Blog ini berisi tentang kiat menuju sukses Anda

Rabu, 23 Juni 2010

Sukreni Gadis Bali

Summary:sukarto
Dalam cerita ini pengarang mengisahkan nasib malang yang di derita oleh seorang gadis bali bernama Sukreni.Pada awalnya nama Sukreni waktu kecil adalah Ni Widi.Sukreni adalah anak Men Negara,seorang perempuan anak orang kaya dari Karang Asem dan telah bersuami dengan I Nyoman Raka.Ketika Ni Widi (Sukreni ) masih berumur delapan bulan Men Negara meninggalkannya.Ia meninggalkan suami anak dan orangtuanya.

Dari pengembaran Men Negara tibalah Ia di desa Bingin Banjah.Di sinilah Dia berrsuami dan mempunyai anak gadis bernama Ni Negari. Karena kecntikan anaknya tersebut, Men Negara memanfaatkan anaknya untuk menunggu warung .Warung Men Negara laris sekali, hal ini karena salah satu sebabnya adalah ditunggu oleh Men Negari anaknya tersebut.

Melihat kecantikan Ni Negari ,I Gusti Made Tusan salah satu pelanggan warung dan juga seorang kaya di kampong terebut mencintai Ni Negari.Tetapi sayang Ni Negari tidak suka kepadanya.

Pada suatu hari Men Negara kedatangan tamu, yaitu I Made Samba dan Sukreni. Melihat Sukreni yang mempunyai wajah lebih cantik dari Ni Negari timbul niat jahat I Made Tusan untuk memperangkap Sukreni..

Oleh Men Negara Sukreni disuruh menginap di warungnya.Sukreni diminta tidur bersama Ni negari anaknya.Rupanya sebelum itu Men Negara telah disuap oeh I Made Tusan,yang memeng menginginkan Sukreni tersebut.Karena akal busuk Men Negara dan I Made tusan tersebut, maka di warung tersebut I Made Tusan berhasil merusak kehormatan Sukreni..

Karena malu,maka Sukreni meninggalkan tempat terkutuk tersebut tanpa sepengetauan Men Negara menuju Singaraja, menumpang di sebuah milik orang Tionghoa.Di situ ia mengubah namanya menjadi Ni Made Sari, agar orang tidak mengenalnya lagi.

Setelah kejadian tersebut,,paginya I Sudiana teman menginap Sukreni menceritakan kepada Men Negara, bahwa sesungguhnya Sukreni adalah Ni Widi, anak Men Negara Sendiri.Mendengar penjelasan tersebut bukan main menyesalnya Men Negara.Karena ia telah mencelakakan anaknya sendiri.

Kabar tentang Sukreni yang telah ternoda tersebut sampailah kepada orangtuanya.Mula-mula Sukreni diusir dari keluarganya,karena dituduh telah berbuat nista atas kemauannya sendiri.Tetapi setelah mengetahui bahwa perbuatan tersebut merupakan paksaan dari I Made Tusan,akhirnya timbul rasa iba orangtua Sukreni,sehingga ia disuruh pulang.

Dikisahkan pula perbuatan terkutuk I made Tusan mengakibatkan Sukreni melahirkan seorang anak laki-laki yang diberi nama I gustam. Gustam mempunyai perangai tidak baik.Pekerjaannya adalah berjudi dan mengadu ayam. Sekolahnya ditinggalkan.Ketika umurnya Sembilan belas tahun ia dihukium karena mencuri di sebuah warung milik orang tionghoa di Singaraja.Ketika anaknya dihukum itulah Sukreni berniat pulang kerumah orangtuanya. Karena kesedihannya memikirkan anaknya tersebut akhirnya Sukreni meninggal dunia.

Sementara itu I gustam di dalam penjara berkenalan dengan orang-orang jahat yang suka merampok.Keluar dari tahanan Gustam melakukan perampokan-perampokan di mana –mana. Pada suatu kesempatan rumah yang dirampok oleh Gustam dan kawan-kawan adalah rumah Men Negara.Kebetulan saat itu yang menjaga adalah I Made Tusan. Rumah Men Negara dibakar.Terjadilah pertempuran hebat.anta I Gustam dan I Made Tusan. I Gustam tertembak olejh Made Tusan sehingga meninggal dunia.Sebaliknya I Made Tusan terluka parah oleh parang I Gustam. Sebelum I Made Tusan meninggal karena lukanya,ia mendengar suara dari Made Asman, anak buahnya bahwa I Gustam yang dia bunuh itu adalah anaknya sendiri. I made Tusan merangkul anaknya, karena lukanya yang parah I Made Tusan pun akhirtnya menyusul meninggal dunia.

Sukreni Gadis Bali Originally published in Shvoong: http://id.shvoong.com/books/novel-novella/2011035-sukreni-gadis-bali/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar