Blog ini berisi tentang kiat menuju sukses Anda

Rabu, 23 Juni 2010

Salah Pilih

Summary:sukarto
Buku dengan tebal halaman 231 ini dibagi menjadi duapuluh bab ,dimulai dengan mengisahkan tentang Ibu dan anak angkat, adik dengan anak, anak dan ibu, minta nasihat, perbedaan perangai, mengantar sirih, ibu Mariah dan Asnah, dalam suasana bertunangan, sesudah kawin,menantu pilihan, tak mau duduk serampangan, pengaduan anak dan penerimaan ibu, sesal dan cedera, petuah orang yang akan meninggal, berguncang iman, pengakuan, kecelakaan, cara kampong, cinta lebih berharga daripada harta, serta diakhiri dengan penutup pada bab duapuluh.

Tokoh utamanya adalah Asri,seotang anak laki-laki yang masih keturunan bangsawan di Mingangkabau.Sejak usia yang masih muda Asri sudah ditinggal mati oleh ayahnya.Ia diasuh oleh ibunya yang bernama Mariah.

Selain Asri tokoh lain adalah Asnah.Asnah adalah gadis yatim piatu, karena itulah Ibu asri memungutnya sehingga Asnah dianggap sebagai anak angkatnya.Asri dan Asnah tinggal serumah.Hubungan Asri dan Asnah sangat akrab.Mereka berdua layaknya kaka beradik.Bertahun-tahun mereka jalani persahabatan tersebut. Sampai pada akhirnya mereka berpisah ,karena Asri melanjutkan sekolah di Jakarta.

Ketika Asri sudah lulus dari Mulo (SMP) , kembalilah dia kekampung halamannya. Tentu hubungan Asri dan Asnah semakin dekat. Kini bubungan kedua insane berlainan jenis tersebut bukan lagi seperti kakak dan adik, namun sudah menjadi sepasang kekasih.Keduanya saling mencintai,tetapi keduanya tidak berani berterus terang menyatakan cintanya tersebut.

Pada suatu ketika oleh ibunya, Asri dinikahkan oleh ibunya dengan seorang gadis bernama Saniah anak seorang bangsawan bernama Rangkayo Saleah. Saniah sebagai gadis ningrat mempunyai sifat yang angkuh serta tidak suka bergaul dengan orang yang tidak sederajat dengan dirinya.

Kini setelah mereka menikah, Saniah tinggal di rumah Asri bersama Asnah dan ibu Asri.Karena tidak didasari oleh rasa cinta, maka pernikahan antara Asri dan Saniah tidak mendapatkan kebahagiaan. Karena Saniah selalu ingin berkuasa dalam rumahtangga, maka mengakibatkan Asri tidak suka dengan perangai istrinya tersebut. Kehidupan rumahtangganya tidak berbahagia, mereka sering bertengkar.Melihat kehidupan anaknya yang tidak harmonis tersebut Ibu Asri menjadi sedih. Karena kesedihannya tersebut Ibu Asri akhirnya meninggal dunia.Sebelum meninggal Ibu sempat berpesan kepada Asri dan Asnah. Dihadapan mereka Ibu Asri menyatakan penyesalannya, mengapa dahulu mereka tidak menikahkan Asri dan Asnah saja.

Sepeninggal IbuAsri kehidupan rumah tangga Asri dan Saniah semakin kurang harmonis. Salah satu persoalannya adalah Saniah cemburu kepada Asnah. Sampai pada suatu ketika terjadi pertengkaran antara Saniah dan Asnah. Dari pertengkaran tersebut akhirnya Asnah meninggalkan rumah.

Setelah pertengkaran tersebut, Saniah dijemput oleh pesuruh ibunya, untuk menjenguk saudaranya yang ada di padang. Pada suatu hari berangklah Saniah bersama ibunya dengan menggunakan mobil. Dalam perjalanan mobil yang dinaiki keluarga Saniah terbalik kedua orang tua Saniah meninggal dunia seketika, sementara Saniah dibawa kerumah sakit. Namnu tidak lama kemudia Saniah menghembuskan nafas terakhir. Sebelum meninggal Saniah sempat meminta maaf kepada Asri dan Asnah.

Sepeninggal Saniah Asri dan Asnah bertekad pergi ke Jawa untuk memulai hidup baru

Salah Pilih Originally published in Shvoong: http://id.shvoong.com/books/novel-novella/2011378-salah-pilih/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar