jama’ dan Qosor

    1. Menjelaskan pengertian Solat Jama’ dan dasar

hukumnya

    1. Menjelaskan pengertian Solat Qosor dan dasar

hukumnya .

    1. Menjelaskan syarat-syarat melaksanakan Solat

Jama’ dan Qosor.

    1. Menyebutkan macam-macam solat yang bisa dijama’ dan di qosor .

Metode Pembelajaran :

1. Diskusi

* Siswa mendiskusikan tentang ketentuan ketentuan

solat jama’ dan qosor serta dasar hukumnya

yang terkandung dalam Al-Qur’an dan Al-Hadis.

2. Praktik

* Siswa memperktekkan solat jama’ dan Qosor.

3. Drill

Siswa diberikan latihan-latihan Pragaan Sholat jama’ dan Sholat Qosor agar lebih dapat memahami dan mengamalkannya dengan benar.

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :

1.Kegiatan Pendahuluan

* Memberi salam dan memulai pelajaran dengan membaca basmalah

dan berdoa

* Membaca ayat-ayat al-Quran selama 5 sampai 10 menit.

* Menjelaskan materi yang akan diajarkan beserta kompetensi dasar yang akan dicapai.

2.Kegiatan Inti

* Siswa membaca atau menelaah literatur tentang ketentuan-keten

tuan Solat jama’ dan Qosor.

* Siswa mendiskusikan berbagai ketentuan tentang Soalat Jma’ dan

Qosor bersama teman-temannya.

* Siswa merumuskan beberapa poin penting terkait dengan Solat jama’

dan Qosor.

3.Kegiatan Penutup

* Menyimpulkan beberapa ketentuan tentang solat jama’ dan Qosor.

* Memberi tugas siswa untuk menuliskan beberapa dalil naqli tentang

Solat jama’ dan Qosor.

Alat/Sumber Belajar :

    1. Pedoman Shalat, oleh Hasbi Ash Shiddieqy, Jakarta : Bulan Bintang, Cet. XV, 1986.
    2. Fiqh Islam (Hukum fiqh lengkap), oleh Sulaiman Rasjid, Jakarta : Penerbit At-Tahiriyah. Cet.XVII, 1976.
    3. Ilmu Fiqh Jilid 1, oleh Zakiah Daradjat, Yogyakarta : Dana Bhakti Wakaf, Cet, I, 1995.
    4. Buku Paket Pendidikan Agama Islam untuk SMP Kelas VII.

Penilaian :

A. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat dengan memberi tanda silang ( X ) pada huruf a,b,c,atau d,

1. Solat fardu yang boleh di jama’ dan di Qosor, adalah …!

a. Solat Asyar dengan Magrib

b. Solat Duhur dengan Asyar .

c. Solat Subuh dengan Duhur

d. Solat Isya’ dengan Subuh

2. Solat fardu yang tidak boleh di Qosor adalah solat

    1. Magrib
    2. Duhur
    3. Ashar
    4. Isya’

3. Salah satu syarat Syahnya solat jama’, yaitu …

a. karena dalam perjalanan

b. karena ketiduran

c, karena tidak ada air untuk wudu’

    1. dikerjakan secara sendiri

B. Jawablah pertanyaan dibawah ini :

1. Jelaskan perbedaan antara jama’ Ta’dim dan jama’ ta’hir

  1. Apakah yang dimaksud dengan solat jama’

Duduksampeyan, 16 Juli 2007

Mengetahui Guru Mata Pelajaran

Kepala SMP Negeri 1 Pend. Agama Islam

Duduksampeyan

Drs. H. IMRON, M.Pd. M. SUBCHI, BA

Nip. 131847230 Nip. -

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SMP : SMP Negeri 1 Duduksampeyan

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam

Kelas/Semester : VII/2

Standart Kompetensi : 13. Memahami tatacara shalat Jama’ dan Qosor .

Kompetensi Dasar : 13.2. Mempraktekkan solat jama’ dan Qosor .

Indikator :

13.2.1.Menjelaskan bentuk bentuk Solat Jama’dan Qosor

13.2.2.Menjelaskan tatacara Solat jama’dan Qosor .

13.2.3.Mempraktekkan Solat Jama’ dan Qosor disekolah.

Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (2 x pertemuan)

Tujuan Pembelajaran :

1. Siswa dapat Menjelaskan bentuk bentuk Shalat

Jama’dan Qosor .

2. Siswa dapat menjelaskan tatacara Shalat jama’dan Qosor .

3. Siswa dapat Mempraktekkan Shalat Jama’ dan Qosor disekolah atau di Masjid ..

Materi Pembelajaran :

Shalat Jama’ dan Qosor

* Menjelaskan bentuk bentuk Shalat Jama’dan Qosor

* Menjelaskan tatacara Shalat jama’dan Qosor .

* Mempraktekkan Shalat Jama’ dan Qosor disekolah.

Metode Pembelajaran :

1. Praktik

* Siswa memperktekkan shalat jama’ dan Qosor.

2. Drill

Siswa diberikan latihan-latihan Pragaan Shalat jama’ dan Shalat Qosor agar lebih dapat memahami dan mengamalkannya dengan benar.dalam kehidupan sehari-hari.

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran :

1.Kegiatan Pendahuluan

* Memberi salam dan memulai pelajaran dengan membaca basmalah

dan berdoa

* Membaca ayat-ayat al-Quran selama 5 sampai 10 menit.

* Menjelaskan materi yang akan diajarkan beserta kompetensi dasar

yang akan dicapai.

2.Kegiatan Inti

* Siswa menjelaskan bentuk bentuk Shalat Jama’dan Qosor

* Siswa Menjelaskan tatacara Shalat jama’dan Qosor . bersama teman-

temannya.

* Siswa Mempraktekkan Shalat Jama’ dan Qosor disekolah .

3.Kegiatan Penutup

* Menyimpulkan beberapa ketentuan tentang shalat jama’ dan Qosor.

* Memberi tugas siswa untuk menuliskan beberapa dalil naqli tentang

Shalat jama’ dan Qosor.

Alat/Sumber Belajar :

1. Pedoman Shalat, oleh Hasbi Ash Shiddieqy, Jakarta Bulan

Bintang, Cet. XV, 1986.

2. Fiqh Islam (Hukum fiqh lengkap), oleh Sulaiman Rasjid,

Jakarta : Penerbit At-Tahiriyah. Cet.XVII, 1976.

3. Ilmu Fiqh Jilid 1, oleh Zakiah Daradjat, Yogyakarta : Dana

Bhakti Wakaf, Cet, I, 1995.

4. Buku Paket Pendidikan Agama Islam untuk SMP Kelas VII.

Penilaian :

a. Coba jelaskan tentang shalat Jama’ ?

b. Coba jelaskan tentang shalat Qosor’ ?

c. Praktekkan Shalat Jama’ yang benar !

d. Praktekkan Shalat Jama’ dan Qosor yang benar !

    1. Tulislah dalil Naqli tentang shalat jama’ dan Qosor !

Duduksampeyan, 16 Juli 2007

Mengetahui Guru Mata Pelajaran

Kepala SMP Negeri 1 Pend. Agama Islam

Duduksampeyan

Drs. H. IMRON, M.Pd. M. SUBCHI, BA

Nip. 131847230 Nip. -

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SMP : SMP Negeri 1 Duduksampeyan

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam

Kelas/Semester : VII/2

Standart Kompetensi : 14. Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW

Kompetensi Dasar : 14.1 Menjelaskan misi nabi Nabi Muhammad SAW untuk menyempurnakan Akhlaq, membangun manusia mulya dan bermanfa’at.

Indikator :

14.1.1.Menjelaskan misi kerasulan Nabi Muhammad SAW

Untuk menyempurnakan Akhlaq mulia

14.1.2.Menjelaskan misi kerasulan Muhammad SAW

untuk membangun manusia yang mulia dan

bermanfa’at.

Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1 x pertemuan)

Tujuan Pembelajaran :

1. Siswa dapat Menjelaskan misi kerasulan Nabi Muhammad SAW Untuk menyempurnakan Akhlaq mulia

2. Siswa dapat Menjelaskan misi kerasulan Nabi Muhammad SAW Untuk membangun manusia yang mulia dan bermanfa’at

Materi Pembelajaran :

Memahami sejarah Nabi Muhammad Saw.

* Menjelaskan misi kerasulan Nabi Muhammad SAW

Untuk menyempurnakan Akhlaq mulia

* Menjelaskan misi kerasulan Muhammad SAW untuk

membangun manusia yang mulia dan bermanfa’at.

Metode Pembelajaran : 1. Tanya jawab

Siswa melakukan tanya jawab bersama teman-temannya tentang peristiwa yang melatarbelakangi kelahiran Nabi Muhammad SAW, dan sejarah kelahirannya.

2. Diskusi

Siswa berdiskusi tentang sejarah Nabi Muhammad SAW, dalam mendakwahkan Islam di Mekkah.

3. Simulasi

Siswa melakukan simulasi tentang cara-cara Nabi Muhammad SAW, dalam berdakwah

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

1. Kegiatan Pendahuluan

§ Memberi salam dan memulai pelajaran dengan membaca basmalahdan berdoa.

§ Membaca ayat-ayat al-Quran selama 5 sampai10 menit.

§ Menjelaskan materi yang akan diajarkan beserta kompetensi dasar yang akan dicapai.

2. Kegiatan Inti

* Siswa menjelaskan misi kerasulan Nabi Muhammad SAW untuk

menyempurnakan Akhlaq mulia

* Siswa Menjelaskan misi kerasulan Muhammad SAW untuk membang

un manusia yang mulia dan bermanfa’at.

3. Kegiatan Penutup

* Menyimpulkan sejarah misi kerasulan Nabi Muhammad SAW untuk

menyempurnakan Akhlaq mulia

* Membuat rangkuman tentang misi kerasulan Muhammad SAW untuk

membangun manusia yang mulia dan bermanfa’at.

Alat/Sumber Belajar :

1. Sejarah Peradaban Islam oleh Badri Yatim, Jakarta : Rajawali Pers, Cet. XII, 2001.

2. Sejarah Kebudayaan Islam, oleh A. Hasjmy, Jakarta : Bulan Bintang, Cet. V. 1995.

3. Muhammad SAW Rasul Terakhir, oleh Masjid “Ali Khan. Terjemah oleh Fathul Uman, Bandung : Pustaka, Cet, I, 1985

4. Sejarah Hidup Muhammad, oleh Muhammad Husain Haekal, Jakarta : Litera Antar Nusa, Cet, XII, 1990.

5. Buku Paket Pendidikan Agama Islam untuk SMP Kelas VII.

Penilaian :

  1. Jelaskan misi kerasulan Nabi Muhammad SAW dalam menyempurna

kan Akhlaq mulia !

  1. Jelaskan misi kerasulan Nabi Muhammad SAW dalam membangun

manusia yang mulia dan bermanfa’at.!

Duduksampeyan, 16 Juli 2007

Mengetahui Guru Mata Pelajaran

Kepala SMP Negeri 1 Pend. Agama Islam

Duduksampeyan

Drs. H. IMRON, M.Pd. M. SUBCHI, BA

Nip. 131847230 Nip. -

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SMP : SMP Negeri 1 Duduksampeyan

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam

Kelas/Semester : VII/2

Standart Kompetensi : 14. Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW

Kompetensi Dasar : 14.2. Menjelaskan misi nabi Nabi Muhammad SAW seba

gai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamai

an, kesejahtraan , dan kemajuan masyarakat.

Indikator :

14.2.1.Menjelaskan misi kerasulan Nabi Muhammad SAW

Sebagai rahmat bagi alam semesta .

14.2.2.Menjelaskan misi kerasulan Muhammad SAW

Sebagai pembawa perdamaian, kesejahtraan, dan

kemajuan masyarakat .

Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1 x pertemuan)

Tujuan Pembelajaran :

1. Siswa dapat Menjelaskan misi kerasulan Nabi Muham

mad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta .

2. Siswa dapat Menjelaskan misi kerasulan Muhammad

SAW sebagai pembawa perdamaian, kesejahtraan,

dan kemajuan masyarakat .

Materi Pembelajaran :

Memahami sejarah Nabi Muhammad Saw.

* Menjelaskan misi kerasulan Nabi Muhammad SAW

Sebagai rahmat bagi alam semesta .

* Menjelaskan misi kerasulan Muhammad SAW Sebagai

pembawa perdamaian, kesejahtraan, dan kemajuan

masyarakat .

Metode Pembelajaran : 1. Tanya jawab

Siswa melakukan tanya jawab bersama teman-teman

nya tentang peristiwa misi kerasulan Nabi Muhammad

SAW sebagai rahmat bagi alam semesta .

2. Simulasi

Siswa melakukan simulasi tentang misi kerasulan

Muhammad SAW Sebagai pembawa perdamaian,

kesejahtraan, dan kemajuan masyarakat .

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

  1. Kegiatan Pendahuluan

§ Memberi salam dan memulai pelajaran dengan membaca basmalahdan berdoa.

§ Membaca ayat-ayat al-Quran selama 5 sampai10 menit.

§ Menjelaskan materi yang akan diajarkan beserta kompetensi dasar yang akan dicapai.

  1. Kegiatan Inti

* Siswa menjelaskan peristiwa misi kerasulan Nabi Muhammad SAW

sebagai rahmat bagi alam semesta .

* Siswa Menjelaskan misi kerasulan Muhammad SAW Sebagai pem

bawa perdamaian, kesejahtraan, dan kemajuan masyarakat .

3. Kegiatan Penutup

* Menyimpulkan sejarah misi kerasulan Nabi Muhammad SAW seba

gai rahmat bagi alam semesta .

* Membuat rangkuman tentang misi kerasulan Muhammad SAW Seba

gai pembawa perdamaian, kesejahtraan, dan kemajuan masyarakat .

Alat/Sumber Belajar :

1. Sejarah Peradaban Islam oleh Badri Yatim, Jakarta : Rajawali Pers, Cet. XII, 2001.

2. Sejarah Kebudayaan Islam, oleh A. Hasjmy, Jakarta : Bulan Bintang, Cet. V. 1995.

3. Muhammad SAW Rasul Terakhir, oleh Masjid “Ali Khan.

Terjemah oleh Fathul Uman, Bandung : Pustaka,

Cet, I, 1985

4. Sejarah Hidup Muhammad, oleh Muhammad Husain

Haekal, Jakarta : Litera Antar Nusa, Cet, XII, 1990.

5. Buku Paket Pendidikan Agama Islam untuk SMP

Kelas VII.

Penilaian :

  1. Jelaskan misi kerasulan Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat

bagi alam semesta !.

  1. Jelaskan misi kerasulan Muhammad SAW Sebagai pembawa

perdamaian, kesejahtraan, dan kemajuan masyarakat .

Duduksampeyan, 16 Juli 2007

Mengetahui Guru Mata Pelajaran

Kepala SMP Negeri 1 Pend. Agama Islam

Duduksampeyan

Drs. H. IMRON, M.Pd. M. SUBCHI, BA

Nip. 131847230 Nip. -

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SMP : SMP Negeri 1 Duduksampeyan

Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam

Kelas/Semester : VII/2

Standart Kompetensi : 14. Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW

Kompetensi Dasar : 14.3. Meneladani perjuangan nabi Muhammad SAW dan para sahabat dalam menghadapi masyarakat Makkah.

Indikator :

14.3.1. Menjeritakan perjuangan nabi Muhammad SAW

dalam menghadapi masyarakat Makkah

14.3.2. Menjeritakan perjuangan para sahabat nabi Muham

mad SAW dalam menghadapi masyarakat Makkah

14.3.3. Meneladani prilaku nabi Muhammad SAW dan para

sahabat untuk di terapkan dalam kehidupan sehari-

hari .

Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1 x pertemuan)

Tujuan Pembelajaran :

1. Siswa dapat menjeritakan perjuangan nabi Muham

mad SAW dalam menghadapi masyarakat Makkah

2. Menjeritakan perjuangan para sahabat nabi Muham

mad SAW dalam menghadapi masyarakat Makkah

3. Meneladani prilaku nabi Muhammad SAW dan para

sahabat untuk di terapkan dalam kehidupan sehari-hari .

Materi Pembelajaran :

Memahami sejarah Nabi Muhammad Saw.

* Perjuangan nabi Muhammad SAW dalam menghadapi

masyarakat Makkah

* Perjuangan para sahabat nabi Muhammad SAW dalam

menghadapi masyarakat Makkah

* Contoh prilaku nabi Muhammad SAW dan para sahabat

untuk di terapkan dalam kehidupan sehari-hari

Metode Pembelajaran : 1. Tanya jawab

Siswa melakukan tanya jawab bersama teman-teman

nya tentang Perjuangan nabi Muhammad SAW dan

perjuangan para sahabat dalam menghadapi masyara

kat Makkah

2. Simulasi

Siswa melakukan simulasi tentang prilaku nabi Muham

mad SAW dan para sahaba untuk di terapkan dalam

kehidupan sehari-hari

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Pendahuluan

§ Memberi salam dan memulai pelajaran dengan membaca basmalah

dan berdoa.

§ Membaca ayat-ayat al-Quran selama 5 sampai10 menit.

§ Menjelaskan materi yang akan diajarkan beserta kompetensi dasar yang akan dicapai.

Kegiatan Inti

* Siswa menjelaskan Perjuangan nabi Muhammad SAW dan

perjuangan para sahabat dalam menghadapi masyarakat Makkah

* Siswa menjelaskan prilaku nabi Muhammad SAW dan para sa ha

bat untuk di terapkan dalam kehidupan sehari-hari

Kegiatan Penutup

* Menyimpulkan Perjuangan nabi Muhammad SAW dan perjuangan para

sahabat dalam menghadapi masyarakat Makkah .

* Membuat rangkuman tentang prilaku nabi Muhammad SAW dan para

sahabat.

Alat/Sumber Belajar :

1. Sejarah Peradaban Islam oleh Badri Yatim, Jakarta : Rajawali Pers, Cet. XII, 2001.

2. Sejarah Kebudayaan Islam, oleh A. Hasjmy, Jakarta : Bulan Bintang, Cet. V. 1995.

3. Muhammad SAW Rasul Terakhir, oleh Masjid “Ali Khan.

Terjemah oleh Fathul Uman, Bandung : Pustaka,

Cet, I, 1985

4. Sejarah Hidup Muhammad, oleh Muhammad Husain

Haekal, Jakarta : Litera Antar Nusa, Cet, XII, 1990.

5. Buku Paket Pendidikan Agama Islam untuk SMP

Kelas VII.

Penilaian :

  1. Jelaskan Perjuangan nabi Muhammad SAW dan perjuangan para sahabat

dalam menghadapi masyarakat Makkah !.

2. Buatlah rangkuman tentang prilaku nabi Muhammad SAW dan para

sahabat !

3. Buatlah contoh-contoh tentang prilaku nabi Muhammad SAW dan

para sahabat !

Duduksampeyan, 16 Juli 2007

Mengetahui Guru Mata Pelajaran

Kepala SMP Negeri 1 Pend. Agama Islam

Duduksampeyan

Drs. H. IMRON, M.Pd. M. SUBCHI, BA

Nip. 131847230 Nip. -

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar