Blog ini berisi tentang kiat menuju sukses Anda

Rabu, 23 Juni 2010

Katak Hendak Jadi Lembu

Summary:sukarto
Tokoh utama dalam serita ini adalah Suria. Dia dikisahkan sebagai anak seorang kaya, kehidupannya serba mewah, meskipun setelah ia bekerja hanya memperoleh gaji kecil.Istri Suria bernama Zubaidah seorang perempuan baik-baik, sabar serta keteurunan dari orang kaya.Hasil perkawinanan mereka membuahkan tiga orang anak.

Walaupun Zubaidah istrinya sering member nasihat tentang pola hidup mewah , namun Suria tidak menggubrisnya.Akibat kekurangan dalam kehidupan rumah tangganya, akhirnya Zuaidah sering minta bantuan ayahnya, untuk mencukupi kebutuhan rumah tangga mereka.Namun bantuan tersebut pada akhirnya dihentikan karena ayah Zubaidah juga membiayai saudara-saudaranya.

Sebagai akibat dari kehidupan Suria yang pemboros,akhirnya dia pun banyak hutang.Bahkan kebutuhan untuk biaya sehari-hari serta biaya sekolah anaknya, Zubaidah rela menjual perhiasannya.

Pada suatu hari di Sumedang dibuka lowongan pekerjaan.Suria pun melamar pekerjaan tersebut. Asisten Residen memperbesar hati Suria dengan mengatakan bahwa lamarannya mungkin diterima.Mendengar berita tersebut, maka Suria pun semakin sombong dengan menceritakan kepada semua orang. Kesombongannya makin menjadi-jadi.

Pada suatu hari Suria berkirim surat kepada Junaidi,isi surat tersebut menyatakan bahwa ia ingin menikahi Fatimah anaknya.H.Junaidi tidak membalas surat tersebut.Sebab dia sudah menjodohkan anaknya dengan R, Khosim.

Pada saat pesta pernikahan banyak orang yang diundang ,termasuk Suria.Namun ia tidak datang karena sakit hati. Akibat dari peristiwa tersebut Suria minta berhenti dari pekerjaannya..

Pada bagian berikutnya dikisahkan, setelah berhenti dari pekerjannya,Suria ikut Abdulhalim di Bandung. Abdulhalim mempuyai seorang istri bernama Sutilah., anak seorang kepala jaksa.

Hubungan Abdulhalim dan Suria menjadi buruk,karena Suria ikut campur dalam urusan rumahtangga Sutilah.Melahat kelakuan suaminya yang demikian Zubaidah merasa sedih, akhirnya ia meninggal dunia karena sakit jantung.

Setelah Zubaidah meninggal dunia, Suria pun pergi meninggalkan ru,mah Abulhalim.Ia naik kereta api menuju Jakarta. Ia tdak berhasil mencari pekerjaan di Jakarta. Pada akhirnya pergilah ia ke kampong Rajapolah di daerah Tasikmalaya. Di sini ia tinggal dirumah Mak Iyah, dan ia bekerja sebagai pengayam topi.

Katak Hendak Jadi Lembu Originally published in Shvoong: http://id.shvoong.com/books/novel-novella/2014663-katak-hendak-jadi-lembu/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar