Blog ini berisi tentang kiat menuju sukses Anda

Rabu, 23 Juni 2010

Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah

Summary:sukarto
Buku ini mempersembahkan berbagai konsep penelitian dan ulasan tentang kreativitas,bakat dan keberbakatan.Terutama bagi anak usia sekolah,tetapi dapat juga digunakan bagi anak yang lebih besar atau lebih kecil.

Secara berurutan dikemukakan tentang masa perkembangan anak sekolah yang berkisar antara 6 tahun samapai 13 tahun, yaitu masa usia sekolah dasar.Ciri-ciri khas, perkembangan anak sekolah ditinjau dari perkembangan fisik, emosi social, mental intelektual,moral minat dan kepribadian.

Konsep-konsep bakat,intelegensi kemampuan dan prestasi serta cara-cara mengidentifikasi atau menelusuri anak berbakat yang meliputi langkah-langkah;pengertian anak berbakat,cirri-ciri anak berbakat,penentuan alat identifikasi,penentuan sumber identifikasi lainnya,prosedur pelaksanaan penelusuran,pengambilan keputusan dan pertemuan dengan orangtua anak berbakat.

Pada bagian berikutnya dibahas mengenai pentingnya kreatifitas dalam hidup manusia serta bagaimana meningkatkannya dalam system pendidikan.Sehubungan dengan masalah tersebut dikemukakan beberapa aspek dari pengertian kreativitas sebagai cara berpikir dan cirri-ciri afektif dan kreativitas.

Peran pendidik dalam memupuk bakat dan kreativitas anak juga tidak terlepas dari pembahasan.Disamping itu persyaratan professional dan kepribadian bagi tenaga-tenaga kependidikan yang mempunyai tanggungjawab membina anak-anak berbakat dikupas tuntas.

Selain masalah di atas diuraikan juga mengenai cara-cara belajar dan mengajar kreatif, bagaimana guru dapat menciptakan lingkungan di dalam kelas yang merangsang belajar kreatif..Beberapa metode dan teknik kreatif yang dapat digunakan pendidik,serta membahas beberapa model belajar mengajar.Dengan memahami beberapa model dan menerapkannya di dalam kelas,guru dapat semakin takin akan keberadaannya.

Buku dengan tebal 216 ini diakhiri dengan merangkum tentang pembahasan sebelumnya,serta program bimbingan dan penyuluhan anak berbakat, antara lain dengan melihat masalah anak berbakat yang tidak bermotivasi untuk berprestasi.

Kehadiran buku ini tepat kiranya karena sampai saat ini anak berbakat termasuk kelompok anak yang belum mendapat perhatian secara maksimal.

Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah Originally published in Shvoong: http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2013546-mengembangkan-bakat-dan-kreativitas-anak/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar