Blog ini berisi tentang kiat menuju sukses Anda

Selasa, 26 Agustus 2014

Unsur Instrinsik Novel Pulang

1. Tema Tema Novel pulang adalah cinta tanah air; dalam novel ini cinta tanah air mengandung dua pemahaman yaitu cinta tanah air secara keseluruhan,seluruh wilayah Indonesia.Kedua cinta terhadap tanah kelahiran. 2. Amanat Hendaknya kita mempunyai prisip dalam hidup ,bahwa kita harus mencintai tanah air kita. 3.Latar Latar waktu,...engkau baru bocah dari sembilan tahun ketika aku pergi.... Latar tempat; di kaki gunung Wilis, di Surabay, di ladang dan lain sebagainya Latar sosial; sejak kapan sapi terakhir meninggalkan kandang ini, Sum? .... 4.Tokoh Tokoh protagonis Tamin (secara fisik) Tokoh Antagonis adalah Tamin (secara kejiwaan/ batin Tamin) Karena tamin sebagai sebagai pembawa ide mempunyai konflik dengan batin Tamin sendiri. Tokoh sampingan: Ayah dan Ibu Tamin, Sumi,Pak Panji,Mawardi,Imam,Gamik,Dulmanan,dan lain sebagainya. 5.Teknik Penokohan Penokohan tidak digambarkan secara langsung.Karakter yang dimiliki tiap-tiap tokoh sangat membantu penokohan dalam cerita. 6. Alur Alur dalam novel pulang yaitu kilas balik (flash back). 7. Gaya Bahasa Bahasa yang digunakan adalah bahasa sehari-hari, sehingga cerita mudah dipahami.Selain mudah dipahami, ditemukan beberapa gaya bahasa antara lain gaya bahasa personifikasi. Misal...” udara dingin yang menyelimuti kampung mendahului turunnya gerimis..” 8. Gaya Penceritaan Gaya penceritaan yang digunakan adalah gaya kenangan.Di beberapa bagian terdapat percakapan yang dilakukan antar tokoh.Semua itu dikisahkan dengan penuh kemesraan yang wajar dan tanpa sentimen. 9.Sudut Pandang Sudut pandang yang digunakan dalam novel ini adalah orang ketiga Contoh’ ...Ya,ia (Tamin) tahu, gadis itu adalah Sumi adiknya.... Kata ganti ia dan –nya merupakan sudut pandang orang ketiga. 10.Nilai dalam Novel Pulang Pentingnya rasa cinta tanah kelahiran ditemukan dalam novel pulan

1 komentar:

  1. If you're looking to lose weight then you certainly have to get on this brand new custom keto meal plan.

    To create this keto diet, certified nutritionists, fitness couches, and professional chefs have joined together to develop keto meal plans that are useful, suitable, economically-efficient, and delightful.

    From their first launch in January 2019, 1000's of people have already transformed their body and well-being with the benefits a good keto meal plan can give.

    Speaking of benefits: clicking this link, you'll discover 8 scientifically-tested ones given by the keto meal plan.

    BalasHapus