Blog ini berisi tentang kiat menuju sukses Anda

Jumat, 12 Februari 2010

RPP MATEMATIKA KELAS VII SEMESTER GENAP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KD 3.3

Sekolah : SMP Negeri

Mata Pelajaran : Matematika

Kelas/ Semester : VII (tujuh) / 2 ( Dua )

I. Standar Kompetensi : 3. Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel dan perbandingan dalam pemecahan masalah.

II. Kompetensi Dasar : 3.3 Menggunakan bentuk aljabar dalam pemecahan masalah aritmatika sosial yang sederhana.

III. Indikator : 1. Menghitng Rugi, laba, harga jual, harga beli dalam bentuk aljabar.

2. Menghitung nilai keseluruhan, nilai per unit dan nilai sebagian.

3. Menentukan kesan prosentase laba, rugi, harga jual, harga beli, rabat, nilai pajak, bunga tunggal dalam kegiatan ekonomi.

Alokasi Waktu : 4 jam pelajran ( 2 pertemuan )

VI. Tujuan Pembelajaran :

1. Siswa dapat menuliskan bentuk aljabar pada kegiatan jual beli dalam keadaan untuk atau rugi.

2. Siswa dapat menentukan harga jual per unit sebagian atau keseluruhan.

3. Siswa dapat menentukan harga beli per unit, sebagian atau keseluruhan.

4. Siswa dapat menentukan rugi – laba per unit, sebagian atau keseluruhan.

5. Siswa dapat menentukan besar prosentase laba – rugi, harga jual, harga beli, rabat, netto, pajak, buga tunggal, dalam kegiatan ekonomi.

V. Materi Pembelajaran

a. Menuliskan formula aljabar yang bakal atau pada jual beli dalam keseluruhan laba atau rugi.

b. Menghitung harga jual, harga beli, laba dan rugi.

c. Prosentase untung atau rugi terhadap pembelian.

d. Menghitung salah satu harga pembelian / penjualan jika prosentase untung / rugi di ketahui.

e. Melakukan perhitungan perdagangan yang melibatkan rabat, diskon, pajak, brutto, tarra, dan bonus.

f. Melakukan perhitungan yang menggunakan prosentase dalam soal-soal tabungan dan koperasi.

VI. Model dan Metode Pembelajaran

a. Model : Kooperatif

b. Metode : Tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas

VII. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama :

Waktu : 2 x 40’

Pendahuluan (10’)

Apersepsi : Menunjukkan kepada siswa tentang bentuk aljabar dan aritmatika sosial.

Tujuan : Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan pertama.

1. Siswa dapat menuliskan bentuk aljabar pada jual beli ( aritmatika sosial ).

2. Siswa dapat menghitung rugi – laba pada jual beli.

3. Siswa dapat menghitung harga jual, harga beli dari rugi – laba yang diketahui.

4. Siswa dapat menghitung prosentase rugi – laba, harga jual, harga beli pada perdangan.

Materi : Jika materi ini dikuasai dengan baik maka siswa akan dapat menghitung rugi – laba sehingga dapat mengalami kerugian dalam perdagangan.

Kegiatan Inti ( 60’ )

Apek : Pemahaman Konsep

a. Untuk memahami konsep aritmatika sosial dalam perdagangan tentang rugi – laba, jual beli dikerjakan tugas rencana kelompok LKS 3.3.1 nomor 1 (presentasi).

Aspek : Pemahaman dan berkomunikasi

b. Dengan berkelompok melanjutkan LKS 3.3.1 nomor 2 serta presentasi.

Aspek : Pemecahan masalah

c. Dengan pemahaman konsep bilangan pecahan prosen serta bentuk aljabar aritmatika sosial dilanjutkan LKS 3.3.1 Nomor 3 secara kelompok dan presentasi.

Penutup ( 10’ )

Dengan rasa waktu yang ada guru menyuruh mengulang lagi konsep aritmatika sosial (perdagangan) serta penguatan konsep dengan memberi latihan halaman 71 (buku paket Matematika MGMP Gresik Kelas VII Unit I).

Pertemuan Kedua :

Waktu : 2 x 40’

Pendahuluan (10’)

Apersepsi : a. Dengan tanya jawab siswa ditanya pengertian rabat / diskon, Brutto, Tarra dan Bunga Tunggal.

b. Menambahkan PR yang sakit/

Tujuan : Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan kedua yaitu :

1. Siswa dapat menghitung dengan satuan, harga sebagian dan keseluruhan.

2. Siswa dapat menghitung rabat, Brutto, Netto, Tarra dan bunga tunggal.

Kegiatan Inti ( 65’ )

a. Dengan menggunakan LKS 3.3.2 siswa yang berkelompok membahas diskusi nomor 1 s.d nomor 4.

b. Sambil menguasai jalannya diskusi berkelompok dan presentasi siswa guru mengadakan penilaian unjuk kerja.

Penutup ( 10’ )

a. Siswa diarahkan untuk merangkum dan memahami materi pembelajaran tersebut.

b. Guru dan siswa merefleksi tentang pelaksanaan pembelajaran.

VIII. Alat dan Sumber Belajar

- Buku matematika kelas VII Dirjen dikdasmen

- Buku matematika kelas VII MGMP Matematika gresik

- Buku LKS Matematika kelas VII MGMP Matematika Gresik

- Mata uang, bank koperasi, pasar.

XI. Penilaian

Pertemuan pertama :

Waktu : 15’

Teknik : Tes

Bentuk Istrumen : Tertulis (uraian)

A. Aspek Pemahaman Konsep

1. Bila dalam suatu perdagangan seorang pedagang menjalani laba, bila harga jual = j , harga beli = b , laba = ℓ

Tentukan j dalam b dan ℓ

2. Bila dalam suatu perdagangan seorang pedang mengalami kerugian, bila harga jual = j harga beli = b , rugi = r

Tuliskan j dalam b dan r

B. Aspek Penalaran dan Komunikasi

3. Ali membeli televisi dengan harga beli Rp. 900.000,00 tentukan harga jual bila Ali

a. Laba Rp. 125.000,00 b. Rugi Rp. 75.000,00

C. Aspek Pemecahan Masalah

4. Ali seorang pedagang beras berhasil menjual 200 kg beras dengan harga Rp. 560.000,00. Dalam penjualan itu Ali mendapat untung sebesar 12 %.

Berapa rupiah Ali membeli beras per kg.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KD 3.4

Sekolah : SMP Negeri

Mata Pelajaran : Matematika

Kelas/ Semester : VII (tujuh) / 2 ( Dua )

I. Standar Kompetensi : 3. Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel dan perbandingan dalam pemecahan masalah.

II. Kompetensi Dasar : 3.4 Menggunakan perbandingan untuk pemecahan masalah.

III. Indikator : * Membandingkan dua kesamaan yang sejenis.

* Arti skala

* Perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai.

* Menyelesaikan soal yang melibatkan perbandingan seharga / senilai dan berbalik harga.

* Memecahkan masalah yang melibatkan perbandingan.

Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran ( 1 pertemuan )

VI. Tujuan Pembelajaran :

1. Siswa dapat mendefinisikan skala.

2. Siswa dapat menentukan jenis hubungan dan perbandingan.

3. Siswa dapat menyelesaikan soal yang melibatkan perbandingan senilai atau berbalik nilai.

4. Siswa dapat menyelesaikan masalah yang melibatkan perbandingan.

V. Materi Pembelajaran

a. Arti skala.

b. Perbesaran dan pengecilan pada gambar bersakala.

c. Arti perbandingan.

d. Perbandingan senilai (seharga) dan perbandingan berbalik nilai.

e. Penyelesaian soal perbandingan senilai dan berbalik nilai.

VI. Model dan Metode Pembelajaran

a. Model : Kooperatif

b. Metode : Tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas

VII. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama :

Waktu : 2 x 40’

Pendahuluan (10’)

Apersepsi : Menunjukkan kepada siswa arti perbandingan arti skala seperti pada foto, peta, gambar sehingga ada perbesaran dan pengecilan.

Tujuan : Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yaitu :

1. Siswa dapat mendefinisikan skala.

2. Siswa dapat menentukan jenis hubungan dua perbandingan.

3. Siswa dapat menyelesaikan soal yang melibatkan perbandingan senilai atau berbalik nilai.

4. Siswa dapat menyelesaikan masalah yang melibatkan perbandingan.

Motivasi : Jika materi ini dikuasai dengan baik maka banyak kemudahan-kemudahan antara lain untuk mngetahui jarak dua kota atau negara cukup dengan menggunakan jarak pada peta.

Kegiatan Inti ( 65’ )

* Setelah tanya jawab guru dengan siswa

Siswa di suruh mengerjakan LKS 3.4.1 secara berkelompok, selanjutnya presentasi dan menyimpulkan presentasi tersebut. Kegiatan seterusnya sampai LKS 3.4.4 setelah itu sebagai penguatan dan penilaian supaya mengerjakan soal-soal sebagai penilaian.

Penutup ( 5’ )

a. Siswa diarakan membuat kesimpulan.

b. Guru dan siswa merefleksi hasil pembelajaran tersebut.

VIII. Alat dan Sumber Belajar

- Matematika kelas VII Semester I Dirjen Dikdasmen

- Matematika kelas VII Semester I MGMP Gresik

- LKS Matematika Kelas VII MGMP Gresik

- Peta

- Foto

- Gambar

- Model

IX. Penilaian

Pertemuan pertama

Waktu : 15’

Teknik : Tes

Bentuk instrumen : Tertulis (Uraian)

Aspek Pemahaman Konsep

1. Jarak kota Surabaya dengan Kota Malang adalah 150 km bila pada peta jaraknya atau panjangnya 10 cm. Berapa skala perbandingannya.

Aspek Penalaran dan Komunikasi

2. Dengan kecepatan rata-rata 15 km/jam Ali bersepeda selama 2 jam dari Surabaya ke Gresik kemudian Ali kembali dari Gresik ke Surabaya dengan kecepatan 20 km/jam. Berapa waktu yang diperlukan Ali dari Gresik ke Surabaya.

Aspek Pemecahan Masalah

3. Pak Hadi membangun rumahnya membutuhkan pekerja 15 akan selesai 6 bulan karena ingin cepat selesai pekerjaannya ditambah menjadi tiga kalinya apakah cukup waktunya untuk menyelesaikan bila waktu yang tersedia hanya satu bulan.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KD 4.1

Sekolah : SMP Negeri

Mata Pelajaran : Matematika

Kelas/ Semester : VII (tujuh) / 2 ( Dua )

Standarat Kompetensi : 4. Menggunakaan konsep himpunan dan diagram Venn dalam pemecahan masalah

Kompetensi Dasar : 4.1 Memahami pengertian dan notasi himpunan serta penyajiannya.

Indicator : 1. Menyebutkan masalah sehari-hari dalam bentuk himpunan dan mendata anggotanya.

2. Menyebutkan anggota dan bukan angota suatu himpunan

3. Menyatakan himpunan dengan 3 cara

4. Mengenal himpunan kosong dan notasinya

Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran (2 pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran

  1. Siswa dapat menyebutkan masalah sehari-hari dalam bentuk himpunan dan mendata anggotanya
  2. Siswa dapat menyebutkan anggota dan bukan anggota suatu himpunan
  3. Siswa dapat menyatakan himpunan dengan 3 cara
  4. Siswa dapat mengenal himpunan kosong dan notasinya.

B. Materi Ajar

a. Menemukan pengertian himpunan

b. Membentuk himpunan dari kumpulan suatu obyek tertentu

c. Menentukan anggota suatu himpunan

d. Cara menyatakan himpunan dari satu cara ke cara yang lain

e. Membedakan himpunan kosong dan tidak kosong serta notasinya

C. Model dan Metode PembelajaranModel Pembelajaran : - Think Pare and Sare

- Pembelajaran langsung dan koperatif

Metode : Kombinasi metode tanya jawab pemberian tugas dan diskusi kelompok

D. Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan pertama

Waktu : 2 x 40’

Pendahuluan : (10’)

Apresiasi : a. Mengaitkan materi yang akan dipelajari dengan kehidupan sehari-hari

b. Meminta siswa memperhatikan kumpulan benda-benda yang ada di ruang kelas, di halaman sekolah.

c. Siswa diminta menyebutkan kumpulan apa saja yang ada di ruang kelas, di halaman sekolah

Tujuan : Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan pertama yaitu :

1. Siswa dapat menyebutkan masalah sehari-hari dalam bentuk himpunan dan mendata anggotanya.

2. Siswa dapat menyebutkan anggota dan bukan anggota suatu himpunan.

Motivasi : Jika masalah ini dikuasai maka siswa dapat membentuk himpunan

Kegiatan Inti : (65’)

  1. Dengan tanya jawab guru mengarahkan siswa untuk memahami pengertian himpunan dan anggota himpunan melalui pengenalan kumpulan benda-benda yang ada di sekitar siswa atau tempat-tempat yang dikenal siswa.
  2. Guru mengenalkan lambang untuk suatu himpunan, lambang є…. untuk anggota himpunan serta lambang Ï untuk bukan anggota suatu himpunan.
  3. Siswa secara berpasangan mengerjakan LKS 4.1.1
  4. Guru mengawasi jalannya diskusi dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
  5. Diambil secara acak wakil dari pasangan untuk mempresentasikan jawaban dan siswa yang lain menanggapi.
  6. Siswa diberi tes individu soal ada pada lembar penilaian individu

Penutup : (5’)

  1. Siswa diarahkan untuk membuat rangkuman
  2. Guru dan siswa merefleksi tentang pelaksanaan pembelajaran yang baru dilaksanakan.
  3. Guru memberi PR dari Buku Ajar

Pertemuan kedua

Waktu : 2 x 40’

Pendahuluan : (10’)

Apresiasi : a. Dengan tanya jawab siswa diingatkan tentang pengertian himpunan,lambang himpunan, anggota dan bukan anggota himpunan.

b. Membahas PR yang sulit.

Tujuan : Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yaitu :

1. Siswa dapat menyatakan himpunan dengan 3 cara

2. Siswa dapat mengenal himpunan kosong, himpunan nol, dan notasinya.

Kegiatan Inti : (65’)

a. Menjelaskan bahwa suatu himpunan dapt dinyatakan dengan tiga cara yaitu

1. Dengan kata-kata

2. Dengan mendaftar

3. Dengan notasi pembentuk himpunan

b. Guru memberikan contoh tentang masing-masing cara, serta memberikan contoh bagaiman cara menyatakan dengan dua cara yang lain.

c. Guru menjelaskan tentang himpunan kosong dan nol, perbedaan dan notasinya.

d. Siswa mengerjakan LKS 4.1.2 secara berpasangan.

e. Guru mengawasi jalannya diskusi dan mengarahkan kelompok yang mengalami kesulitan.

f. Diambil secara acak beberapa kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi kemudian kelompok yang lain memberi tanggapan.

g. Siswa mengerjakan tes individu dengan soal ada pada lembar penilaian individu.

Penutup : (5’)

a. Siswa diarahkan untuk membuat rangkuman.

b. Guru dan siswa merefleksi tentang pelaksanaan pembelajaran yang baru diaksanakan.

c. Guru memberi PR dari Buku Ajar

E. Alat dan Sumber Bahan

Buku siswa dari Dirjen, Bahan Ajar dari MGMP Matematika SMP Gresik, LKS dari MGMP Matematika SMP Gresik, Buku Teks dari Erlangga, Buku Teks dari Ganeca.

F. Penilaian

Pertemuan pertama

Waktu : 20’

Tehnik : Tes

Bentuk Instrumen : Tertulis (Uraian)

Aspek : Pemahaman Konsep

1. Nyatakan dapat atau tidak dapat suatu himpunan dibentuk dari kumpulan-kumpulan berikut :

a. Kumpulan lima bilangan cacah yang pertama

b. Kumpulan orang-orang kaya

c. Kumpulan guru-guru yang ganteng

d. Kumpulan siswa kelas 7 yang beratnya lebih dari 40 Kg

2. Diketahui M = { bilangan prima yang kurang dari 50} isilah dengan simbol Î atau Ï Pada kalimat matematika berikut sehingga menjadi pernyataan yang benar.

a. 11 …… M d. 17 …… M

b. 21 …… M e. 33 …… M

c. 47 …… M f. 49 …… M

Aspek : Penalaran dan komunikasi

3. Sebutkan kumpulan obyek yang merupakan himpunan di dalam kelasmu (minimal 5 himpunan)

4. Adakah di kelasmu himpunan siswa yang berkacamata ? Sebutkan anggota dan bukan anggotanya !

Pertemuan kedua

Waktu : 10’

Tehnik : Tes

Bentuk Instrumen : Tetulis (Uraian)

Aspek : Pemahaman Konsep

1. Diketahui P = {1,2,3,4,5,6,7}

a. Jika P dinyatakan dengan menggunakan kata-kata maka

P = ……..

b. Jika P dinyatakan dengan notasi pembentuk himpunan maka

P = …..

2. Manakah diantara himpunan-himpunan berikut yang merupakan himpunan kosong

a. Himpunan orang tua siswa yang usianya dibawah 10 tahun

b. Himpunan bilangan bulat yang tidak ganjil dan tidak bulat

c. Himpunan bilangan prima yang genap

d. Himpunan guru SMP yang tidak berkendaraan motor

Aspek : Penalaran dan komunikasi

3. Adakah di kelasmu himpunan kosong ?

Buatlah himpunan kosong sebanyak 4 himpunan.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KD 4.2

Sekolah : SMP Negeri

Mata Pelajaran : Matematika

Kelas/ Semester : VII (tujuh) / 2 ( Dua )

Standart Kompetensi : 4. Menggunakan konsep himpunan dan diagram Venn dalam pemecahan masalah

Kompetensi Dasar : 4.2 Memahami konsep himpunan

Indikator : 1. Mengenal pengertian himpunan semesta serta dapat menyebutkan anggotanya.

2. Menentukan himpunan bagian dari suatu himpunan.

3. Menentukan banyak himpunan bagian suatu himpunan.

Alokasi Waktu : 4 x 40’

A. Tujuan Pembelajaran

1) Siswa dapat menentukan banyak himpunan bagian dari suatu himpunan

2) Siswa dapat menentukan banyak himpunan bagian suatu himpunan.

3) Siswa mengenal pengertian himpunan semesta serta dapat menyebutkan anggotanya.

B. Materi Ajar

1) Menentukan himpunan bagian dari suatu himpunan.

2) Menentukan banyak himpunan bagian suatu himpunan.

3) Menentukan rumus banyak himpunan bagian serta dapat menyebutkan anggotanya.

4) Mengenal pengertian himpunan semesta serta dapat menyebutkan anggotanya.

C. Model dan Metode Pembelajaran

Model Pembelajaran : - Think Pare and Sare

- Pembelajaran Langsung dan Koperatif

Metode Pembelajaran : Kombinasi metode tanya jawab pemberian tugas dan diskusi kelompok

D. Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan Pertama

Waktu : 2 x 40’

Pendahuluan : 10’

Apresiasi : a. Menanyakan kepada siswa tentang konsep-konsep sebelumnya.

b. Membahas PR yang sulit

Tujuan : Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan kedua yaitu :

1. Siswa dapat menentukan himpunan bagin dari suatu himpunan.

2. Siswa dapat menentukan banyak himpunan bagian suatu himpunan.

Motivasi : Jika materi ini dikuasai maka siswa akan dapat menyelesaikan masalah sehari-hari dengan menggunakan konsep himpunan.

Kegiatan Inti : 65’

a. Dengan tanya jawab guru membimbing siswa untuk mendapatkan pengertian himpunan bagian dengan memberikan contoh tentang :

1) suatu himpunan yang merupkan himpunan bagian dari himpunan tertentu.

2) suatu himpunan yang bukan merupakan himpunan bagian dari himpunan tertentu.

b. Dari contoh-contoh yang diberikan ,guru dan siswa menyimpulkan :

1) kapan suatu himpunan merupakan himpunan bagian

2) kapan suatu himpunan bukan merupakan himpunan bagian

c. Dengan tanya jawab guru membimbing siswa bagaimana cara menentukan banyaknya himpunan bagian dari suatu himpunan.

d. Siswa mengerjakan LKS 4.2.2 secara berpasangan.

e. Guru mengawasi jalannya diskusi dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.

f. Diambil secara acak wakil dari pasangan untuk mempresentasikan hasil kerjanya yaitu menyimpulkan pengertian himpunan bagian dan menentukan banyaknya himpunan bagian suatu himpunan.

g. Siswa diberi tes individu dengan soal ada pada lembar penilaian individu.

Penutup : 5’

a. Siswa diarahkan untuk membuat rangkuman.

b. Guru dan siswa merefleksi tentang pelaksanaan pembelajaran yang baru dilaksanakan.

c. Guru memberi PR dari Buku Ajar.

  1. Siswa mengenal pengertian himpunan semesta serta dapat menyebutkan anggotanya.

Pertemuan kedua

Waktu : 2 x 40’

Pendahuluan : 10’

Apresiasi : a. Menanyakan kepada siswa tentang pengertian himpunan, anggota dan bukan anggota himpunan

b. Membahas PR yang sulit

Tujuan : Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan pertama yaitu :

1. Siswa dapat mengenal pengertian himpunan semesta serta dapat menyebutkan anggota-anggotanya.

Motivasi : Jika materi ini dikuasai maka siswa akan dapat menyelesaikan masalah sehari-hari dengan menggunakan konsep himpunan.

Kegiatan Inti : 65’

a. Guru menjelaskan dengan tanya jawab tentang pengertian himpunan semesta. Guru memberikan beberapa contoh, misal beberapa siswa diminta untuk menyebutkan suatu himpunan, kemudian guru menjelaskan semesta pembicaraan dari himpunan tersebut.

b. Guru memberikan contoh suatu himpunan yang bukan merupakan himpunan semesta dari himpunan tertentu.

c. Siswa mengerjakan LKS 4.2.1 secara berpasangan.

d. Guru memonitor siswa dan memberi bantuan pada siswa yang mengalami kesulitan.

e. Diambil secara acak beberapa kelompok / pasangan untuk mempresentasikan hasilnya.

f. Guru mengarahkan hasil diskusi bahwa himpunan semesta suatu himpunan tidak tunggal.

g. Siswa diminta mengerjakan tes individu dengan soal ada pada lembar penilaian individu.

Penutup : 5’

a. Siswa diarahkan untuk membuat rangkuman

b. Guru dan siswa merefleksikan tentang pelaksanaan pembelajaran yang baru dilaksanakan.

c. Guru memberi PR dari Buku Ajar.

E. Alat dan Sumber Belajar.

Buku siswa dari Dirjen, Buku Ajar dari MGMP Matematika SMP Gresik, LKS dari MGMP Matematika SMP Gresik, Buku Teks dari Erlangga, Buku Teks dari Ganeca.

F. Penilaian

Pertemuan Pertama

Waktu : 15’

Teknik : Tes

Bentuk : Tertulis

Aspek : Pemahaman konsep

1. Nyatakan benar atau salah !

a. { 0,2,4,6…} є Himpunan bilangan bulat

b. {Lingkaran}є Himpunan bangun ruang

c. {Ibu kota negara Asean} є {Malaysia, Jakarta, Philipina}

Aspek : Penalaran dan komunikasi

2. Jika P = Himpunan bangun ruang, manakah diantara himpunan-himpunan berikut ini yang merupakan himpunan bagian dari P

A = Himpunan limas segitiga

B = Himpunan trapesium

C = Himpunan kerucut

D = Himpunan bola

Aspek : Pemecahan masalah

3. Diketahui himpunan Q = {k,l,m,n}

a. Sebutkan himpunan-himpunan bagiannya

b. Beberapa banyak himpunan bagiannya ?

Pertemuan kedua

Waktu : 10’

Tehnik : Tes

Bentuk Instrumen : Tertulis (Uraian)

Aspek : Pemahaman Konsep

Sebutkan dua himpunan semesta yang mungkin dari masing-masing himpunan di bawah ini.

1. A = {1,3,5,7,……………}

2. B = {x êx ³3, x bilangan cacah}

3. C = Himpunan warna primer

4. D = Himpunan bulan yang jumlah harinya 30

5. E = {Jakarta, Surabaya}

6. F = {a,i,u,e,o}

7. G = {3,4,5,6}

8. H = {Segitiga, Lingkaran, Persegi}

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KD 4.3

Sekolah : SMP Negeri

Mata Pelajaran : Matematika

Kelas/ Semester : VII (tujuh) / 2 ( Dua )

Standar Kompetensi : Aljabar

4. Menggunakan konsep himpunan dan Diagram Venn dalam pemecahan

masalah

Kompetensi Dasar : 4.3. Melakukan operasi irisan, gabungan, kurang (difference) dan

komplemen pada himpunan

Indokator : 1. Menunjukkan irisan dan gabungan dua himpunan

2. Menuliskan notasi gabungan dua himpunan

3. Menyatakan notasi irisan dua himpunan

4. Menyelesaikan soal cerita dengan menggambar Diagram Venn irisan dua himpunan

5. Menyelesaikan soal cerita dengan menggambar Diagram Venn gabungan dua himpunan

6. Menunjukkan kurang (difference) suatu himpunan dari himpunan lainnya

7. Menyelesaikan soal yang ada hubungannya dengan kurang suatu himpunan dari himpunan lainnya dengan menggambar Diagram Venn

8. Menuliskan notasi kurang suatu himpunan dari himpunan lainnya

9. Menunjukkan komplemen suatu himpunan

10. Menyelesaikan soal yang ada hubungannya dengan komplemen suatu

Himpunan dengan menggambar Diagram Venn

11. Menuliskan notasi komplemen suatu himpunan

Alokasi Waktu : 6 jam pelajaran (3 pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran

  1. Siswa dapat menunjukkan irisan dan gabungan dua himpunan
  2. Siswa dapat menuliskan notasi gabungan dua himpunan
  3. Siswa dapat menyatakan notasi irisan dua himpunan
  4. Siswa dapat menyelesaikan soal cerita dengan menggambar Diagram Venn irisan dua himpunan
  5. Siswa dapat menyelesaikan soal cerita dengan menggambar Diagram Venn gabungan dua himpunan
  6. Siswa dapat menunjukkan kurang (difference) suatu himpunan dari himpunan lainnya
  7. Siswa dapat menyelesaikan soal yang ada hubungannya dengan kurang suatu himpunan dari himpunan lainnya dengan menggambar Diagram Venn
  8. Siswa dapat menuliskan notasi kurang suatu himpunan dari himpunan lainnya
  9. Siswa dapat menunjukkan komplemen suatu himpunan
  10. Siswa dapat menyelesaikan soal yang ada hubungannya dengan komplemen suatu himpunan dengan menggambar Diagram Venn
  11. Siswa dapat menuliskan notasi komplemen suatu himpunan

B. Materi Ajar

  1. Pengertian irisan dua himpunan dan menentukan irisan dua himpunan
  2. Menggambarkan Diagram Venn dari irisan dua himpunan
  3. Menyelesaikan soal cerita tentang irisan dua himpunan dengan menggunakan Diagram Venn
  4. Pengertian gabungan dua himpunan
  5. Menentukan gabungan dua himpunan dan menggambar Diagram Venn gabungan dua himpunan
  6. Diagram Venn gabungan dua himpunan untuk menyelesaikan soal cerita
  7. Pengertian kurang (difference) suatu himpunan dari himpunan lainnya dan menentukan kurang (difference) suatu himpunan dari himpunan lainnya
  8. Menyelesaikan soal yang ada hubungannya dengan kurang (difference) suatu himpunan dari himpunan lainnya dengan menggambar Diagram Venn
  9. Pengertian komplemen dari suatu himpunan dan menentukan komplemen dari suatu himpunan
  10. Menyelesaikan soal yang ada hubungannya dengan komplemen dari suatu himpunan dengan menggambar Diagram Venn

C. Model dan Metode Pembelajaran

  1. Model : - Think Pare and Share

- Kooperatif langsung

  1. Metode : Tanya jawab, diskusi dan pemeberi tugas

D. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan Pertama

Waktu : 2 x 40 menit

Pendahuluan : ( 10 menit )

Apersepsi : a. Menanyakan pada siswa secara acak tentang himpunan bagian

b. Membahas PR yang sulit

Tujuan : Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan pertama yaitu :

1. Siswa dapat menunjukkan irisan dan gabungan dua himpunan

2. Siswa dapat menuliskan notasi gabungan dua himpunan

3. Siswa dapat menyatakan notasi irisan dua himpunan

4. Siswa dapat menyelesaikan soal cerita dengan menggambarkan Diagram Venn irisan dua himpunan

5. Siswa dapat menyelesaikan soal cerita dengan menggambarkan Diagram Venn gabungan dua himpunan

Motivasi : Jika materi ini dikuasai dengan baik maka siswa akan dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang ada hubungannya dengan irisan dan gabungan dua himpunan

Kegiatan Inti : ( 65 menit )

  1. Dengan tanya jawab menjelaskan tentang irisan dan gabungan dua himpunan serta cara menuliskan notasi gabungan dan irisan dua himpunan
  2. Siswa secara berpasangan mengerjakan LKS 4.3.1
  3. Guru mengawasi jalannya diskusi dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan
  4. Diambil secara acak wakil dari pasangan untuk mempresentasikan jawaban dan siswa yang lain menanggapi
  5. Siswa secara berpasangan mengerjakan LKS 4.3.4 dan LKS 4.3.5
  6. Guru mengawasi jalannya diskusi dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan
  7. Diambil secara acak wakil dari pasangan untuk mempresentasikan jawaban dan siswa yang lain menanggapi
  8. Siswa diberi tes individu dengan soal pada lembar penilaian individu

Penutup : ( 5 menit )

  1. Siswa diarahkan untuk membuat rangkuman
  2. Guru dan siswa merefleksi tentang pelaksanaan pembelajaran yang baru dilaksanakan
  3. Guru memberi PR hal. 172 No. 1 s/d 4, hal. 173 No. 5 dan 6, hal. 183 No. 4 s/d 6

Pertemuan Kedua

Waktu : 2 x 40 menit

Pendahuluan : ( 10 menit )

Apersepsi : a. Menanyakan pada siswa secara acak tentang irisan dan gabungan dua

Himpunan

b. Membahas PR yang sulit

Tujuan : Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan kedua yaitu :

1. Siswa dapat menunjukkan kurang (difference) suatu himpunan dari himpunan lainnya

2. Siswa dapat menuliskan notasi kurang suatu himpunan dari himpunan lainnya

3. Siswa dapat menyelesaikan soal yang ada hubungannya dengan kurang suatu himpunan dari himpunan lainnya dengan menggambar Diagram Venn

Motivasi : Jika materi ini dikuasai dengan baik maka siswa akan dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang ada hubungannya dengan kurang (difference) suatu himpunan dari himpunan lainnya dengan menggambar Diagram Venn

Kegiatan Inti : ( 65 menit )

  1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang kurang (difference) suatu himpunan dari himpunan lainnya
  2. Siswa secara berpasangan mengerjakan LKS 4.3.6
  3. Guru mengawasi jalannya diskusi dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan
  4. Diambil secara acak wakil dari pasangan untuk mempresentasikan jawaban dan siswa yang lain menanggapi
  5. Siswa secara berpasangan mengerjakan LKS 4.3.7
  6. Guru mengawasi jalannya diskusi dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan
  7. Diambil secara acak wakil dari pasangan untuk mempresentasikan jawaban dan siswa yang lain menanggapi
  8. Siswa diberi tes individu dengan soal yang ada pada lembar penilaian individu

Penutup : ( 5 menit )

  1. Siswa diarahkan untuk membuat rangkuman
  2. Guru dan siswa merefleksi tentang pelaksanaan pembelajaran yang baru dilaksanakan
  3. Guru memberi PR dari soal buatan guru

Pertemuan Ketiga

Waktu : 2 x 40 menit

Pendahuluan : ( 10 menit )

Apersepsi : a. Menanyakan pada siswa secara acak tentang kurang (difference) suatu

himpunan dari himpunan lainnya

b. Membahas PR yang sulit

Tujuan : Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan ketiga yaitu :

1. Siswa dapat menunjukkan komplemen suatu himpunan

2. Siswa dapat menuliskan notasi komplemen suatu himpunan

3. Siswa dapat menyelesaikan soal yang ada hubungannya dengan komplemen suatu himpunan dengan menggambar Diagram Venn

Motivasi : Jika materi ini dikuasai dengan baik maka siswa akan dapat menyelsaikan permasalahan sehari-hari yang ada hubungannya dengan komplemen suatu himpunan dengan menggambar Diagram Venn

Kegiatan Inti : ( 65 menit )

  1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang komplemen suatu himpunan
  2. Siswa secara berpasangan mengerjakan LKS 4.3.9
  3. Guru mengawasi jalannya diskusi dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan
  4. Diambil secara acak wakil dari pasangan untuk mempresentasikan jawaban dan siswa yang lain menanggapi
  5. Siswa secara berpasangan mengerjakan LKS 4.3.10
  6. Guru mengawasi jalannya diskusi dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan
  7. Diambil secara acak wakil dari pasangan untuk mempresentasikan jawaban dan siswa yang lain menanggapi
  8. Siswa diberi tes individu dengan soal yang ada pada lembar penilaian individu

Penutup : ( 5 menit )

  1. Siswa diarahkan untuk membuat rangkuman
  2. Guru dan siswa merefleksi tentang pelaksanaan pembelajaran yang baru dilaksanakan
  3. Guru memberi PR dari soal buatan guru

E. Alat dan Sumber Belajar

Buku siswa dari Dirjen, Bahan ajar dari MGMP Matematika SMP Gresik, Buku PTBK jilid I dari Dirjen, Buku teks dari Erlangga, LKS dari MGMP Matematika SMP Gresik, penggaris, kertas karton dan spidol.

F. Penilaian

Pertemuan Pertama :

Waktu : 15 menit

Teknik : Tes

Bentuk : Tes tulis uraian

Aspek : Pemahaman Konsep

1. Jika A = Himpunan bilangan prima yang kurang dari 10, dan B = Himpunan bilangan genap antara 0 dan 10

a. Tunjukkan A Ç B dan A È B dengan mendaftar anggota-anggotanya

b. Tunjukkan A Ç B dan A È B dengan Diagram Venn

Aspek : Pemahaman Konsep

2. Tuliskan notasi dari A È B dengan notasi pembentuk himpunan

Aspek : Pemahaman Konsep

3. Nyatakan notasi dari A Ç B dengan notasi pembentuk himpunan

Aspek : Pemahaman Konsep

4. Dari sekelompok siswa ternyata : 31 siswa suka makan bakso, 27 siswa suka makan soto, dan 15 siswa suka makan keduanya ( bakso dan soto ). Berdasarkan keterangan di atas :

a. Gambarlah Diagram Venn untuk menunjukkan keadaan tersebut

b. Berapa banyak siswa yang suka makan bakso saja

c. Berapa banyak siswa yang suka makan bakso saja atau soto saja

Aspek : Pemahaman Konsep

5. Dari sekelompok siswa yang terdiri dari 40 orang ternyata 17 orang suka main tenis, 27 orang suka main basket dan 9 orang suka main keduanya.

a. Gambarlah Diagram Venn untuk menunjukkan keadaan di atas

b. Berapa banyak siswa yang suka main tenis atau basket

c. Berapa banyak siswa yang tidak suka main keduanya

d. Berapa banyak siswa yang suka main tenis saja

e. Berapa banyak siswa yang suka main basket saja

Pertemuan Kedua :

Waktu : 15 menit

Teknik : Tes Tulis

Bentuk instrumen : Tes tulis isian dan uraian

Aspek : Pemahaman Konsep

1. Jika A = Himpunan bilangan ganjil yang kurang dari 10, dan B = Himpunan bilangan prima yang kurang dari 10

Maka A \ B = A – B = ...

Aspek : Pemahaman Konsep

2. Dari sekelompok siswa ternyata 35 siswa suka makan bakso, 25 siswa suka makan soto, dan 17 siswa suka makan keduanya.

a. Gambarlah Diagram Venn untuk keadaan tersebut

b. Berapa banyak siswa yang hanya suka makan bakso saja

c. Berapa banyak siswa yang hanya suka makan soto saja

Aspek : Pemahaman Konsep

3. Tuliskan notasi dari A \ B = A – B dengan notasi pembentuk himpunan

Pertemuan Ketiga :

Waktu : 15 menit

Teknik : Tes tulis

Bentuk instrumen : Tes tulis uraian

Aspek : Pemahaman Konsep

1. Tulislah komplemen dari A = Himpunan siswa perempuan kelas VII, jika Himpunan Semestanya S = Himpunan siswa-siswi kelas VII

Aspek : Pemahaman Konsep

2. Dari sekelompok siswa yang terdiri atas 40 orang ternyata 28 orang suka makan bakso, dan 22 orang suka makan soto, 15 orang suka keduanya-duanya.

a. Gambarlah Diagram Venn untuk menggambarkan keadaan tersebut

b. Berapa banyak siswa yang suka makan bakso atau soto

c. Berapa banyak siswa yang tidak suka makan keduanya

Aspek : Pemahaman Konsep

3. Tulislah notasi komplemen A terhadap Himpunan Semesta S

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KD 4.4

Sekolah : SMP Negeri

Mata Pelajaran : Matematika

Kelas/ Semester : VII (tujuh) / 2 ( Dua )

Standar kompetensi : 4. Menggunakan konsep himpunan dan diagram venn dalam

pemecahan masalah

Kompetensi Dasar : 4.4 Menyajikan himpunan dengan diagram venn.

Indikator : 4.4.1. Menyajikan himpunan dengan diagram venn.

4.4.2. Menyajikan irisan dan gabungan dua himpunan dengan

diagram venn.

4.4.3. Menyajikan kurang ( difference ) suatu himpunan dari

himpuan lain dengan diagram venn

4.4.4. Menyajikan komplemen suatu himpunan dengan diagram

venn.

Alokasi waktu : 6 jam perlajaran ( 3 x pertemuan )

A. Tujuan Pembelajaran :

1. Siswa dapat menggambar diagram venn untuk berbagai himpunan .

2. Siswa dapat menyajikan irisan dua himpunan dengan diagram venn.

3. Siswa dapat menyajika gabungan dua himpunan dengan diagram venn

4. Siswa dapat menyajikan kurang ( difference ) suatu himpunan dari himpunan lain dengan diagram venn.

5. Siswa dapat menyajikan komplemen suatu himpunan dengan diagram venn

B. Materi Ajar :

1. Menggambarkan diagram venn untuk berbagai hmpunan.

2. Menggunakan diagram venn untuk menyajikan irisan dan gabungan dua himpunan

3. Menggunakan diagram venn untuk menyajikan kurang ( difference ) suatu himpunan dari himpunan lain

4. Menggunakan diagram venn untuk menyajikan komplemen suatu himpunan

C. Model dan Metode Pembelajaran :

Model : Think Pare dan Share.

Metode : Tanya jawab, diskusi dan pemberian tugas.

D. Langkah – langkah Pembelajaran:

Pertemuan Pertama :

Waktu : 2 x 40 ’

Pendahuluan ( 10 ’ )

Apersepsi : a. Membahas PR yang sulit

b. Menanyakan kepada siswa secara acak bagaimana cara menyajikan

suatu himpunan.

Tujuan : Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan pertama

- Siswa dapat menggambar diagram venn untuk berbagai himpunan.

Motifasi : Jika materi ini dikuasai dengan baik siswa akan dapat menyelesaikan

permasalahan sehari – hari

Misalnya siswa dapat menetukan banyak personil dalam suatu kelompok permainan

Kegiatan inti ( 40 ’ )

a. Dengan metode tanya jawab guru menjelaskan cara menyajikan himpunan dalam diagram venn

b. Siswa secara berpasangan mengerjakan LKS 4.4.1

c. Guru mengawasi jalannya diskusi dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan

d. Diambil secara acak wakil dari pasangan untuk mempresentasikan jawaban dan pasangan yang lain menanggapi ( dilakukan bergantian untuk soal yang lain )

e. Siswa diberi tes secara individu dengan soal terlampir.

Penutup ( 5 ’ )

a. Siswa diarahkan untuk membuat kesimpulan.

b. Guru dan siswa merefleksi tentang jalannya pelaksanaan pembelajaran yang baru dilaksanakan.

c. Guru memberi tugas berupa PR , buku ajar hal :

Pertemuan kedua

Pendahuluan ( 10 ’ )

Apersepsi : a. Membahas PR yang sulit.

b. Menanyakan pada siswa secara acak tentang cara menentukan irisan

dan gabungan dua himpunan.

Tujuan : 1. Siswa dapat menyajikan irisan dua himpunan dengan diagram venn

2. Siswa dapat menyajikan gabungan dua himpunan dengan diagram venn

Kegiatan Inti ( 40 ’)

a. Dengan metode tanya jawab dibahas tentang cara menyajikan irisan

dan gabungan dua himpunan dengan diagram venn.

b. Siswa secara berpasangan mengerjakan LKS 4.4.2.

c. Guru mengawasi jalannya diskusi dan mengarahkan siswa yang

mengalami kesulitan

d. Diambil secara acak wakil dari pasangan untuk mempresentasikan

jawaban dan pasangan yang lain menanggapi.

( dilakukan bergantian untuk soal yang lain )

e. Siswa diberi tes secara individu dengan soal terlampir.

Penutup ( 5’ )

a. Siswa diarahkan untuk membuat kesimpulan.

b. Guru dan siswa merefleksi tentang jalannya pelaksanaan pembelajaran yang baru dilaksanakan

c. Guru memberi tugas berupa PR , buku ajar hal

Pertemuan ketiga

Pendahuluan ( 10 ’ )

Apersepsi : a. Membahas PR yang sulit.

b. Menanyakan pada siswa secara acak tentang cara menentukan kurang

( difference )himpunan. suatu himpunan dari himpunan lain dan

komplemen suatu himpunan.

Tujuan : 1. Siswa dapat menyajikan kurang ( difference ) suatu himpunan dari

himpunan lain dengan diagram venn.

2. Siswa dapat menyajikan komplemen suatu himpunan dengan diagram

venn

Kegiatan Inti ( 40 ’)

a. Dengan metode tanya jawab dibahas tentang cara menyajikan kurang

( difference ) suatu himpunan dari himpunan lain dengan diagram venn

b. Dengan metode tanya jawab guru menjelaskan tenteng cara menyaji

kan komplemen suatu dengan diagram venn.

c. Siswa secara berpasangan mengerjakan LKS 4.4.3.

d. Guru mengawasi jalannya diskusi dan mengarahkan siswa yang

mengalami kesulitan

e. Diambil secara acak wakil dari pasangan untuk mempresentasikan

jawaban dan pasangan yang lain menanggapi.

( dilakukan bergantian untuk soal yang lain )

f. Siswa diberi tes secara individu dengan soal terlampir.

Penutup ( 5’ )

a. Siswa diarahkan untuk membuat kesimpulan.

b. Guru dan siswa merefleksi tentang jalannya pelaksanaan pembelajaran yang baru dilaksanakan

c. Guru memberi tugas berupa PR , buku ajar hal

E. Alat dan Sumber Belajar :

Buku Ajar dari MGMP Matematika Kab. Gresik,LKS dari MGMP Matematika Kab.

Gresik, Penggaris .

F. Penilaian :

Pertemuan Pertama

Waktu : 25

Teknis : Tes

Bentuk Instrumen : Tes Tulis ( Uraian )

Aspek : Pemahaman konsep.

1. Gambarlah himpunan – himpunan dibawah dalam satu diagram venn

S = {1,2,3,4,5,6 } , P = { 1,3,5 }, Q ={ 3,5 }

2. Diketahui :

S = { Bilangan asli <>

A = { Biilangan asli ganjil <>

B = { Bilangan priima <>

C = { Faktor prima dari 6 }

a. Nyatakan himpunan diatas dengan cara mendaftar.

b. Buatlah diagram venn untuk masing – masing himpunan berikut dengan S sebagai

himpunan Semesta

( i ) A dan B ( ii ) A dan C. ( iii) B dan C

Pertemuan Kedua

Waktu : 25

Teknis : Tes

Bentuk Instrumen : Tes Tulis ( Uraian)

Aspek : Pemahamn Konsep.

Diketahui :

S = { 1,2,3,4,5,6.7 }

A = { 1,2,3,4,5 } B ={ 4,5,6,7 } C = { 3 }

a. Tentukan anggota – anggota dari :

( i ) A ∩ B ( ii ) A ∩ C ( iii ) B ∩ C

b. Tunjukkan setiap irisan diatas pada diagram venn dan arsirlah daerah yang

menunjukkan irisan tersebut.

c. Tentukan anggota – anggota dari

( i ) A U B ( ii ) A U C ( iii ) B U C

d. Tunjukkan setiap gabungan diatas pada diagram venn dan arsirlah daerah yang

menunjukkan gabungan tersebut.

Pertemuan Ketiga

Waktu : 25

Teknis : Tes

Bentuk Instrumen : Tes Tulis ( Uraian

Aspek : Pemahaman Konsep

Diketahui :

P = { a,b,c,d,e,f,g,h,i }

Q = { g,h,i,j,k }

a. Tentukan anggota P – Q

b. Gambarlah P dan Q dalam satu diagram venn dan arsirlah daerah yang

menunjukkan P - Q

Aspek : Pemahaman Konsep

1. Diketahui :

S = { x l -5 <>

A = { t l 2 < style=""> < , t є ilangan Asli }

Gambarlah himpunan diatas dalam satu diagram venn dan arsirlah daerah yang

merupakan A c

2. Aspek : Pemahaman Konsep

Tentukan anggota dari :

a. A c b.B c

c.(A ∩ B ) c. d.( A U B ) c

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KD 4.5

Sekolah : SMP Negeri

Mata Pelajaran : Matematika

Kelas/ Semester : VII (tujuh) / 2 ( Dua )

Standar kompetensi : 4. Menggunakan konsep himpunan dan diagram venn dalam

pemecahan masalah

Kompetensi Dasar : 4.5 Menggunakan konsep himpunan untuk pemecahan masalah.

.Indikator :.4.5.1 Menyelesaikan masalah dengan menggunakan diagram venn.

Alokasi waktu : 2 jam perlajaran ( 1x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran :

1. Siswa dapat menyelesaikan masalah sehari – hari dengan menggunakan diagram

venn dan konsep himpunan.

B. Materi Ajar :

a. Menggunakan diagram venn dan konsep himpunan untuk menyelasaikan masalah

sehari - haei

C. Model dan Metode Pembelajaran :

Model : Think Pare dan Share.

Metode : Tanya jawab, diskusi dan pemberian tugas.

D. Langkah – langkah Pembelajaran:

Pertemuan Pertama :

Waktu : 2 x 40 ’

Pendahuluan ( 10 ’ )

Apersepsi : a. Membahas PR yang sulit

b. Menanyakan kepada siswa secara acak hobi siswa dalam suatu

permainan

Tujuan : Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan pertama

1. Menyelesaikan masalah dengan menggunakan diagram venn dan konsep

himpunan

Motifasi : Jika materi ini dikuasai dengan baik siswa akan dapat menyelesaikan

permasalahan sehari – hari

Misalnya siswa dapat menetukan banyak personil dalam suatu kelompok

permainan

Kegiatan Inti ( 40 ’ )

a. Dengan metode tanya jawab guru menjelaskan tentang cara

menyelesaikan suatu masalah sehari – hari yang bisa diselesaikan

dengan menggunakan konsep himpunan dan dengan diagram venn.

b. Siswa secara berpasangan mengerjakan LKS 4.5

c. Guru mengawasi jalannya diskusi dan mengarahkan siswa yang

mengalami kesulitan

d. Diambil secara acak wakil dari pasangan untuk mempresentasikan

jawaban dan pasangan yang lain menanggapi.

( dilakukan bergantian untuk soal yang lain )

d. Siswa diberi tes secara individu dengan soal terlampir.

Penutup ( 5’ )

e. Siswa diarahkan untuk membuat kesimpilan.

f. Guru dan siswa merefleksi tentang jalannya pelaksanaan pembelajaran yang baru dilaksanakan

g. Guru memberi tugas berupa PR , buku ajar hal

E. Alat dan Sumber Belajar :

Buku Ajar dari MGMP Matematika Kab. Gresik,LKS dari MGMP Matematika Kab.

Gresik, Penggaris .

F. Penilaian :

Pertemuan Pertama

Waktu : 25

Teknis : Tes

Bentuk Instrumen : Tes Tulis ( Uraian )

Aspek: Pemecahan masalah

1. Pada suatu agen koran dan majalah terdapat 75 orang berlangganan koran 32 orang

berlangganan majalah dan 25 orang berlangganan koran dan majalah.

a. Buatlah diagram venn berdasarkan data diatas!

b. Berapa banyak pelanggan seluruhnya ?

2. Dari 42 siswa ternyata 25 siswa gemar Matematika , 23 siswa gemar IPA dan 6 siswa tidak

gemar keduanya.

a. Buatlah diagram vrnn berdasar data diatas !

b. Berapa siswa yang gemar Matematika dan IPA ?

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KD 5.1

Sekolah : SMP Negeri

Mata Pelajaran : Matematika

Kelas/ Semester : VII (tujuh) / 2 ( Dua )

Standar Kompetensi: 5. Memahami hubungan garis dengan garis, garis dengan sudut, serta menentukan ukurannya.

Kompetensi Dasar : 5.1 Menentukan hubungan antara dua garis, serta besar dan jenis sudut.

Indikator : 1. Menjelaskan kedudukan dua garis (sejajar, berimpit,

berpotongan, bersilangan) melalui benda kongkrit.

2. Mengenal satuan sudut yang sering digunakan.

3. Mengukur besar sudut dengan busur derajat.

4. Menjelaskan perbedaan jenis sudut (siku, lancip, tumpul)

Alokasi Waktu : 6 jam pelajaran ( 3 pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran

a. Siswa dapat menjelaskan kedudukan dua garis

b. Siswa dapat menggunakan satuan sudut

c. Siswa dapat mengukur besar sudut dengan menggunakan busur derajat

d. Siswa dapat membedakan jenis-jenis sudut.

B. Materi Ajar

a. Hubungan antara dua garis

b. Mengukur besar sudut

c. Jenis-jenis sudut

C. Model dan Metode Pembelajaran

a. Model : Kooperatif

b. Metode : Diskusi kelompok, demontrasi, dan penemuan

D. Langkah-langkah kegiatan

Pertemuan pertama

Waktu : 2 x 40'

Pendahuluan (10')

Apersepsi : Mengingat kembali tentang pengertian garis.

Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka akan dapat

membantu siswa dalam menyelesaikan masalah sehari-hari.

Tujuan : Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan

Pertama : a. Siswa dapat menjelaskan kedudukan dua garis

Kegiatan Inti (65')

a. Dengan berdialog, siswa diminta menyebutkan beberapa contoh bangun yang berbentuk garis yang terdapat di dalam kelas.

b. Guru dan siswa mendiskusikan tentang kedudukan dua garis dan sifat-sifatnya.

c. Siswa secara berkelompok 4-5 orangmengerjakan tugas latihan soal-soal tentang kedudukan dua garis yang terdapat pada lembar kerja 5.1.1 dengan bimbingan guru

d. Dua atau tiga kelompok mempresentasikan hasilnya dan guru sebagai fasilitator

e. Siswa mengerjakan tugas individu

Penutup (5')

a. Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman

b. Siswa dan guru melakukan refleksi

c. Guru memberikan tugas (PR) hal 54-55 buku ajar

Pertemuan Kedua

Waktu : 2 x 40'

Pendahuluan (10')

Apersepsi : a. Membahas PR.

b. Mengingat kembali tentang pengertian sudut

Motivasi : Banyak kegiatan sehari-hari yang berkaitan dengan sudut.

Tujuan : Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan

Kedua :

b. Siswa dapat menggunakan satuan sudut

c. Siswa dapat mengukur besar sudut dengan menggunakan busur derajat

Kegiatan Inti (65')

a. Siswa dikondisikan dalam beberapa kelompok diskusi dengan masing-masing kelompok terdiri dari 3 - 5 orang.

b. Dengan berdiskusi dalam kelompok masing-masing, siswa diharapkan dapat:

1. menyebutkan beberapa contoh bangun berbentuk sudut yang terdapat di

dalam kelas.

2. menentukan satuan sudut yang sering digunakan.

c. Masing-masing kelompok diminta menyampaikan hasil diskusinya, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.

d. Dengan demontrasi, guru menunjukkan cara mengukur besar sudut dengan

menggunakan busur derajat.

e. Siswa diminta menggambar sebuah sudut, kemudian teman sebangkunya

diminta mengukur besar sudut tersebut dengan menggunakan busur derajat.

f. Siswa mengerjakan tugas latihan soal-soal tentang sudut yang terdapat pada

Penilaian

Penutup (5')

a. Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman

b. Siswa dan guru melakukan refleksi

c. Guru memberikan tugas (PR) hal 40 buku ajar

Pertemuan Ketiga

Waktu : 2 x 40'

Pendahuluan (10')

Apersepsi : Mengingat kembali tentang pengertian sudut

Motivasi : Konsep tentang sudut banyak dipaki dalam kehidupan sehari- hari.

Tujuan : Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan ketiga : c. Siswa dapat membedakan jenis-jenis sudut

Kegiatan Inti (65')

a. Dengan teman sebangku, siswa berdiskusi tentang jenis-jenis sudut.

b. Beberapa siswa diminta menyampaikan hasil diskusinya, sedangkan kelompok lain menanggapi, guru sebagai fasilitator

c. Siswa secara berkelompok mengerjakan lembar kerja 5.1.3

d. Dua atau tiga kelompok siswa diminta menyampaikan hasil diskusinya, sedangkan kelompok lain menanggapi, guru sebagai fasilitator

e. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan tentang jenis-jenis sudut.

d. Siswa mengerjakan tugas individu soal-soal tentang jenis-jenis sudut yang terdapat pada Penilaian

Penutup (5')

a. Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman

b. Siswa dan guru melakukan refleksi

c. Guru memberikan tugas (PR) hal 45 buku ajar

E. Alat dan Sumber Belajar

Buku teks, penggaris, busur derajat, model-model segitiga

F. Penilaian

Pertemuan pertama

Waktu : 15 '

Teknik : tes

Bentuk Instrumen : tertulis.

Aspek : Pemahaman konsep

1.

Pada gambar di atas, persegi ABCD dan BEFC kongruen. Sebutkan garis yang

Sejajar dengan :

a. AE b. BC c. AC d. BD

Aspek : Pemecahan masalah

1. Manakah yang sejajar, berpotongan dan bersilangan dari masalah kontekstual

berikut : a) Jalan layang

b) Dua jalan yang bertemu di persimpangan

c) Tapak dua ban mobil di jalan tanah yang basah

Pertemuan kedua

Waktu : 15 '

Teknik : tes

Bentuk Instrumen : tertulis.

Aspek : Pemahaman konsep

1. Untuk mengukur besar sudut, satuan apakah yang digunakan ?

2. Gunakan busur derajat untuk mengukur besar sudut-sudut berikut ini


Pertemuan ketiga

Waktu : 15 '

Teknik : tes

Bentuk Instrumen : tertulis.

Aspek : Pemahaman konsep

  1. Nyatakan masing-masing sudut berikut ini lancip, siku-siku, tumpul !

a. 70 d. 90

b. 130 e. 45

c. 109 f. 100

Aspek : Pemecahan masalah

2. Nyatakan lancip, siku-siku, tumpul,atau lurus, sudut terkecil antara kedua jarum jam pada pukul :

a. 08.00 e. 15.00 i. 18.15

b. 04.00 f. 18.00 j. 20.30

c. 02.00 g. 09.30 k. 05.15

d. 11.00 h. 14.30 l. 18.20

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KD 5.2

Sekolah : SMP Negeri

Mata Pelajaran : Matematika

Kelas/ Semester : VII (tujuh) / 2 ( Dua )

Standar Kompetensi : 5. Memahami hubungan garis dengan garis, garis dengan sudut, serta menentukan ukurannya

Kompetensi Dasar : 5.2. Memahami sifat - sifat sudut yang terbentuk jika dua garis berpotongan atau dua garis sejajar berpotongan dengan garis lain.

Indikator : 1. Menemukan sifat sudut jika dua garis sejajar dipotong garis ketiga

2. Menggunakan sifat-sifat sudut dan garis untuk meenyelesaikan soal

Alokasi waktu : 4 x 40 menit (2 pertemuan )

A. Tujuan Pembelajaran :

1.Siswa dapat menentukan sifat sudut yang terjadi jika dua garis berpotongan dipotong garis lain

2.Siswa dapat menentukan sifat sudut yang terjadi jika dua garis sejajar dipotong garis lain

3.Siswa dapat menyelesaikan soal-soal dengan menggunakan sifat-sifat sudut yang terjadi jika dua garis sejajar dipotong garis lain

B.Materi Ajar:

1. Sifat sudut yang terjadi dari dua garis berpotongan yang dipotong garis lain

2. Sifat sudut yang terjadi dari dua garis sejajar yang dipotong garis lain

3. Penggunaan sifat sudut

C.Model dan Metode Pembelajaran :

Model : Think, Pare and Sare

Metode : Diskusi kelompok, demonstrasi, dan penemuan

D.Langkah-langkah kegiatan:

Pertemuan pertama :

Pendahuluan (10')

Apersepsi : Mengingat kembali kedudukan dua garis dan besar sudut

Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka siswa akan lebih cepat memahami materi berikutnya.

Tujuan : Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan pertama :

1.Siswa dapat menentukan sifat sudut yang terjadi jika dua garis berpotongan dipotong garis lain

Kegiatan Inti (65')

1. Diberikan sebuah gambar yang terdiri dari 3 buah garis saling berpotongan, siswa secara berpasangan mendiskusikan sifat-sifat sudut yang terajdi pada gambar tersebut dengan melakukan pengukuran pada lembar kerja 5.2.1

2. Dari hasil diskusi, setiap siswa dapat menyimpulkan sifat-sifat sudut :

a. bertolak belakang

b. berpelurus

3. Dua atau tiga pasangan siswa mempresentasikan hasil diskusinya, siswa yang lain menanggapi dan guru sebagai fasilitator

4. Siswa mengerjakan tes individu dengan soal pada Penilaian

Penutup(5')

  1. Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman.
  2. Siswa dan guru melakukan refleksi.
  3. Guru memberikan tugas PR di buku ajar hal 46-47 dan 48.

Pertemuan kedua :

Pendahuluan :

Apersepsi : Mengingat kembali kedudukan dua garis dan besar sudut sebagaimana telah dibahas pada pertemuan pertama

Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka siswa akan lebih cepat memahami materi berikutnya.

Tujuan : Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan kedua :

2.Siswa dapat menentukan sifat sudut yang terjadi jika dua garis sejajar dipotong garis lain

3.Siswa dapat menyelesaikan soal-soal dengan menggunakan sifat-sifat sudut yang terjadi jika dua garis sejajar dipotong garis lain

Kegiatan Inti

  1. Diberikan sebuah gambar yang terdiri dari 2 buah garis sejajar dan dipotong garis lain, siswa secara berpasangan ditugaskan untuk melakukan pengukuran terhadap sudut yang terjadi pada lembar kerja 5.2.2
  2. Dari pengukuran tersebut, siswa diharapkan dapat menyimpulkan tentang :

1. Sudut bertolak belakang

2. Sudut sehadap

3. Sudut dalam bersebrangan

4. Sudut luar bersebrangan

5. Sudut dalam sepihak

6. Sudut luar sepihak

3. Dua atau tiga pasangan siswa mempresentasikan hasil diskusinya, siswa yang lain menanggapi dan guru sebagai fasilitator

  1. Siswa mengerjakan tugas individu pada Penilaian

Penutup

a. Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman.

b. Siswa dan guru melakukan refleksi.

c. Guru memberikan tugas PR hal 59-60 buku ajar

5. Alat dan Sumber Belajar

Buku teks (sumber), penggaris, alat peraga, busur derajat

6. Penilaian

Pertemuan pertama

Waktu : 15'

Teknik : Tes tertulis

Bentuk Instrumen : Uraian

Aspek : Pemahaman Konsep

1. Salinlah gambar di bawah ini,kemudian isikan besar semua sudutnya !

Aspek : Pemecahan masalh

1. Tentukan nilai y pada gambar di bawah ini !

Pertemuan kedua

Waktu : 15'

Teknik : Tes tertulis

Bentuk Instrumen : Uraian

Aspek : Pemahaman konsep

1. Pada gambar di bawah ini, CD sejajar AB. Besar <>


Aspek : Pemecahan masalah

1. Perhatikan gambar di bawah ini ! Jika g sejajar l, maka nilai x + y =…..


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KD 5.3

Sekolah : SMP Negeri

Mata Pelajaran : Matematika

Kelas/ Semester : VII (tujuh) / 2 ( Dua )

Standar Kompetensi 5. Memahami hubungan garis dengan garis, garis dengan sudut, sudut dengan sudut, serta menentukan ukurannya.

Kompentensi dasar 5.3 Melukis Sudut

Indikator : 1. Mengambar sudut yang besarnya diketahui dengan busur dengan

Penggaris

2. Mengukur besar sudut yang diketahui denagan busur, derajat

3. Memidahkan sudut yang beasarnya sama dengan sudut yang diketahui dengan menggunakan pengaris dan jangka

4. Melukis sudut 60° dan 90° dengan menggunakan jangka dan penggaris

Lokasi Waktu : 4 jam pelajaran ( 2 pertemuan )

A. Tujuan Pembelajaran

1. Siswa dapat menggambar sudut yang besarnya diketahui dengan busur dan penggaris

2. Siswa dapat menggukur besar sudut yang diketahui dengan busur derajat

3. Siswa dapat memindahkan sudut yang besarnya sama dengan sudut yang diketahui dengan menggunakan penggaris dan jangka

4. Siswa dapat melukis sudut 60° dan 90° menggunakan jangka dan penggaris

B. Materi Ajar

1. Menggunakan busur dan penggaris untuk menggambar sudut

2. Menggunakan busur untuk mengukur sudut

3. Menggunakan penggaris dan jangka untuk memindahkan sudut yang besarnya sama dengan sudut yang diketahui

4. Menggunakan penggaris dan jangka untuk melukis sudut

C. Model dan Metode Pembelajaran

a) Model pembelajaran : Komperatif

b) Metode pembelajaran : Ceramah, Tanya jawab, Pemberian tugas, Diskusi

D. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan : Pertama

Waktu : 2 x 40'

Pendahuluan : 10'

Apersepsi : 1. Menyakan pada siswa apa pengertian sudut

2. Membahas PR yang sulit

Tujuan : Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan pertama yaitu

1. Siswa dapat menggambar sudut yang besarnya diketahui dengan busur dan penggaris

2. Siswa dapat menggukur besar sudut yang diketahui dengan busur derajat

3. Siswa dapat memindahkan sudut tyang besarnya sama dengan sudut yang diketahui dengan menggunakan penggaris dan jangka

Motivasi : Jika materi ini dikuasai maka siswa akan dapat menentukan letak suatu

tempat dari tempat tertentu, menentukan kemiringan ata[p suatu bangunan

dan lain-lain

Kegiatan Inti : 65'

a. Siswa mengamati cara guru menggambar sudut dengan busur dan penggaris di papan tulis

b. Siswa secara mandiri mengerjakan LKS 5.3.1

c. Meminta salah satu siswa maju ke depan untuk mempresentasikan jawaban dan siswa yang lain menanggapi

d. Siswa mengamati cara guru mengukur sudut yang diketahui dengan busur derajat di papan tulis

e. Siswa secara mandiri mengerjakan LKS 5.3.2

f. Guru mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan

g. Guru menjelaskan langkah-langkah memudahkan sudut yang sama besar dengan sudut yang telah digambar dan siswa menirukan

h. Siswa secara mandiri mengerjakan LKS 5.3.3

i. Meminta salah satu siswa maju ke depan untuk mempresentasikan di papan tulis dan siswa yang menanggapi

j. Guru mengajarkan siswa yang mengalami kesulitan

k. Siswa diberi tes individu dengan soal ada pada lembar penilaian

Penutup : 5’

a. Siswa diarahkan membuat rangkuman

b. Guru dan siswa merefleksi tentang pelaksanaan pembelajaran yang baru dilaksanakan

c. Siswa diberi tugas mengerjakan soal pada buku ajar

Pertemuan : Kedua

Waktu : 2 x 40’

Pendahuluan : 10’

Apersepsi : 1. Membahas PR yang sulit

Tujuan : Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan kedua yaitu :

4. Siswa dapat melukis sudut 60° dan 90° mengguinkan jangka dan penggaris

5.

Kegiatan Inti : 65’

a. Siswa mengamati cara guru melukis sudut 60° dan 90° menggunakan jangka dan penggaris

b. Siswa secara berkelompok terdiri dari 5 siswa berdiskusi mengerjakan LKS 5.3.4

c. Guru memantau kerja tiap-tiap kelompok dan membimbing siswa yang menggalami kesulitan

d. Menunjuk beberapa siswa wakil dari kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya dan kelompok yang lain menanggapinya

e. Guru memandu jalanya diskusi dan membimbing siswa untuk mengambil kesimpulan

f. Meminta siswa kembali pada tempat duduk semula dan siswa diberi tes individu dengan soal ada pada lembar penilaian

Penutup : 5’

  1. Siswa diarahkan untuk membuat rangkuman
  2. Guru dan siswa merefleksi tentang pelaksanaan pembelajaran
  3. Siswa diberi PR pada buku ajar

E. Alat dan Sumber Belajar

Buku siswa dari Dirjen, Bahan Ajar dari MGMP Matematika SMP Gresik, LKS dari MGMP Matematika SMP gresik, Buku Teks dari Erlangga, Jangka, Penggaris, dan Busur Derajat

F. Penilaian

Pertemuan : Pertama

Waktu : 10’

Aspek : Pemahaman konsep

1. Gambarlah < ABC = 50° dengan busur derajat

2. Ukurlah sudut di bawah ini dengan busur derajat


a). b).

3. Lukislah sudut yang besarnya denagan sudut yang ada pada gambar di bawah ini

Pertemuan : Kedua

Waktu : 10’

Aspek : Pemahaman konsep

1. Lukislah sudut ABC = 90° pada garis berikut ini dengan jangka dan penggaris


2. Lukislah sudut PQR = 60° melalui garis dibawah ini menggunakan jangka dan penggaris


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KD 5.4

Sekolah : SMP Negeri

Mata Pelajaran : Matematika

Kelas/ Semester : VII (tujuh) / 2 ( Dua )

Standar Kompetensi : 5. memahami hubungan garis dengan garis, sudut dengan sudut serta

menentukan ukurannya

Kompetensi dasar : 5.4 Membagi Sudut

Indikator : 1. Membagi sudut menjadi 2 sama besar

2. Melukis sudut 30°, 45°, 120° dan 150°

Alokasi Waktu : 4 Jam pelajaran ( 2 pertemuan )

A. Tujuan Pembelajaran

1. Siswa dapat membagi sudut menjadi 2 sama besar

2. Siswa dapat melukis sudut 30°, 45°, 120° dan 150°

B. Materi Ajar

1. Menggunakan penggaris dan jangka untuk membagi sudut menjadi dua sama besar

2. Menggunakan penggaris dan jangka untuk melukis sudut 30°, 45°, 120° dan 150°

C. Model dan Metode Pembelajaran

Model Pembelajaran : Koperatif

Metode : Tanya Jawab, Diskusi, pemberian Tugas

D. Langkah-Langka Pembelajaran

Pertemuan : Pertama

Waktu : 1 x 40’

Pendahuluan : 10’

Apersepsi : Membahas PR yang dianggap sulit

Tujuan : Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

1. Siswa dapat membagi sudut menjadi 2 sama

Motivasi : Jika materi ini dikuasai maka siswa dapat membuat garis bagi pada

sembarang segitiga

Kegiatan Inti :

  1. Siswa mengamati cara guru membagi sudut di papan tulis
  2. Secara mandiri siswa mengerjakan LKS 5.4.1
  3. Guru memantau pekerjaan siswa dam membimbing siswa yang mengalami kesulitan
  4. Guru menunjuk salah satu siswa untuk mempresentasikan jawabannya dan siswa yang lain menaggapai
  5. Siswa diberi tes individu dengan soal ada pada lembar penilaian

Penutup : 5’

  1. Siswa diarahkan membuat rangkuman membagi sudut
  2. Guru dan siswa merefleksi tentang pelaksanaan pembelajaran yang baru dilaksanakan
  3. Siswa diberi tugas mengerjakan soal di buku ajar

Pertemuan : Kedua

Waktu : 3 x 40’

Pendahuluan : 10’

Apersepsi : a. Menanyakan pada siswa tentang melukis sudut 60° dan 90°

b. membahas PR yang dianggap sulit

Tujuan : Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yaitu :

2. Siswa dapat melukis sudut 30°, 45°, 120° dan 150°

Motivasi : Jika materi ini dikuasai maka siswa dapat melukis sudut yang lain

misalnya : 15°, 75°, 135°, 165° dan lain-lain

Kegiatan Inti : 105’

  1. Siswa mengamati cara guru melukis sudut 30° di papan tulis
  2. Siswa mandiri mengerjakan LKS 5.4.2 soal nomor 1
  3. Guru memantau pekerjaan siswa dan membimbing siswa yang mengalami kesulitan
  4. Guru menunjuk salah satu siswa untuk mempresentasikan jawaban dan siswa yang lain menanggapi
  5. Guru mengarahkan cara melukis sudut-sudut dengan membagi sudut dan menambah sudut
  6. Siswa mandiri mengerjakan LKS 5.4.2 soal nomor 2
  7. Guru memantau pekerjaan siswa dan membimbing siswa yang mengalami kesulitan
  8. Guru menunjuk satu siswa secara acak untuk mempresentasikan jawaban dan siswa yang lain menanggapinya
  9. Siswa diberi tes individu dengan soal ada pada lembar penilaian

Penutup :5’

1. Siswa diarahkan membuat rangkuman

2. Siswa diberi PR pada buku ajar

E. Alat dan Sumber Belajar

Buku siswa dari Dirjen, Bahan ajar dari MGMP Matematika SMP Gresik, LKS dari MGMP Matematika gresik, Buku Teks dari Erlangga, Jangka dan Penggaris

F. Penilaian

Pertemuan : 1 dan 2

Waktu : 40’

Aspek : Pemahaman Konsep

1. Pada gambar di bawah, bagilah menjadi dua bagian sama besar


a.). b).

Aspek : Pemecahan Masalah

1. Dengan menggunakan jangka dan penggaris lukislah sudut yang besarnya :

a). 135° c). 165°

b). 105°

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KD 6.1

Sekolah : SMP Negeri

Mata Pelajaran : Matematika

Kelas/ Semester : VII (tujuh) / 2 ( Dua )

Standar Kompetensi : 6. Memahami konsep segiempat dan segitiga serta menetukan ukuranya

Kompetensi Dasar : 6.1 Mengindentifikasi sifat – sifat segitiga berdsarkan sisi dan sudutnya

Indikator : 1. Menjelaskan jenis – jenis segitiga berdasarkan sisi – sisinya

2. Menjelaskan jenis –jenis segitiga berdasarkan besar sudutnya

Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran

  1. Tujuan Pembelajaran :
    1. Siswa dapat menjelaskan jenis –jenis segitiga berdasarkan sisi – sisinya
    2. Siswa dapat mejelaskan jenis- jenis segitiga berdasarkan besar sudutnya

B. Materi Ajar

a. Mendiskusikan jenis –jenis segitiga berdasarkan sisi – sisinya dengan menggunakan model segitiga

b. Mendeskusikan jenis jenis segitiga berdasarkan besar sudutnya dengan menggunakan model segitiga

C .Model dan Metode Pembelajaran

a. Model : Kooperatif STAD

b. Metode : Tanya jawab , diskusi dan pemberian tugas

D . Langka – langka Pembelajaran

Pendahuluan : ( 10 menit )

Apersepsi : a. Menanyakan pada siswa bentuk – bentuk segitiga yang ada dilam kehidupan sehari – sehari

b. Membahas PR yang sulit

Motivasi : Jika materi ini dikuasai dengan baik maka siswa akan dapat menyelesaikan permasalahan sehari – hari .

Kegiatan initi : ( 65 menit )

a. Degan tannya jawab guru menjelaskan cara menggambar segitiga berdasarkan sisi –sisinya

b. Siswa secara berpasangan mengerjakan LKS 6.1.1

c. Guru mengawasi jalanya diskusi dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan

d. Diambil secara acak wakil dari pasangan untuk mempersentasikan jawaban dan siswa yaang lain menanggapi

e. Siswa secara berpasangan mengerjakan LKS 6.1.2

f. Guru mengawasi jalanya diskusi dan megarahkan siswa yang mengalami kesulitan

g. Di ambil secara acak wakil dari pasangan untuk mempersentasikan hasil kerjanya yaitu meyebutkan jenis – jenis segitiga berdasarkan besar sudutnya

h. Siwa diberi tes individu dengan soal ada pada lembar penilaian.

Penutup : ( 5 menit )

a. Siswa diarahkan untuk membuat rangkuman

b. Guru dan siswa merefleksi tentang pelaksanaan pembelajaran yang baru dilaksanakan

c. Guru memberi PR

E. Alat dan Sumber

Buku siswa dari Dirjen, Bahan Ajar dari MGMP Matematika SMP Gresik, LKS dari MGMP, jangka dan penggaris dan busur derajad

F. Penilaian

Waktu : 15 menit

Teknik : Tes

Bentuk instrumen : Tertulis (urian )

Aspek : Pemahaman konsep

1. Dari segitiga ABC , jika di ketahui AB = BC , segitiga ABC merupakan segtiga........................

2. Pada segitiga di samping panjang sisi AC = BC jika sudut C = 80 maka tentukan :

a. < style="position: relative; top: 5pt;">

b. <>

c. Jenis- jenisnya

Aspek : Penalaran dan Komonikasi

3.Gambarlah segitiga PQR sama kaki jika di ketahui PQ = 6 cm

4. Dapatkah segitiga sama kaki merupakan segitiga lancip ? jelaskan

Aspek : pemecahan Masalah

5. a. Ada berapa pasang segitiga

sama sisi yang kongruen

b. Sebutkan sisi yang panjang

sama dengan sisi OA

c. Sebutkan sudut –sudut yang

sama besar denga sudut OAB

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KD 6.2

Sekolah : SMP Negeri

Mata Pelajaran : Matematika

Kelas/ Semester : VII (tujuh) / 2 ( Dua )

Standar Kompetensi : 6. Memahami konsep segi empat dan segitiga serta menetukan ukuranya

Kompetensi Dasar : 6.2 Mengindentifikasi sifat – sifat persegi panjang , persegi , trapisium , jajaran genjang , belah ketupat dan layang - layang

Indikator : 1. Menjelaskan pengertian persegi panjang, persegi , trapisium, jajaran genjang , belah ketupat dan layang – layang menurut sifatnya

2. Menjelaskan sifat – sifat segi empat di tijau dari sisi , sudut , dan diagonalnya

Alokasi Waktu : 4 jam Pelajara

A. Tujuan Pembelajaran :

1. Siswa dapat menggunakan lingkungan untuk mendiskusikan pengertian persegi panjang , persegi , trapisium , jajaran genjang , belah ketupat dan layang – layang menurut sifatnya

2 Siswa dapat mendiskusikan sifat – sifat segi empaat ditinjau dari diagonal , sisi , dan sudutnya

B. Materi Ajar

a. Menggunakan lingkungan untuk mendeskusikan pengertian persegi panjang , persegi , trapisium , jajaran genjang , belah ketupat dan layang – layang menurut sifatnya

b. Mendiskusikan sifat – sifat segi empat ditinjau dari diagonal, sisi dan sudutnya

C. Model dan Metode Pembelajaran

a. Model : Kooperatif Jigsaw

b. Metode : Tanya jawab , diskusi dan pemberian tugas

D. Langka – langka Pembelajaran

Pertemuan Pertama

Waktu : 2 x 40 menit

Pendahuluan ( 10 menit )

Apersepsi : a. Menayakan kepada siswa coba sebutkan di ruang kelasmu benda yang berbentuk segi empat

b. Membahas PR yang sulit

Memotifasi : Jika materi ini di kuasai dengan baik maka siswa akan dapat menjelaskan tentang bangun segi

Kegiatan inti : ( 65 menit )

a. Dengan tanya jawab siswa di suruh menyebutkan benda – benda yang ada di sekitarmu yang berbentuk segi empat

b. Siswa di bentuk kolompok tiap kelompok terdri dari 5-6 orang anggota

c. Tiap kelompok mengerjakan LKS 6.2.1

d. Guru mengawasi jalanya diskusi dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan

e. tiap – tiap ketua kelompok menmpersentasikan hasil diskusinya

f. siswa yang lain memoerhatikan

g. Hasil diskusinya di panjang di depan kelas , siswa yang lainya berbelanja

h. siswa diberi tes individu dan soal pada lembar penilaian

Penutup ( 5 menit )

a. Siswa diarahkan membuat rangkuman

b Guru dan siswa merefleksi tentang pelaksanaan pembelajaran yang baru di laksana

c. Guru memberi PR

Pertemuan Kedua

Waktu : 2x 40 menit

Pendahuluan : ( 10 menit )

Apersepsi : a. Dengan tanya jawab siswa di suruh menyebutkan bangun segi empat yang ada dalam kelasmu dan berapa banyak sudutnya

b. Membahas PR yang sulit

Motivasi : Di harapkan siswa bisa menyebutkan segi empat di dalam kehidupan sehari – hari , jika sisi dan sudut di ketahui

Kegitan Inti ( 65 menit )

a. Siswa dibagi menjadi 7 kelompok , masing –masing kelompok terdiri dari 6 siswa

( kelompok asal )

b. Masing masing kelompok diberi 6 tugas yang berbeda, anggota pertama mengerjakan tugas no 1. berkumpul, anggota ke dua mengerjakan tugas no 2 dan seterusnya sampai anggota ke enam mengerjakan tugas no. 6

c. Anggota yang mengerjakan tugas no. 1 berkumpul dengan anggota yang mengerjakan tugas no.1 sampai tugas no. 6 berkumpul denga tugas no. 6 ( di sebut kelompok ahli )

d. Kelompok ahli kembali ke kelompok asal, untuk menjelaskan hasil diskusinya

e. Semua kelompok asal mencatat hasil kerja dari semua tugas

f. Guru memberi penilaian dari hasil kerja kelompok ahli dan hasil kerja kelompok di pajang dipapan tulis

Penutup ( 5 menit )

a. Siswa diarahkan untuk merangkum

b. Guru dan siswa merefleksi tentang pelaksanaan pembelajaran

c. Siswa di beri tugas PR

F. Penilaian

Pertmuan pertama

Waktu : 15 menit

Tehnik : Tes

Bentuk instrumen : Tes tulis

Aspek : Pemahaman Konsep

1.

Pada segi empat di atas sebutkan :

a. Nama masing – masing segi empat tersebut

b. Sifat dari segi empat tersebut

Aspek : Pemecahan Masalah

2. Pada belah ketupat ABCD , jika panjang sisi AB = ( 5x – 3 ) cm dan

DC = ( 2x + 5 ) cm

Tentukan sisi belah ketupat tersebut

Pertemuan kedua

Waktu : 15 menit

Tehnik : Tes

Bentuk Instrumen : Tertulis

Aspek :Pemahaman konsep

1.Pada jajaran genjang ABCD yang diagonal – diagonalnya berpotongan O di ketahui : AB = 8 cm , BC =6 cm dan BD = 7 cm serta < bad =" 58


Tentukan:

a. panjang garis AD

b. Panjang garis CD

c. <>

d. <>

Aspek : Penalaran dan Komunikasi

2.Apakah segi empat ABCD suatu jajaran genjang jika :

< bcd =" 120 , < cda =" 65 dan < dab =" 115 ? Beri alasanya

Aspek : Pemecahan Masalah

3. Tentukan nilai x dan y pada jajaran genjang berikut :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KD 6.3

Sekolah : SMP Negeri

Mata Pelajaran : Matematika

Kelas/ Semester : VII (tujuh) / 2 ( Dua )

Standar Kompentesi : 6. Memahami konsep segi empat dan segi tiga serta menentukan ukurannya.

Kompetensi Dasar : 6.3. Menghitung keliling dan luas bangun segitiga dan segiempat serta menggunakannya alam pemecahan masalah

Indikator : 1. Menurunkan rumus keliling bangun segitiga dan segiempat.

2. Menurunkan rumus luas bangun segitiga dan segiempat.

3. Menurunkan rumus luas bangun jajargenjang, trapesium, belh ketupat dan layang-layang.

4. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan menghitung keliling dan luas bangun segitiga dan segiempat.

Alokasi waktu : 8 ( delapan ) Jam Pelajaran ( 4 prtemuan )

A. Tujuan Pembelajaran :

1. Siswa dapat menurunkan rumus keliling bangun segitiga dan segiempat.

2. Siswa dapat menurunkan rumus luas bangun egitiga dan segiempat.

3. Siswa dapat menurunkan rumus luas bangun jajargenjang, trapesium, belh ketupat dan layang-layang.

4. Siswa dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan menghitung keliling dan luas bangun segitiga dan segiempat.

B. Materi Ajar :

a. Menggunakan berbagai segitiga dan segiempat yang diketahui panjang sisinya, mengitung jumlah panjang sisinya.

b. Menggunakan segiempat, sifat-sifat segiempat, sifat-sifat segitiga

c. Dengan menggunakan bangun segiempat lainnya.

d. Dengan menggunakan rumus keliling dan luas sgitiga dan segiempat untuk menyelesaikan kehidupan sehari-hari.

C. Model dan Metode Pembelajaran

a. Model : Think Pare and Share

Koperatif Jigsaw

b. Metode : Tanya jawab, diskusi dan pemberian tugas.

D. Langkah-langkah pembelajaran

Pertemuan Pertama

Waktu : 2 x 40’

Pendahuluan : ( 10’ )

Apersepsi : a. Menanyakan kepada siswa secara acak tentang rumus keliling bangun segitiag dan segiempat.

b. Membahas PR yang sulit

Tujuan : Guru menyampaikan tujuan pembelajaan pada pertemuan pertama yaitu

1. Siswa dapat menentukan rumus keliling bangun seitiga dan segiempat.

Motivasi : Jika materi ini dikuasai dengan baik maka siswa akan dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari, misalnya menghitung keliling pekarangan rumah, menghitung keliling bangunan rumah dll.

Kegiatan Inti : ( 65’ )

a. Dengan Tanya jawab siswa diminta menyebutkan bebrapa contoh benda disekitarnya yang mempunyai bentuk bangunan segitaiga dan segiempat.

b. Guru menunjukkan kepada siswa bangun segitiga maupun segiempat, baik yang punya daerah maupun yang hanya rangkanya saja.

c. Guru lebih menekankan pada bengun yang haya punya rangka.

d. Siswa secara berpasangan mengerjakan LKS 6.3.1

Penutup : ( 5’ )

a. Siswa diarahkan untuk membuat angkuman.

b. Guru dan siswa merefleksi pelaksanaan pembelajaran hari ini.

c. Guru memberi PR hal 65 no 1, hal 106 no 3 buku ajar.

Pertemuan Kedua

Waktu : 2 x 40’

Pendahuluan : ( 10’ )

Apersepsi : a. Dengan Tanya jawab siswa diingatkan kembali tentang bangun segitiga yang mempunyai daerah .

b. Membaha PR yang sulit.

Tujuan : Guru menyampaikan tujuan pembelajaan pada pertemuan pertama yaitu:

2. Siswa dapat menurunkan rumus segiempat dan segitiga.

Kegiatan Inti : ( 65’ )

a. Dengan cara menunjuk siswa secara acak guru menyuruh siswa untuk menyebutkan benda-benda yang aa disekitarnya yang menyerupai bangun segiempat.

b. Guru menunjukkan kepada siswa bangunsegiempat yang memiliki daerah.

c. Siswa secara berpasangan mengerjakan LKS 6.3.2.1

d. Guru mengawasi jalannya diskusi dan mengaahkan siswa yang mengalami kesulitan.

e. Diambil secara acak wakil dari pasangan untuk mempresentasikan jawaban dan siswa yang lain menanggapi.

f. Siswa secara berpasngan mengerjakan LKS 6.3.2.2

g. Guru mengawasi jalannya diskusi dan mengahkan siswa yang mengalami kesulitan.

h. Diambil secara acak wakil dari pasangan untuk mempresentasikan hasil kerjanya.

Penutup : ( 5’ )

a. Siswa diarahkan untuk membuat angkuman.

b. Guru dan siswa merefleksi pelaksanaan pembelajaran hari ini

c. Guru memberi PR hal 66 no. 4 dan hal 106 no 4,5,6

Pertemuan Ketiga

Waktu : 2 x 40’

Pendahuluan : ( 10’ )

Apersepsi : a. Menanyakan kepada siswa secara acak tentang bangun segiempat lain selain persegi dan persegi panjang.

b. Membahas PR yang sulit.

Tujuan : Guru menyampaikan tujuan pembelajaan pada pertemuan pertama yaitu:

3. Siswa dapat menurunkan rumus luas bangun jajargenjang, trapesium, layang-layang, belah ketupat.

Kegiatan Inti : ( 65’ )

a. Dengan menggunakan LKS 6.3.3 siswa secara berpasangan menghitung luas bangun jajargenjang, trapesium, layang-layang dan belah ketupat.

b. Guru mengawasi jalannya diskusi dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.

c. Diambil secara acak wakil dari kelompok pasangan untuk menyajikan hasil diskusinya.

d. Kelompok yang yang lain menanggapi.

Penutup : ( 5’ )

a. Siswa diarahkan untuk membuat angkuman

b. Guru dan siswa merefleksi pelaksanaan pembelajaran hari ini

c. Siswa diberi PR buku ajar hal 73 no 1, hal 78 no 1 hal 82 no 3 hal 85 no 3

Pertemuan keempat

Waktu : 2 x 40’

Pendahuluan : ( 10’ )

Apersepsi :a. Dengan Tanya jawab siswa diingatkan tentang rumus keliling dan luas segiempat dan segitiga.

b. Membahas PR yang sulit

Tujuan : Guru menyampaikan tujuan pembelajaan pada pertemuan pertama yaitu

4. Siswa dapat menyelesaikan yang bekaitan dengan menghitung keliling dan luas bangun segitiga dan segiempat.

Kegiatan Inti : ( 65’ )

a. Siswa dibagi menjadi 7 kelompok masing-masing kelompok terdiri dari 4 siswa ( kelompok awal )

b. Masing-masing kelompok diberi 4 soal yang berbeda, anggota pertama mengerjakan tugas no 1, anggota kedua mengerjakan soal no 2, anggota ketiga mengerjakan soal no 3, dan anggota keempat mengerjakan soal no 4.

c. Anggota yang mengerjakan tugas no 1 berkelompok dengan anggota yang mengerjakan tugas no 1 dari kelompok lain. ( kelompok ahli )

d. Guru mengawasi jalannya diskusi dan mengarahkan pada siswa yang mengalami kesulitan.

e. Setelah semua anggota kelompok ahli mengerti tentang tugas masing-masing, maka tiap anggota kelompok awal untuk menjelaskan hasil diskusi dari kelompok ahli ke kelompok awal.

f. Semua anggota kelompok awal mencatat hasil kerja dari semua tugas.

g. Guru memberi penilaian dari hasil kerja dari kelompik ahli dan hasil kerja kelompok dipajang.

Penutup : ( 5’ )

a. Siswa diarahkan untuk membuat angkuman

b. Guru dan siswa merefleksi pelaksanaan pembelajaran hari ini

c. Siswa diberi PR buku ajar hal

E. Alat dan Sumber Belajar

Buku siswa dari Dirjen, buku ajar dari MGMP matematika SMP Gresik, LKS dan MGMP matematika SMP Gresik, Buku Teks dari Erlangga , buu petak, penggaris, model bangun datar segitiga dan segiempat dari karton.

F. Penilaian

Pertemuan pertama

Waktu : 15’

Tehnik : Tes

Bentuk Instrumen : Tertulis ( uraian )

Aspek : Pemahaman Konsep

1. Hitunglah keliling segitiga berikut !

a. b.

2. Hitunglah keliling segiempat berikut !

a. b.

Aspek : Pemecahan masalah

1. Hitunglah panjang sisi PQ jika keliling segitiga PQR 14 cm?

Pertemuan kedua

Waktu : 15’

Tehnik : Tes

Bentuk Instrumen : Tertulis ( uraian )

Aspek : Pemahaman Konsep

1. Tentukan luas daerah persegi panjang PQRS seperti gambar berikut !

2. Tentukan luas daerah segitiga KLM seperti gambar berikut !


Aspek : pemecahan masalah

1. Hitunglah luas daerah yang diarsir !


Pertemuan ketiga

Waktu : 20’

Tehnik : Tes

Bentuk instrumen : Tertulis (uraian)

Aspek : Pemahaman Konsep

1. Hitunglah luas daerah bangun berikut !

a. b.

c. d.

Pertemuan keempat

Waktu : 40’

Tehnik : Tes

Bentuk Instrumen : Tertulis ( uraian )

Aspek : Pemecahan masalah

1. Sebuah persegi panjang kelilingnya sama dengan keliling persegi , jika panjang sisi persegi 15 cm dan lebar persegi panjang 18 cm, berapakah panjang persegi panjang tersebut ?

2. Sebuah taman berbentuk persegi panjang dengan ukuran panjang 8 cm dan lebar 6 cm. Taman tersebut akan ditanami rumput yang harganya Rp 50.000,00 permeter. Hitunglah biaya yang diperlukan untuk membeli rumput ?

3. Panjang garis sejajar pada trapesium sama kaki adalah 12 cm dan 18 cm. Jika luasnya 60 cm 2 . Berapa keliling trapesium tersebut?

4. Perhatikan gambar jajar genjang ABCD tersebut !

Text Box: Panjang AB = 9 cm Panjang DF = 8 cm	 panjang FB  = 12 cm Hitunglah keliling jajargenjang tersebut !

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KD 6.4

Sekolah : SMP Negeri

Mata Pelajaran : Matematika

Kelas/ Semester : VII (tujuh) / 2 ( Dua )

Standar Kompetensi : 6. Memahami konsep segiempat dan segitiga seerta menentukan ukurannya.

Kompetensi Dasar : 6.4. Melukis segitiga , garis tinggi, garis bagi, garis berat dan garis sumbu.

Indikator : 1. Melukis segitiga yang diketahui tiga sisinya, dua sisi satu sudut apitnya atau satu sisi dan dua sudut apitnya.

2. Melukis segitiga sama sisi dan segitiga sama kaki

3. Melukis garis tinggi, garis bagi, garis berat dan garis sumbu.

Alokasi Waktu : 6 jam pelajaran ( 3 pertemuan )

A. Tujuan Pembelajaran

1. Siswa dapat melukis segitiga yang diketahui tiga sisinya, dua sisi satu sudut apitnya atau satu sisi dan dua sudut apitnya.

2. Sisiwa dapat melukis segitiga sama sisi dan segitiga sama kaki

3. Siswa dapat melukis garis tinggi, garis bagi, garis berat dn garis sumbu.

B. Materi Ajar

a. Melukis segitiga bila diketahui tiga sisinya, dua sisi satu sudut apitnya, satu sisi dua sudut apitnya.

b. Melukis segitiga sama sisi dan sama kaki

c. Melukis garis tinggi, garis bagi, garis barat, dan garis sumbu.

C. Model dan Metode Pembelajaran

a. Model : Think Pare and Share

b. Metode : Tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas

D. Langkah-langkah pembelajaran

Petemuan Pertama

Waktu : 2 x 40’

Pendahuluan : ( 10’ )

Apersepsi : a. Menanyakan pada siswa secara acak tentang melukis segitga yang diketahui tiga sisinya, dua sisi satu sudut apit atau satu sisi dua sudut apitnya.

b. Membahas PR yang sulit

Tujuan : Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan pertama, yaitu:

1. Siswa dapat melukis segitiga yang diketahui tiga sisinya, dua sisi dan satu sudut apitnya atau satu sisi dua sudut apitnya.

Kegiatan Inti ; 65’

a. Dengan cara demontrasi guru menjelaskan cara melukis segitiga yang diketahui tiga sisinya, dua sisi satu sudut apit atu satu sisi dua sudut apitnya.

b. Siswa secara berpasangan mengerjakan LKS 6.4.1

c. Guru mengawasi jalannya diskusi dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.

d. Diambil secara acak wakil dari pasangan untuk mempresentasikan jawaban dan siswa yang lain menanggapi

Penutup : ( 5’ )

a. Siswa diarahkan untuk membuat rangkuman

b. Guru dan siswa meefleksi tentang pelaksanaan pembelajaran yang baru dilaksanakan

c. Guru memberi PR

Pertemuan kedua

Waktu : 2 x 40’

Pendahuluan : ( 10’ )

Apersepsi : a. Dengan Tanya jawab siswa diingatkan tentang sifat segitiga sama sisi dan sama kaki

b. Membahas PR yang sulit.

Tujuan : Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan pertama, yaitu:

2. Sisiwa dapat melukis segitiga sama sisi dan segitiga sama kaki

Kegiatan Inti : ( 65’ )

a. Dengan menggunakan LKS 6.4.2 siswa secara bepasangan melukis segitiga sama sisi dan sama kaki

b. Guru mengawasi jalannya diskusi dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan

c. Diambil secara acak wakil dari pasangan untuk mempresentasikan jawaban dan siswa yang lain menanggapi

d. Siswa diberi tes individu

Penutup : ( 5’ )

a. Siswa diarahkan untuk membuat rangkuman

b. Guru dan siswa meefleksi tentang pelaksanaan pembelajaran yang baru dilaksanakan

c. Guru memberi PR

Pertemuan ketiga

Waktu : 2 x 40’

Pendahuluan : ( 10’ )

Apersepsi :a. Menanyakan pada siswa secara acak tentang garis tinggi, garis bagi, garis berat dn garis sumbu

b. Membahas PR yang sulit

Tujuan : Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan pertama

3. Siswa dapat melukis garis tinggi, garis bagi, garis berat dan garis sumbu

Kegiatan Inti : ( 65’ )

a. Dengan cara Tanya jawab guru menjelaskan cara melukis garis tinggi, garis bagi, garis berat dan garis sumbu.

b. Siswa secara berpasangan mengerjakan LKS 6.4.3

c. Guru mengawasi jalannya diskusi dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan

d. Diambil secara acak wakil dari pasangan untuk mempresentasikan jawaban dan siswa yang lain menanggapi

e. Siswa diberi tes individu

Penutup : ( 5’ )

a. Siswa diarahkan untuk membuat rangkuman

d. Guru dan siswa meefleksi tentang pelaksanaan pembelajaran yang baru dilaksanakan

b. Guru memberi PR

E. Alat dan Sumber

Buku siswa dari Dirjen, buku ajar dari MGMP matematika SMP Gresik, LKS dari MGMP matematika SMP Gresik, buku teks dari erlangga, jangka, penggaris dan busur derajat.

F. Penilaian

Pertemuan Pertama

Waktu : 15’

Tehnik : Tes

Bentuk Instrumen : Tertulis ( uraian )

Aspek : Pemahaman Konsep

1. Lukislah ∆ ABC yang panjang sisinya AB = 4 cm, BC = 3 cm dan AC = 5 cm

2. Lukislah ∆ PQR dengan ketentuan PQ = 3 cm, QR = 4 cm dan Ð PQR = 500

3. Lukislah ∆ KLM dengan ketentuan KL = 3 cm, ÐMKL = 450 dan Ð KLM = 700

Pertemuan Kedua

Waktu : 15’

Tehnik : Tes

Bentuk Intrumen : Tertulis ( uraian )

Aspek : Pemahaman Konsep

1. Lukislah ∆ ABC sama sisi yang panjang sisinya 5 cm

2. Lukislah ∆ DEF sama kaki dengan ketentuan DE = 4 cm, EF = 4 cm, DF = 5 cm

Pertemuan ketiga

Waktu : 15’

Tehnik : Tes

Bentuk Instrumen : tertulis ( Uraian )

Aspek : Pemahaman Konsep

1. Pada ∆ ABC disamping , lukislah garis tinggi dari titik B

2. Gambarlah ∆ PQR tumpul di P, kemudian lukislah garis berat dari titik sudut Q.

Aspek : Penalaran dan Komunikasi

1. Gambarlah ∆ ABC lancip, kemudian lukislah garis bagi Ð A

2. Pada ∆ DEF sebarang, lukislah garis sumbunya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar