Blog ini berisi tentang kiat menuju sukses Anda

Rabu, 23 Juni 2010

Pengajaran Remedial

Summary:sukarto
Buku karya Mukhtar tebal 100 halaman ini,mengulas tuntas pokok-pokok masalah di seputar pengajaran remedial,factor-faktor penyebab dan kesulitan belajar, serta aplikasi pengajaran remedial dalam proses pembelajaran.

Program remedial merupakan salah satu bentuk kegiatan perbaikan yang dilakukan untuk mengidentifikasi siswa yang mengalami kesulitan belajar,yang memerlukan bantuan akibat adanya kesulitan,kekurangan,kelemahan atau kegagalan dalam pembelajaran.Dalam program remedial ini, paling tidak seorang guru harus melihat fakta yang menunjukkan penyimpangan dari hal-hal biasa, berusaha, mencari sebab-sebab yang memungkinkan siswa tertinggal atau mendapatkan kesultan belajar,berusaha mengurangi ketertinggalan, serta memperbaikinya.

Usaha perbaikan ini dilakukan dengan lebih mudah jika memggunakan alat-alat atau teknik,baik berupa teknik observasi,angket,wawancara,meneliti ulang siswa yang memiliki tugas kelompok,penggunaan buku rapor,kunjungan ke rumah siswa,penelitian kesehatan siswa,maupun penggunaan tes psikologi.

Kemampuan seorang guru dalam mengadakan program perbaikan ditentukan oleh berbagai factor,baik factor guru yang memberikan program perbaikan maupun minat dan kemauan sioswa yang mengikuti program ini.Semakin besar kemauan dalam menyelesaikan persoalan kesulitan belajar ini,maka semakin dapat diharapkan bahwa program remedial yang dilakukan akan berjalan dengan efektif dan efisien.

Diharapkan kehadiran buku ini bisa menambah wawasan para pendidik,serta wawasan bagi generasi muda yang berkualitas dimasa mendatang.

Pengajaran Remedial Originally published in Shvoong: http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2016012-pengajaran-remedial/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar