Blog ini berisi tentang kiat menuju sukses Anda

Rabu, 23 Juni 2010

Robert Anak Surapati

Summary:sukarto
Pada bagian awal dikisahkan bahwa Robert adalah anak Van Reijn seorang warga Belanda.Namun Reijn bukanlah ayah kandung Robert.Reijn mendapatkan Robert ketika dalam perjalanan dengan kapal dari Jawa menuju Belanda,dia menemukan Ibu Robert sakit hingga meninggal dunia .Sejak saat itulah Robert diasuh oleh Van Reijn.

Pada waktu Robert hidup bersama Reijn, Pola hidupmya penuh glamor,pesta,berkelahi adalah hal biasa.Termasuk bergaul dengan wanita.Pada suatu saat di Villa Sukamanah,Robert bertemu dengan seorang gadis bernama Digna. Digna adalah anak kapten Tack yang terbunuh saat menghadapi pasukan Surapati di pulau Jawa. Digna akhirnya menjadi pacar Robert.

Sejak kematian Van Reijn,kehidupan Robert berubah drastis Tidak ada pesta,tidak ada harta.Bahkan oleh saudara Van Reijn,Robert diusir karena tidak mempunyai hak di dalam rumah tersebut.Saat itu juga Robert diberi surat wasiat peninggalan Suzane ibunya.Sejak saat itulah Robert tahu bahwa Reijn, bukanlah ayah kandungnya.

Untuk menebus kekecewaannya, Robert rela menjual kepala atau menjadi mata-mata Belanda yang dikirim ke tanah Jawa.Tanpa disengaja dalam perjalanan ke Jawa tersebut Robert bertemu dengan Digna mantan pacarnya. Sayang Digna sudah mempunyai suami bernama Vorneman.Dalam pertemuan berkutnya, Robert mendapatkan banyak hasutan dari Digna agar memberantas pasukan Surapati yang telah menyengsarakan pasukan Belanda.Termasuk kematian Ayahnya.

Atas hasutan tersebut,akhirnya Robert rela menyamar menjadi seorang pedagang untuk bisa masuk ke markas pasukan Surapati.di Pasuruan . Penyamaran Robert diketahui.Robert tertangkap dan ditahan oleh anak buah Surapati.Di sinilah diketahui bahwa ternyata Robet adalah anak kandung Surapati bersama Suzane istrinya. Berbagai macam cara membujuk Robert untuk ikut kepadanya tidak mempan.Bahkan Raden Gusik iustri Surapati juga ikut merayu Robert.Sayang rayuan tersebut tidak meluluhkan hati Robert yang lebih suka bergabung denan Belanda.

Dalam suatu serangan,Surapati terluka,sebelum meninggal dunia ia ingn menyatukan Robert dengan Pengantin anaknya.,namun sampai Surapati meninggal Robert juga tetap pada pendiriannya.

Setelah peristiwa tersebut Robert bermaksud ke Batavia,erlebih dahulu singga di Surabaya.Ketika sampai di Batavia, Robert menemui Digna yang waktu itu dalam kesedihan, karena baru tiga bulan Dia ditinggal mati oleh suaminya.

Robert Anak Surapati Originally published in Shvoong: http://id.shvoong.com/books/novel-novella/2016450-robert-anak-surapati/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar